Apa itu tumor tulang?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Definisi

Apa itu tumor tulang?

Tumor tulang adalah tumbuhnya massa jaringan akibat sel-sel di tulang tumbuh dengan tidak terkendali. Kebanyakan tumor tulang sebenarnya bersifat jinak, bukan merupakan kanker dan tidak dapat menyebar. Namun, itu tidak berarti tumor ini tidak menyebabkan kerusakan pada tulang. Tumor tulang dapat melemahkan daerah yang terkena dan membuatnya rentan terhadap benturan.

Jenis lain dari tumor tulang bersifat ganas dan merupakan kanker. Tumor ini dapat menyebar ke seluruh tubuh dan merusak jaringan tulang normal.

Seberapa umumkah tumor tulang?

Kondisi kesehatan ini sangatlah umum terjadi. Dapat mengenai pasien pada usia berapa pun. Hal ini dapat diatasi dengan mengurangi faktor risiko Anda. Diskusikanlah dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala tumor tulang?

Ada banyak gejala tumor tulang, antara lain:

  • Massa jaringan yang tidak lazim tumbuh di suatu tempat di tubuh.
  • Anda berkeringat di malam hari.
  • Anda terkena demam.
  • Nyeri yang Anda rasakan menjadi konstan dan makin parah dari waktu ke waktu.

Dalam kasus tumor tulang jinak, Anda bisa jadi tidak merasakan rasa sakit sama sekali. Anda mungkin tidak akan mengetahui jika ada tumor dalam tulang Anda kecuali jika scan pencitraan menunjukkannya. Oleh karena jinak, tumor ini tidak berarti menyebabkan kerusakan pada tubuh. Jika sebaliknya, maka diperlukan pengobatan.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Jika Anda mengalami satupun tanda atau gejala yang disebutkan di atas, atau memiliki pertanyaan apapun, konsultasikanlah pada dokter. Tubuh setiap orang bereaksi dengan cara berbeda. Selalu lebih baik untuk mendiskusikan apa yang terbaik untuk keadaan Anda dengan dokter.

Penyebab

Apa penyebab tumor tulang?

Hingga hari ini, orang tidak mengetahui secara pasti apa yang menyebabkan tumor tulang. Seringkali, suatu bagian dari tubuh tumbuh dengan sangat cepat sehingga menyebabkan malfungsi dalam proses perkembangan, yang berpotensi tumor. Yang lainnya merupakan penyebab tidak langsung. Ini berarti tumor tulang disebabkan oleh konsekuensi pengobatan radiasi (overdosis), cedera tulang (karena tumor yang belum ditemukan mungkin saja melemahkan bagian tulang, sehingga cedera mengungkapkan keberadaan tumor), atau genetika.

Ada juga obat antikanker yang digunakan pada anak-anak yang dapat berpotensi menumbuhkan tumor tulang. Selain itu, metastatis (atau kanker tulang sekunder) bisa jadi penyebab tumor tulang.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk tumor tulang?

Dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa, orang usia lanjut, sebagian besar orang berpeluang untuk terkena tumor tulang. Untungnya, hanya ada 1% kanker tulang primer ganas yang berawal dari tulang itu sendiri. Yang lainnya bersifat jinak. Namun, orang yang menderita kanker lain di tubuhnya lebih berisiko tinggi terkena kanker tulang ganas (metastasis).

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Bagaimana tumor tulang didiagnosis?

Anda akan ditanyai mengenai riwayat medis keluarga Anda. Kemudian, serangkaian tes kecil akan dilakukan untuk menentukan apakah Anda terkena tumor atau tidak. Ada akan menjalani pemeriksaan fisik di daerah yang dicurigai, kemudian dokter akan memeriksa nyeri tulang dan gerak tubuh Anda. Kemudian, ia akan menjalankan beberapa tes seperti tes darah dan tes urin (untuk mendiagnosis apakah ada tulang yang tumbuh dengan tidak lazim), tes pencitraan (X-ray, MRI, atau PET), atau biopsy (untuk memeriksa potongan jaringan dari daerah yang tekena).

Apa saja pengobatan untuk tumor tulang?

Dalam kasus tumor tulang jinak, tumor dapat tumbuh dan menghilang (terjadi pada kebanyakan anak-anak dalam proses pertumbuhan). Jika ada tanda-tanda ayng mengindikasikan tumor dapat tumbuh dengan agresif dan berubah menjadi ganas, maka diperlukan operasi. Jika tidak, dianjurkan kunjungan berkala dengan dokter. Ada juga obat-obatan untuk membantu menyusutkan tumor.

Namun, tumor ganas berbeda. Jika tidak diobati, kemungkinan akan terjadi komplikasi. Pengobatan tergantung pada berapa jauh kanker telah tumbuh. Sel-sel kanker yang saat ini tinggal dalam tumor tulang berada dalam tahap lokal (terbatas). Sel-sel kanker yang telah menyebar ke daerah lainnya berada dalam tahap metastasis (lebih serius). Seringkali, pengobatan akan melibatkan operasi untuk mengangkat kanker. Implant logam kemudian ditempatkan di tulang yang telah diangkat untuk pergerakan yang normal. Jika kanker lebih parah, maka pilihan yang ada adalah amputasi. Bersama dengan operasi, terapi radiasi juga dapat membantu dengan menyusutkan tumor dan membunuh sel-sel kanker, begitu juga dengan kemoterapi.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi tumor tulang?

Gaya hidup dan pengobatan di rumah berikut dapat membantu Anda mengatasi tumor tulang:

  • Dianjurkan untuk melakukan kunjungan rutin ke dokter pasca operasi. Selain itu, hindari melakukan olahraga ekstrem yang dapat melukai tulang.
  • Laju pemulihan Anda tergantung pada jenis tumor, tentu saja, tumor yang ganas akan memerlukan waktu yang lebih lama untuk pulih.
  • Anda juga dapat bergabung dengan kelompok dukungan kanker karena terkenal dapat membantu.

Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter untuk memahami solusi terbaik untuk Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Maret 12, 2016 | Terakhir Diedit: Juli 9, 2017

Yang juga perlu Anda baca