Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Osteoarthritis, Serta yang Sebaiknya Dihindari

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21 September 2020 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

Osteoarthritis adalah jenis arthritis atau radang sendi yang cukup umum. Peradangan tersebut menimbulkan berbagai gejala yang mengganggu sehingga umumnya membutuhkan obat untuk mengatasinya. Meski demikian, obat osteoarthritis saja tidak cukup untuk mengatasi penyakit ini. Penderita osteoarthritis pun perlu menyeimbangkannya dengan makanan tertentu untuk membantu mengatasinya.

Adapun dalam menerapkan pola makan tersebut, penderita osteoarthritis perlu memperhatikan makanan yang baik dikonsumsi serta yang perlu dihindari. Simak artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang makanan-makanan tersebut.

Daftar makanan yang disarankan untuk penderita osteoarthritis

Makanan memang tidak terbukti dapat menyembuhkan penyakit osteoarthritis. Namun, makanan tertentu dapat mengurangi peradangan, memperkuat tulang, meningkatkan sistem imun, serta menjaga berat badan sehingga membantu mengatasi osteoarthritis yang Anda miliki beserta dengan gejalanya.

Berikut adalah daftar makanan yang memiliki fungsi tersebut, sehingga kerap kali disarankan untuk dikonsumsi penderita osteoarthritis:

1. Ikan salmon

Ikan salmon mengandung asam lemak omega-3 yang dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri sendi, serta memperpendek durasi kekakuan sendi pada pagi hari, yang umumnya dirasakan oleh penderita osteoarthritis. Anda dapat mengonsumsi ikan salmon dua kali seminggu untuk mendapatkan manfaat tersebut.

Tidak hanya salmon, jenis ikan lainnya juga mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi, sehingga bisa menjadi pilihan lain bagi Anda, seperti tuna, mackerel, dan herring.

2. Blueberry

Kelompok buah beri, termasuk blueberry, merupakan salah satu makanan yang disarankan untuk penderita osteoarthritis. Studi yang dipublikasikan jurnal Nutrients pada 2019 menyebutkan, konsumsi blueberry setiap hari dapat membantu mengurangi rasa sakit, kekakuan, dan kesulitan dalam beraktivitas, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup penderita osteoarthritis lutut.

Jenis buah ini disebut mengandung senyawa antioksidan yang melindungi tubuh dari peradangan dan radikal bebas yang dapat merusak sel dan organ.

3. Jeruk

Berbagai jenis buah jeruk, termasuk jeruk, jeruk bali, atau jeruk nipis, mengandung vitamin C yang tinggi, yang dapat membantu mengurangi peradangan dan menjaga kesehatan sendi pada penderita osteoarthritis. Anda bisa mendapatkan manfaat tersebut dengan mengonsumsi buah jeruk segar atau menjadikannya jus untuk dikonsumsi setiap pagi.

4. Sayuran hijau

Sayuran hijau, termasuk brokoli, bayam, selada, kubis, kale, dan lainnya, mengandung vitamin K yang berperan dalam pembuatan tulang dan tulang rawan. Selain itu, brokoli juga mengandung senyawa sulforaphane yang dapat membantu mencegah dan memperlambat perkembangan penyakit osteoarthritis.

Oleh karena itu, sayuran hijau dapat menjadi makanan pilihan yang baik untuk dikonsumsi para penderita osteoarthritis. Untuk mendapat manfaat tersebut, Anda dapat mengonsumsi sayuran hijau ini setiap hari secara bergantian.

5. Teh hijau

Tidak hanya untuk penderita rheumatoid arthritis (RA), teh hijau juga bisa menjadi minuman yang baik dikonsumsi oleh pasien osteoarthritis. Pasalnya, jenis minuman ini mengandung polifenol, yaitu senyawa antioksidan yang dipercaya dapat mengurangi peradangan dan memperlambat kerusakan sendi.

6. Bawang putih

Bawang putih dan berbagai jenis bawang lain, seperti bawang merah dan daun bawang, dapat menjadi salah satu bahan makanan yang disarankan untuk penderita osteoarthritis. Studi menunjukkan, orang yang secara teratur mengonsumsi makanan ini memiliki tanda dan gejala osteoarthritis yang lebih sedikit.

Hal ini bisa terjadi karena senyawa diallyl disulfide yang ada di dalam bawang putih dapat membatasi enzim perusak tulang rawang di dalam sel manusia.

Selain yang disebutkan di atas, beberapa makanan lainnya juga diketahui baik untuk dikonsumsi para penderita osteoarthritis. Makanan tersebut, yaitu:

  • Susu dan produk susu rendah lemak
  • Minyak zaitun
  • Sereal dan roti dan gandum utuh
  • Lobster
  • Kacang-kacangan
  • Biji-bijian

Daftar pantangan makanan untuk penderita osteoarthritis

Selain mengonsumsi makanan yang disarankan, Anda pun perlu menghindari makanan yang justru dapat memperparah peradangan pada sendi Anda. Beberapa makanan yang perlu dihindari penderita osteoarthritis, yaitu:

1. Makanan atau minuman bergula

Makanan yang mengandung gula tinggi, seperti kue, coklat, minuman soda, atau bahkan jus buah yang ditambah gula, perlu dihindari pada penderita osteoarthritis. Pasalnya, gula dapat memicu pelepasan sitokin, yaitu protein kecil yang membawa sinyal peradangan dalam tubuh.

