Perkembangan Janin

Bagaimana pertumbuhan bayi saya di minggu 16?

Janin hampir seukuran buah alpukat, memiliki berat sekitar 100 gram dan panjang sekitar 12 sentimeter dari kepala hingga ujung kaki

Bayi Anda sekarang dapat menahan kepalanya dengan lurus. Bayi juga sudah bisa mengekspresikan emosi dengan serangkaian ekspresi seperti menyipitkan mata dan cemberut.

Perubahan Pada Tubuh

Bagaimana perubahan pada tubuh saya di minggu 16?

Saat anda merasa ada pergolakan di dalam perut, bayi Anda sedang menendang di dalam perut Anda. Kebanyakan ibu akan merasakan tanda ini antara minggu ke-16 dan minggu ke-20 masa kehamilan. Tapi jangan membayangkan tendangan kuat dari malaikat kecil dalam diri Anda! Tendangan pertama bayi biasanya sangat lemah dan Anda mungkin akan salah mengira bahwa itu adalah tanda dari adanya masalah perut atau gangguan pencernaan, terutama jika ini adalah pertama kalinya anda menjadi seorang ibu

Apa yang perlu saya perhatikan di minggu 16?

Terkadang anda mungkin akan merasa sedikit terengah-engah. Jangan khawatir! Sesak nafas adalah fenomena yang sangat umum dan banyak wanita hamil mengalaminya pada tahap trimester kedua dari masa kehamilan. Penyebab dari dyspnea atau kesulitan bernafas adalah hormon kehamilan pada tubuh Anda. Hormon ini menstimulasi pusat pernafasan, menyebabkan frekuensi dan kedalaman nafas Anda meningkat. Akibatnya, Anda mungkin akan mengalami kesulitan bernafas setelah melakukan kegiatan sederhana seperti mandi. Hormon kehamilan juga membuat kapiler dalam tubuh termasuk pada sistem pernafasan menjadi bengkak; melemaskan otot-otot pada paru-paru dan tenggorokan, sehingga membuat pernafasan anda terasa lebih sulit. Penyebab lain dari fenomena kesulitan bernafas selama masa kehamilan adalah seiring bertambahnya ukuran janin menjadi lebih besar, uterus akan mendorong diafragma sampai mendempet paru-paru, sehingga paru-paru anda akan sulit untuk mengembang seutuhnya ketika Anda bernafas.

Kunjungan ke Dokter

Apa yang perlu saya diskusikan dengan dokter di minggu 16?

Jika Anda mengunjungi dokter dan mendapati bahwa ada gula di dalam urin Anda, jangan khawatir! Tubuh Anda hanya melakukan hal yang penting untuk dilakukan: untuk menjamin bahwa bayi Anda mendapatkan gula glukosa yang cukup karena bayi Anda bergantung sepenuhnya kepada Anda untuk mendapatkan nutrisi yang diperlukan. Jadi hormon insulin akan menyesuaikan kadar gula dalam darah dan memastikan bahwa tubuh Anda memiliki kadar gula yang cukup di dalam sel tubuh. Terkadang respon terhadap resistensi insulin sangat kuat sehingga gula darah Anda akan lebih dari yang dibutuhkan, dan kelebihan gula tersebut akan dikeluarkan bersama urin. Inilah mengapa gula dalam urin cukup sering terjadi, terutama selama trimester kedua kehamilan ketika respon tubuh Anda terhadap insulin menjadi lebih kuat. Untuk hasil yang terbaik, berkonsultasilah kepada dokter dan mintalah nasihat untuk membekali diri Anda dengan pengetahuan yang cukup mengenai fenomena tersebut.

Tes apa yang perlu saya ketahui di minggu 16?

Antara minggu ke-16 dan 18 dari masa kehamilan, dokter Anda mungkin akan melakukan tes untuk mengukur kadar alfa-fetoprotein (AFP) yaitu protein yang dihasilkan oleh janin dan hormon HCG kehamilan dan estriol dalam darah ibu. Selain itu, dokter juga akan mengukur kadar dari substansi  tambahan yang disebut inhibin-A dalam tubuh Anda.

Jika anda telah melakukan tes darah dan/atau USG pada trimester pertama kehamilan, hasil dari rangkaian tes tersebut akan membantu Anda untuk mengetahui apakah bayi anda memiliki risiko terhadap penyakit neural tube defects, seperti spina bifida atau penyimpangan kromosom seperti down syndrome.

Anda harus paham bahwa jika hasil tes Anda tidak normal, bukan berarti bahwa anak Anda bermasalah.  Namun, ini artinya Anda perlu melakukan tes yang lebih lengkap untuk menjamin kesehatan diri Anda sendiri. Bicarakan dengan dokter Anda untuk mengetahui tentang risiko dan keuntungan menjalani tes ini.

Sumber

Direview tanggal: January 20, 2017 | Terakhir Diedit: January 20, 2017

Yang juga perlu Anda baca