Definisi

Apa itu tarsal tunnel syndrome?

Tarsal tunnel syndrome adalah penyakit langka yang mempengaruhi saraf di antara tabung metatarsal. Saraf ini berperan sebagai sensasi penyerap dan pengendali gerakan pada pergelangan kaki dan kaki. Penyakit ini menyebabkan sensasi terbakar pada pergelangan kaki dan kaki bagian bawah. Ini adalah kelainan saraf yang mirip dengan carpal tunnel syndrome.

Seberapa umumkah tarsal tunnel syndrome?

Tarsal tunnel syndrome lebih umum terjadi pada orang dewasa. Orang yang sering berolahraga seperti atlet, dan yang pekerjaannya membutuhkan aktivitas fisik yang cukup berat rentan terhadap penyakit ini. Namun, penyakit ini mungkin juga menyerang anak-anak.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala tarsal tunnel syndrome?

Gejala-gejala Tarsal tunnel syndrome meliputi:

  • Rasa sakit yang luar biasa, mati rasa atau kesemutan di pergelangan kaki sampai ke telapak kaki
  • Kehilangan kemampuan merasakan pada kaki
  • Rasa sakit semakin parah pada malam hari, saat bergerak, dan berkurang saat beristirahat
  • Rasa sakit sering tiba-tiba datang silih berganti

Dari waktu ke waktu, penyakit ini akan menyebabkan hilangnya mobilitas kaki karena saraf yang tidak lagi aktif. Terkadang kehilangan fungsi saraf mengakibatkan gaya berjalan yang aneh namun tidak sampai menjadi lumpuh.

Beberapa gejala atau tanda lainnya mungkin tidak tercantum di atas. Jika Anda merasa cemas tentang gejala tersebut, segera konsultasi ke dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Hubungi dokter jika memiliki tanda dan gejala di atas, terlebih gejala yang mempengaruhi aktivitas harian Anda. Anda perlu pergi ke dokter sesegera mungkin jika sakit parah yang muncul mendadak pada kaki lambat laun menghilang dan berubah menjadi mati rasa dari leher sampai kaki, atau perasaan tersengat dan panas pada kaki.

Penyebab

Apa penyebab tarsal tunnel syndrome?

Penyebab tarsal tunnel syndrome biasanya adalah saraf tibial atau cabangnya di sisi pergelangan kaki dan kaki bagian bawah terjepit. Tekanan ini dapat berasal dari kerusakan dari cedera seperti retak dan terkilir serius. Penyebab lainnya adalah tumor lokal dan masalah lain misalnya ukuran sepatu yang tidak sesuai.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk tarsal tunnel syndrome?

Faktor tertentu mungkin meningkatkan risiko Tarsal tunnel syndrome:

  • Lemak
  • Arthritis, rematik atau rheumatoid arthritis
  • Cedera pergelangan kaki
  • Peradangan selubung tendon
  • Kelainan bawaan berupa telapak kaki yang datar

Tidak memiliki faktor risiko bukan berarti Anda tidak bisa mengalami kondisi ini. Faktor ini hanya sebagai referensi. Konsultasi ke dokter untuk detail lebih lanjut.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk tarsal tunnel syndrome?

Gejala tarsal tunnel syndrome dapat dikurangi dengan obat anti radang, namun tidak dapat mengurangi tekanan pada saraf. Untuk meredakan tekanan pada saraf, Anda perlu mengenakan alas sepatu medis. Alas sepatu medis membantu mendistribusikan ulang berat badan dan menghilangkan tekanan pada saraf pergelangan kaki. Sebagai tambahan, olahraga atau perubahan ukuran sepatu juga penting untuk mengurangi tekanan pada pergelangan kaki.

Jika perawatan seperti ini tidak efektif atau tarsal tunnel syndrome disebabkan oleh penyakit lainnya, dokter akan menyarankan operasi untuk mengurangi tekanan pada saraf.

Akan tetapi, perawatan dengan operasi mempunyai sejumlah risiko dan rasa sakit tidak langsung hilang setelah operasi. Jaringan parut juga dapat terbentuk di sekitar saraf setelah operasi atau kerusakan saraf tidak bisa disembuhkan. Pemulihan pasca operasi mungkin berlangsung selama beberapa bulan.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk tarsal tunnel syndrome

Dokter mendiagnosis tarsal tunnel syndrome berdasarkan riwayat pengobatan, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan electrical impulses nerve (EMG). Dokter akan memeriksa saraf tibial. Anda mungkin menjalani scan X-ray sehingga dokter dapat mengobati artritis dan penyakit tulang yang menyebabkan gejala yang mirip.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi tarsal tunnel syndrome?

Gaya hidup dan pengobatan rumahan di bawah ini mungkin dapat membantu mengatasi Tarsal tunnel syndrome:

  • Gunakan obat sesuai petunjuk dokter
  • Beristirahat dan angkat kaki secara teratur
  • Jaga kebersihan kaki dan periksakan kaki secara berkala
  • Pakai sepatu yang pas untuk setiap aktivitas
  • Jangan berolahraga selama masa pengobatan karena hanya akan membuat penyakit bertambah buruk

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016