Akibatnya, peradangan pada sendi akan semakin parah. Untuk mendapatkan rasa manis pada makanan, Anda bisa mengganti kandungan gula dengan pemanis alami, seperti madu.

Selain itu, Anda pun perlu mengecek label makanan kemasan yang akan Anda beli. Hindari makanan kemasan dengan kandungan gula yang tinggi, yang bisa ditulis dengan beragam nama dan diakhiri dengan suku kata “ose” atau “osa” dalam bahasa Indonesia, seperti fruktosa atau sukrosa.

2. Makanan tinggi garam

Meski enak di lidah, makanan ini mengandung banyak natrium sehingga jadi pantangan makanan untuk penderita osteoarthritis.  Kadar natrium yang tinggi menyebabkan sel-sel tubuh menahan air. Akibatnya, pembengkakan pada sendi akan semakin parah dan risiko rusaknya sendi akan semakin meningkat.

Untuk menerapkan diet garam pada makanan, gunakan rempah-rempah sebagai gantinya. Tambahkan lebih banyak bawang putih, paprika, lada, atau perasan jeruk nipis atau lemon pada masakan Anda.

3. Makanan tinggi lemak jenuh

Kentang goreng, donat, burger dan makanan junk food lainnya mengandung lemak jenuh yang tinggi. Senyawa kimia dari hasil penggorengan makanan dapat meningkatkan kolesterol dalam tubuh sehingga peradangan jadi semakin bertambah parah.

Makanan tersebut juga cenderung membuat berat badan Anda naik, yang akan menambah tekanan pada sendi di lutut Anda yang sudah bermasalah. Selain junk food, beberapa makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi, yaitu daging merah dan produk susu berlemak.

4. Makanan yang mengandung asam lemak omega 6

Semua nutrisi akan menyehatkan tubuh jika kadarnya seimbang. Salah satunya asam lemak omega 6 yang berperan untuk pembentukan sel dan mencegah peradangan. Jika kadarnya berlebihan, alih-alih mencegah peradangan, asam lemak tersebut malah membuat peradangan jadi semakin memburuk.

Biasanya asam lemak ini ada pada beberapa jenis minyak, seperti minyak jagung, safflower, bunga matahari, kedelai, dan sayur serta produk makanan yang terbuat dari minyak tersebut.

Selain makanan di atas, ada beberapa makanan lainnya yang perlu menjadi pantangan untuk penderita osteoarthritis, yaitu:

  • Makanan mengandung lemak trans, seperti gorengan, makanan ringan olahan, makanan beku, dan mentega.
  • Karbohidrat olahan, seperti roti atau biskuit dari tepung putih, nasi putih, kentang instan, dan sereal dari karbohidrat olahan.
  • Makanan mengandung MSG.
  • Alkohol.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Berapa Kadar Asam Urat yang Normal?

Asam urat tinggi menyebabkan peradangan yang membuat persendian tiba-tiba terasa sakit. Lantas, berapa kadar asam urat yang normal?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Arthritis (Radang Sendi), Health Centers 23 Februari 2020 . Waktu baca 5 menit

Diabetes Meningkatkan Risiko Rematik Hingga 20 Persen

Penyakit diabetes dapat meningkatkan risiko rematik hingga sebesar 20 persen apabila tidak ditangani dengan baik. Apa yang menjadi penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Diabetes, Health Centers 10 Februari 2020 . Waktu baca 3 menit

Macam-Macam Pengobatan Osteoarthritis Pada Lutut Sesuai Stadiumnya

Pengobatan osteoarthritis lutut (radang sendi lutut) itu beragam disesuaikan dengan tahapan penyakitnya. Apa saja pengobatannya? Baca di sini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Nyeri Kronis, Health Centers 11 Februari 2019 . Waktu baca 5 menit

Osteoarthritis Pinggul (Radang Sendi Pinggul)

Osteoarthritis pinggul adalah peradangan sendi yang terjadi di pinggul. Bagaimana cara mencegah penyakit ini? Cari tahu jawabannya di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rena Widyawinata
Penyakit A-Z, Kesehatan A-Z 28 Januari 2019 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

osteoarthritis adalah

Osteoarthritis (Pengapuran Sendi)

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 21 September 2020 . Waktu baca 11 menit
pegal di leher

8 Penyebab Leher Anda Sering Terasa Pegal

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 1 September 2020 . Waktu baca 4 menit
obat dan cara mengobati radang sendi

Berbagai Obat dan Pengobatan untuk Mengatasi Radang Sendi

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 23 Juni 2020 . Waktu baca 8 menit
encok adalah

Ternyata, Encok Adalah Nama Lain dari Penyakit Ini

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 17 April 2020 . Waktu baca 5 menit