Definisi

Apa itu OA (osteoarthritis, pengapuran sendi)?

Osteoarthritis adalah sebuah penyakit di mana sendi terasa nyeri dan kaku. Biasanya terjadi pada lutut, paha dan tulang belakang. Terkadang juga dapat terjadi pada sendi di tangan. Sendi terdiri dari tulang rawan, substansi yang berperan menjadi bantal antar 2 tulang. Pada OA, tulang rawan tidak dapat lagi menjadi bantal, sehingga kedua tulang akan bergesekan saat Anda bergerak, menyebabkan sendi menjadi bengkak dan nyeri. Pengapuran sendi tidak dapat disembuhkan, namun menjaga berat badan dalam rentang normal serta berolahraga teratur akan membantu menghambat terjadinya penyakit ini dan memperbaiki fleksibilitas. Hindari aktivitas berat dan olahraga kontak fisik.

Seberapa umumkah OA (osteoarthritis, pengapuran sendi)?

Osteoarthritis sangat sering terjadi pada usia lebih dari 70 tahun. Keadaan ini dapat pula terjadi pada dewasa muda dengan berat badan berlebih. OA dapat terjadi pada laki‐laki maupun wanita, namun lebih sering terjadi pada wanita berusia lebih dari 55 tahun.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala OA (osteoarthritis, pengapuran sendi)?

Osteoarthritis berkembang dengan lambat. Gejala awalnya dapat berupa rasa nyeri. Biasanya diperparah dengan olahraga dan membaik dengan istirahat. Seiring berjalannya waktu, pergerakan menjadi terbatas dan sendi menjadi lebih kaku. Kekakuan ini terjadi pagi hari namun semakin menghilang setelah banyak bergerak dan sendi memanas. Jika pengapuran sendi semakin memburuk, sendi menjadi nyeri dan tidak dapat ditekuk. Penderita akan mengalami krepitasi (sendi berbunyi) saat bergerak.Kemungkinan ada tanda‐tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Anda harus menghubungi dokter bila sendi Anda terasa nyeri dan kaku dan tidak membaik dalam beberapa minggu.Jika Anda memiliki tanda‐tanda atau gejala‐gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing‐masing orang berbeda. Selalu konsultasikan ke dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Penyebab

Apa penyebab OA (osteoarthritis, pengapuran sendi)?

Penyebabnya yaitu proses penuaan, trauma, obesitas, dan faktor lain. Osteoarthritis terjadi saat tulang rawan di dalam sendi terkikis atau rusak akibat penuaan. Saat tulang rawan rusak, tulang akan bergesekan saat Anda bergerak, sendi akan membengkak dan sangat nyeri.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk OA (osteoarthritis, pengapuran sendi)?

Ada banyak faktor risiko untuk osteoarthritis, yaitu:
● Usia: risiko meningkat dengan bertambahnya usia.
● Jenis  kelamin:  wanita  lebih  berisiko  dibandingkan  laki‐laki,  penyebabnya belum jelas.
● Obesitas:  semakin  berat  tubuh  Anda,  semakin  besar  tekanan  pada  sendi, sendi akan menjadi lebih rapuh. Selain itu, jaringan lemak juga menghasilkan protein yang menyebabkan inflamasi pada sendi.

● Trauma:  trauma  saat  berolahraga  atau  kecelakaan  dapat  meningkatkan risiko radang sendi.
● Pekerjaan:  jika  pekerjaan  Anda  membuat  tekanan  pada  sendi,  secara bertahap sendi akan meradang.
● Genetik: beberapa orang terkena radang sendi karena keturunan.
● Malformasi  skeletal:  orang  dengan  kelainan  kongenital (sendi  atau  tulang) atau kelainan tulang rawan lebih berisiko OA.
● Penyakit lain: diabetes atau rematik seperti penyakit asam urat dan artritis rematoid meningkatkan risiko osteoarthritis.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk OA (osteoarthritis, pengapuran sendi)?

Tujuan terapi yaitu untuk mengontrol nyeri dan mencegah degenerasi lebih padasendi. Terapi yang diberikan tergantung dari tingkat keparahan yang terjadi pada sendi dan pola hidup. Pada osteoarthritis ringan dapat diberikan asetaminofen.Nonsteroidal antiinflammatory drugs (NSAID) dapat diberikan untuk nyeri yang lebih berat. Kompres dingin atau hangat dapat membantu mengurangi gejala. Bantalan hangat atau merendam dengan air hangat dapat mengurangi kekakuan pagi hari. Kompres dingin dapat mengurangi bengkak dan inflamasi dan sangat berguna setelah aktivitas fisik. Untuk pengapuran sendi yang lebih berat, dokter akan menganjurkan terapi fisik untuk mempertahakan penggunaan sendi. Olahraga ringan seperti berenang dan bersepeda baik untuk mempertahankan kekuatan otot dan fleksibilitas. Mengubah pola hidup untuk menjaga berat badan sangatlah penting. Injeksi kortison dan substansi lain pada sendi juga dapat diberikan untuk pergerakan. Viscosupplementation adalah menyuntikkan substansi yang disebut asam hialuronat, bagian alami dari cairan pelumas sendi. Alat bantu seperti tongkat atau penyangga dapat digunakan untuk mengurangi beban lutut.Pembedahan dilakukan pada penyakit yang berat yang tidak merespon terapi lain. Operasinya berupa penggantianpenyatuan tulang.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk OA (osteoarthritis, pengapuran sendi)?

Dokter akan melakukan diagnosis dari  gejala dan pemeriksaan fisik. Pemeriksaan fisik yang dilakukan yaitu untuk memeriksa:

● Pergerakan sendi yang membuat suara seperti retak;
● Pembengkakan sendi (tulang sekitar sendi terasa lebih besar dari normal);
● Terbatasnya pergerakan;
● Nyeri saat sendi ditekan;
● Nyeri saat bergerak biasa.

X‐ray dapat membantu dokter Anda melihat:
● Penyempitan celah sendi
● Kerusakan ujung tulang

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi OA (osteoarthritis, pengapuran sendi)?

Berikut adalah gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi osteoarthritis:
● Konsumsi obat yang diberikan dokter Anda.
● Fisioterapi untuk mempertahankan kekuatan otot dan fleksibilitas.
● Melakukan  sesuatu  untuk  mengurangi  ketidaknyamanan  dan  beban  pada sendi Anda. Lakukan renang, berjalanlah dibanding berlari, atau jogging.
● Jika berat badan Anda berlebih, turunkan berat badan Anda.
● Gunakan krim antinyeri.
● Gunakan alat bantu, seperti penopang atau tongkat untuk mengurangi beban lutut Anda saat bergerak.
Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan