Definisi

Apa itu bintik-bintik kulit (freckles)?

Freckles adalah bintik-bintik coklat pada kulit. Kadang, freckles bervariasi dalam warna, dari kemerahan, kuning, coklat, coklat muda, hingga hitam. Freckles dapat terlihat lebih jelas dengan paparan sinar matahari. Bercak-bercak ini sering kali muncul berkelompok, dan paling sering pada pipi, hidung, lengan dan bahu atas.

Freckles tidak membahayakan kesehatan Anda maupun berubah menjadi kanker kulit.

Ada 2 jenis freckles, freckles normal dan sunburn freckles. Sunburn freckles terlihat lebih gelap dan besar. Sunburn freckles muncul di mana orang sering mengalami terbakar matahari seperti punggung atas dan bahu.

Seberapa umumkah bintik-bintik kulit (freckles)?

Freckles sangat umum terjadi. Kondisi ini dapat terjadi pada orang semuda usia 1 – 2 tahun. Freckles lebih jelas terlihat pada orang berkulit terang dan orang dengan rambut terang atau merah.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala bintik-bintik kulit (freckles)?

Freckles adalah bintik-bintik kecil pada kulit yang berwarna lebih gelap daripada area sekitarnya. Saat terkena paparan sinar matahari, freckles lebih jelas terlihat. Beberapa ahli menyatakan bahwa paparan sinar matahari meningkatkan jumlah freckles.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Freckles tidak memerlukan penanganan karena tidak berbahaya. Namun, freckles dapat mempengaruhi penampilan Anda. Jika Anda ingin menghilangkannya, konsultasikan dengan dokter untuk memastikan bahwa Andalah kandidat yang tepat untuk penanganan freckles.

Penyebab

Apa penyebab bintik-bintik kulit (freckles)?

Genetik dan paparan sinar matahari adalah penyebab dari bintik-bintik kulit. Genetik menentukan kadar melanin – pigmen gelap yang diproduksi oleh melanosit. Pada banyak kasus, jumlah jaringan melanosit sama dengan area kulit. Pada area yang memiliki freckles, produksi melanin lebih banyak dibanding dengan area sekitar.

Luka bakar akibat matahari dapat memperburuk gejala freckles. Luka bakar akibat matahari mendorong sel melanosit untuk menghasilkan lebih banyak melanin sebagai respon alami untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat matahari.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk bintik-bintik kulit (freckles)?

Ada banyak faktor risiko untuk munculnya bintik-bintik kulit, yaitu:

  • Keturunan: freckles diturunkan secara genetik, apabila orangtua Anda memiliki freckles, Anda kemungkinan juga memiliki freckles.
  • Orang-orang, terutama anak-anak, yang memiliki kulit dan mata yang berwarna terang.
  • Paparan sinar matahari yang berkepanjangan.
  • Perawatan hormonal.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk bintik-bintik kulit (freckles)?

Bintik-bintik kulit terlihat jelas dengan mata manusia, namun pemeriksaan kulit menyeluruh dapat mengevaluasi kondisi Anda lebih jelas. Orang-orang dengan freckle sering kali memiliki kulit yang sensitif. Pemeriksaan yang teliti dapat membantu dermatolog untuk memberikan rutinitas perawatan kulit yang tepat.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk bintik-bintik kulit (freckles)?

Freckles tidak berbahaya dan tidak memerlukan perawatan. Jika Anda merasa frustrasi atau tidak percaya diri karena bintik-bintik kulit dan merasa membutuhkan perawatan, metode berikut dapat membantu menghilangkan freckles dengan efektif:

  • Krim pemutih atau pemudar: produk yang mengandung hydroquinone sering digunakan untuk melawan pigmentasi kulit gelap. Anda dapat membelinya tanpa resep, namun Anda perlu melindungi kulit Anda dari panas, karena produk tersebut dapat membuat kulit sangat sensitif terhadap sinar matahari.
  • Retinoid: obat ini terbuat dari vitamin A dan telah diakui oleh BPOM untuk menerangkan warna kulit.
  • Prosedur kosmetik: banyak perawatan untuk menghilangkan freckles, seperti cryosurgery, terapi laser, intense pulsed light therapy (IPL), atau chemical peels.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi bintik-bintik kulit (freckles)?

Berikut adalah gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi freckles:

  • Gunakan tabir surya dengan SPF yang sesuai
  • Gunakan pakaian pelindung sinar matahari: topi, pakaian berlengan panjang, kacamata hitam
  • Gunakan payung atau berteduh di bawah bayangan
  • Batasi ke luar ruangan di antara pukul 10 pagi hingga 4 sore
  • Orang dengan freckles turunan perlu untuk memulai proteksi matahari sejak dini

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan