Berapa Lama Jeda Waktu yang Paling Ideal Kalau Mau Tidur Setelah Makan?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 10 November 2017 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Habis kenyang terbitlah ngantuk. Kalau sudah begini, memang paling enah langsung tidur setelah makan. Eits tapi tunggu dulu. Langsung tidur sehabis makan dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit serius. Lantas kalau sudah keburu ngantuk, berapa lama idealnya kita harus menunggu kalau mau tidur setelah makan?

Akibatnya pada tubuh kalau Anda langsung tidur setelah makan

Langsung tidur setelah makan dapat membuat perut kembung dan terasa perih yang bisa bikin Anda sulit tidur nyenyak. Pasalnya selama tidur, katup lambung akan terbuka sehingga cairan asam lambung rentan naik ke tenggorokan dan menyebabkan heartburn, atau sensasi rasa tidak nyaman yang panas pada perut bagian atas atau terkadang sampai tenggorokan. Heartburn selama tidur setelah makan terutama lebih rentan dialami oleh orang yang sebelumnya sudah memiliki masalah lambung, seperti maag atau GERD.

Selain bisa memicu heartburn, langsung tidur habis makan juga dapat meningkatkan risiko sleep apnea dan stroke. Hal ini pernah dikemukakan oleh tim peneliti dari University of Ioannina Medical School di Yunani. Teorinya, makan terlalu mepet waktu tidur meningkatkan risiko naiknya asam lambung ke tenggorokan, kadar gula darah, kadar kolesterol, dan tekanan darah yang berdampak pada peningkatan risiko sleep apnea dan berkaitan dengan stroke.

Berapa lama jeda yang ideal kalau mau tidur setelah makan

Untuk menghindari berbagai risiko kesehatan di atas, pada umumnya Anda dianjurkan untuk tidur setidaknya dua sampai tiga jam setelah selesai makan terakhir. Jeda waktu yang cukup lama ini akan memberi kesempatan bagi makanan untuk benar-benar diproses hingga sampai di tempat tujuan terakhir, yaitu usus kecil, sehingga lambung tak perlu lagi bekerja keras semalaman.

Memilih makanan yang tepat sebelum tidur

Meskipun Anda tidak dianjurkan untuk makan terlalu dekat dengan waktu tidur, bukan berarti Anda harus tidur dengan menahan rasa lapar. Jika Anda merasa lapar di malam hari, pastikan Anda tahu apa saja makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi sebelum tidur.

Makanan yang baik sebelum tidur pada dasarnya adalah makanan yang tidak terlalu berat, seperti pisang dan segelas susu hangat. Segelas susu hangat sebelum bisa membantu Anda lebih rileks dan membuat kualitas tidur Anda lebih optimal. Anda juga bisa mengonsumsi buah-buahan segar untuk sekedar menganjal perut Anda ketika merasa lapar di malam hari.

Sedangkan makanan yang sebaiknya tidak konsumsi saat tidur adalah makanan yang mengandung gula tinggi dan stimulan, seperti kafein. Pasalnya jenis makanan tersebut akan membuat Anda jadi sulit tidur. Selain itu hindari juga mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi dan pedas. Hal ini dilakukan untuk menghindari mulas saat tidur.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Makan Dalam Rentang 10 Jam Bisa Kurangi Berat Badan dan Risiko Penyakit

Pola makan mengikuti jendela makan selama 10 jam disebut-sebut ampuh mengurangi berat badan serta risiko penyakit metabolisme. Seperti apa cara kerjanya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Tips Berat Badan Turun, Nutrisi 20 Januari 2020 . Waktu baca 3 menit

Supaya Seimbang, Porsi Makan Malam Sebaiknya Seberapa Banyak?

Meski kerap dikaitkan dengan kenaikan berat badan, tapi makan malam bukanlah sesuatu yang harus dihindari. Lantas, berapa porsi makan malam yang aman?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Fakta Gizi, Nutrisi 10 November 2019 . Waktu baca 3 menit

Mungkinkah Manusia Bertahan Hidup Tanpa Tidur? Ini Faktanya

Tentu ada efek buruk dibalik terlalu banyak dan terlalu sedikit tidur. Apalagi kalau beraktivitas normal tapi tanpa tidur sama sekali.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Pola Tidur Sehat, Tips Tidur 27 Desember 2018 . Waktu baca 3 menit

Istirahat Sebentar Saat Otak Bekerja Keras Bisa Mempertajam Ingatan

Daripada memforsir otak terus-terusan, luangkan waktu sekejap untuk istirahat. Istirahat di sela-sela pekerjaan berat bisa mempertajam ingatan Anda, lho.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Kesehatan Otak dan Saraf 27 Juni 2018 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

tidur siang bikin gemuk

Benarkah Tidur Siang Bisa Bikin Badan Gemuk?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 21 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit
mandi setelah makan berbahaya

Mandi Setelah Makan, Apa yang Terjadi pada Tubuh?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 16 November 2020 . Waktu baca 3 menit
makan malam lebih awal

Jangan Takut Makan Malam, Lebih Awal Justru Lebih Sehat

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 8 Juli 2020 . Waktu baca 5 menit
makan malam saat puasa

Selama Puasa, Makan Malam Sebaiknya Paling Lambat Jam Berapa?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 3 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit