Definisi

Apa itu tangan dan kaki dingin?

Tangan dan kaki terasa dingin bahkan ketika Anda tidak berada di lingkungan yang dingin adalah hal yang lazim. Sering kali, tangan dan kaki dingin adalah bagian dari respon alami tubuh untuk mengatur suhu tubuh dan tidak harus menjadi sesuatu yang mengkhawatirkan.

Namun, jika Anda terus saja mengalami tangan dan kaki dingin, terutama jika disertai dengan perubahan warna, ini bisa jadi suatu pertanda. Contohnya, tangan dingin bisa berarti Anda memiliki masalah saraf atau sirkulasi darah atau masalah kerusakan jaringan di tangan atau jemari. Jika Anda berada di luar dalam cuaca dingin yang ekstrem dan Anda mengalami tangan dan kaki dingin, Anda harus berhati-hati terhadap pertanda radang dingin (frostbite).

Seberapa umumkah tangan dan kaki dingin?

Individu tunawisma, mereka yang bekerja di luar ruangan, penggemar olahraga musim dingin, dan pendaki gunung adalah contoh orang-orang yang berisiko. Aktivitas lebih baru yang dapat berpengaruh pada radang dingin termasuk paragliding di ketinggian ekstrem dan ski layangan. Penggunaan alkohol yang lazim di iklim dingin juga merupakan suatu faktor.

Namun, ini dapat diatasi dengan mengurangi faktor risiko Anda. Diskusikanlah dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala tangan dan kaki dingin?

Ada sejumlah tanda-tanda dan gejala dari kondisi ini, meliputi:

  • Frostbite dan frostnip

Bagian tubuh yang terkena frostbite barwarna putih dan keras atau seperti lilin. Bagian tersebut bisa berwarna putih-ungu atau putih-kuning. Bagian tubuh yang terkena frostnip berwarna putih tetapi tidak keras dan umumnya hanya area yang sangat kecil. Bagian tubuh yang membeku tidak bisa merasakan apapun. Selama proses membeku, bagian ini bisa terasa menggelitik atau terasa seperti sebongkah kayu. Setelah mencair, area frostbite bisa tidak terasa sakit atau terasa menggelitik. Ketika dihangatkan kembali berulang kali dalam air hangat dengan metode yang dianjurkan, area ini bisa terasa sakit. selama beberapa hari berikutnya, bagian ini seringkali terasa sakit dan bengkak. Lepuhan dapat muncul, dan area yang terkena dengan parah akan berubah menjadi hitam.

  • Cedera immersion

Area yang terkena cedera immersion (pencelupan) pertama akan berwarna merah dan kemudian berubah pucat dan bengkak. Mati rasa atau rasa menggelitik yang menyakitkan dapat terjadi. Setelah beberapa hari pertama, bagian ini menjadi sangat merah, menggelitik, bengkak, dan bisa jadi ada lepuhan, kerusakan kulit, atau bahkan pencairan.

  • Pernio

Pernio adalah ruam di tungkai kaki bagian bawah, telapak kaki, jemari kaki, atau telinga yang bisa jadi berwarna merah atau biru dan dapat membentuk area bersisik atau benjolan. Jarang terjadi, tetapi area yang terkena bisa berdarah, melepuh, atau mengalami kerusakan kulit. Pernio seringkali menyebabkan rasa gatal dan terbakar.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Diagnosis dan pengobatan dini dapat mencegah memburuknya kondisi ini dan mencegah keadaan darurat medis lainnya, jadi berkonsultasilah pada dokter sesegera mungkin untuk mencegah kondisi ini.

Jika Anda mengalami satupun tanda atau gejala yang disebutkan di atas, atau memiliki pertanyaan apapun, konsultasikanlah pada dokter. Tubuh setiap orang bereaksi dengan cara berbeda. Selalu lebih baik untuk mendiskusikan apa yang terbaik untuk keadaan Anda dengan dokter.

Penyebab

Apa penyebab tangan dan kaki dingin?

Manusia adalah makhluk tropis. Kita beradaptasi dengan iklim yang hangat. Ketika terpapar dingin, tubuh mencoba untum tetap hangat. Jika tubuh mendingin, sirkulasi akan menurun di lengan, kaki, telinga, dan hidung sehingga bagian inti tubuh yang lain dapat tetap hangat. Ketika suhu di bawah titik beku, es dapat terbentuk di area yang kurang sirkulasi.

  • Luka dingin non-beku juga disebabkan oleh kulit yang mendingin. Dalam cedera immersion, saraf dan pembuluh darah rusak setelah terpapar dingin, kondisi basah pada atau di atas suhu beku.
  • Pernio disebabkan oleh paparan dingin untuk jangka waktu yang lama tanpa pembekuan atau oleh kondisi yang sangat basah.
  • Fenomena Raynaud adalah penyempitan abnormal dari pembuluh darah yang mengerut dengan mendinginnya jemari tangan atau kaki.
  • Cryoglobulin adalah protein yang normalnya larut dalam darah, yang menjadi padat atau gel ketika dingin. Cryoglobulinemia adalah kondisi yang berkaitan dengan cryoglobulin dalam darah, dimana paparan dingin menyebabkan perubahan warna kebiruan pada jemari tangan atau kaki.
  • Munculnya bentol-bentol yang gatal sebagai respon terhadap paparan dingin pada kulit disebut urtikaria dingin.

Penyebab tangan dan kaki dingin lainnya meliputi:

  • diabetes
  • radang beku (frostbite)
  • lupus
  • skleroderma

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk tangan dan kaki dingin?

Banyak faktor menempatkan Anda pada risiko tangan dan kaki dingin.

  • tinggal dalam kondisi berangin
  • mengenakan pakaian ketat
  • selalu membiarkan tangan dan kaki basah
  • merokok (karena dapat menurunkan sirkulasi darah ke tangan dan kaki)

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Bagaimana tangan dan kaki dingin didiagnosis?

Frostbite didignosis dengan bagaimana kondisi ini terlihat, tidak dengan tes. Tidak ada tes khusus untuk kondisi lain yang disebabkan oleh dingin, kecuali tes darah untuk cryoglobulin. Dalam hal frostbite, pengujian mungkin diperlukan untuk cedera atau kondisi lainnya.

Jika frostbite terlihat parah, scan tulang mungkin diperlukan. Ini adalah prosedur yang tidak sakit yang menunjukkan area tangan atau kaki yang masih mendapatkan sirkulasi.

Tes lainnya seringkali dilakukan untuk frostbite termasuk tes darah, terutama tes kecenderungan darah untuk membeku, dan X-ray.

Apa saja pengobatan untuk tangan dan kaki dingin?

Jika Anda pergi ke bagian gawat darurat dan masih memiliki area putih frostbite, dokter akan mulai menghangatkan dengan cepat dalam air pada suhu sedikit di atas suhu tubuh. Bagian yang beku akan dicairkan sampai berwarna merah muda, yang menunjukkan bahwa sirkulasi telah kembali.

Jika area yang dihangatkan hanya berwarna sedikit merah, Anda mungkin akan diperbolehkan pulang dengan petunjuk mengenai cara melindungi area yang terluka. Jika Anda hanya memiliki lepuhan yang jelas sampai ujung jemari tangan dan kaki yang disertai dengan bengkak dan rasa sakit, Anda mungkin juga akan diperbolehkan pulang dengan petunjuk. Jika Anda memiliki lepuhan berwarna hitam, tanpa ada pembengkakan, atau tidak adanya sirkulasi di area yang dihangatkan, Anda akan dirawat inap.

Dalam kasus manapun, Anda akan diminta untuk meminum aspirin atau ibuprofen (Advil), yang dapat melindungi terhadap luka lebih lanjut pada area tersebut dari zat-zat yang dilepaskan oleh sel-sel yang rusak. Anda mungkin juga akan diberikan obat-obatan untuk membantu sirkulasi darah dan untuk memastikan gizi baik.

Jika Anda dirawat inap, area yang terluka akan dibalut sebagian besar waktu dan ditinggikan. Balutan akan dibuka dua kali sehari dan area itu ditempatkan di pusaran air untuk menghilangkan bakteri dan sel-sel mati yang menumpuk di permukaan kulit. Jika frostbite parah, mungkin diperlukan untuk mengangkat sebagian area yang mati dengan amputasi.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi tangan dan kaki dingin?

Pengobatan di rumah berikut dapat membantu Anda mengurangi risiko tangan dan kaki dingin, termasuk:

  • Menjaga area tersebut tetap bersih dan kering.
  • Meninggikan area tersebut.
  • Menghindari pembekuan kembali.
  • Melindungi area tersebut dari tekanan atau gesekan.
  • Bagian tubuh tersebut tidak boleh menyentuh sisi atau bawah wastafel atau bak mandi.

 

Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter untuk memahami solusi terbaik untuk Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Juli 9, 2017 | Terakhir Diedit: Juli 9, 2017