home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

7 Manfaat Kesehatan yang Didapat Jika Anda Berkulit Gelap

7 Manfaat Kesehatan yang Didapat Jika Anda Berkulit Gelap

Bagi sebagian orang khususnya wanita, memiliki kulit putih adalah sebuah dambaan. Bahkan tak jarang orang rela menghabiskan uang yang tidak sedikit untuk melakukan perawatan pemutihan kulit demi mendapatkan kulit putih impian. Padahal, tahukah Anda ternyata penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki kulit hitam jauh lebih sehat dibandingkan kulit putih?

Keuntungan punya kulit hitam

1. Terlindung dari sinar matahari

Semua orang memiliki jumlah melanosit (sel yang memproduksi melanin) yang sama, tak peduli warna kulit yang dimiliki. Namun, yang membedakan adalah ukuran dan penyaluran melanositnya. Semakin besar ukuran melanosit yang dimiliki, maka kulit akan semakin hitam.

Keuntungan yang paling penting dari memiliki jumlah melanin yang banyak di kulit adalah mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Hal ini akan membuat kulit terlindungi dari efek jangka pendek seperti terbakar sinar matahari yang parah. Tapi ingat, walaupun memiliki melanin yang banyak, orang-orang berkulit gelap tidak sepenuhnya terjamin dari kerusakan akibat sinar matahari. Jadi, jangan panas-panasan tanpa sunblock, ya.

2. Mengurangi risiko kanker kulit

Karena memiliki pigmen melanin yang banyak, hal ini membuat orang kulit hitam lebih banyak terproteksi dari sinar UV dibandingkan orang-orang yang berkulit putih. Hal tersebut yang membuat paparan sinar UV yang mengenai kulit orang hitam tidak mudah merusak jaringan sel-selnya sehingga mengurangi terkena risiko kanker kulit, terutama jenis yang lebih umum dikenal sebagai kanker kulit sel basal dan skuamosa.

3. Melindungi sistem saraf

Pigmen melanin bertugas melawan radikal bebas dan terbukti mampu melindungi sistem saraf pusat dari jamur Cryptococcus neoformans atau infeksi kriptokokosis. Infeksi jamur ini menyebabkan pembengkakan dan iritasi pada otak, juga sumsung tulang belakang.

4. Kebal terhadap beberapa penyakit

Pada serangga, melanin diketahui mampu melindungi terhadap serangan penyakit dengan cara menelan dan membunuh mikro organisme. Para peneliti pun beranggapan jika melanin memiliki fungsi yang sama pada manusia. Hal ini mungkin juga bisa menjelaskan alasan mengapa tentara berkulit putih ketika bertugas di lingkungan lembab seperti hutan, tiga kali lebih rentan terkena penyakit kulit serius daripada mereka yang memiliki kulit hitam.

5. Lebih rendah risiko bayi cacat

Melanin berfungsi menyaring sinar ultraviolet untuk mencegah kerusakan pada DNA. Dengan begitu, perempuan berkulit gelap memiliki tingkat terendah dalam kasus kelahiran bayi cacat.

6. Membuat awet muda

Melanin memiliki banyak manfaat signifikan bagi kesehatan termasuk manfaat untuk kesehatan. Pasalnya, melanin mampu menjaga kulit dari penyebab kerusakan jangka panjang yang berhubungan dengan penuaan seperti kerutan, tekstur permukaan kasar, dan lainnya. Selain itu, orang yang memiliki kulit hitam juga cenderung memiliki serat kolagen yang banyak dan lebih tebal dibandingkan kulit putih. Itu sebabnya pemilik kulit gelap cenderung terlihat lebih awet muda.

7. Memiliki tulang yang kuat

Banyaknya jumlah pigmen pada kulit gelap mampu menyimpan cadangan vitamin D3 yang berasal dari sinar matahari. Hal inilah yang membuat pemilik kulit gelap berisiko lebih kecil mengalami osteoporosis karena mampu menyerap kalsium lebih banyak.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Darker Skin Is Healthier and Dusky Is Sexy – http://www.medimanage.com/my-looks/articles/darker-skin-is-healthier!-and-dusky-is-sexy!.aspx diakses pada 24 Maret 2017

Skin Conditions People With Dark Skin – http://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/skin-conditions-people-with-dark-skin#1 diakses 24 Maret 2017

Does Darker Skin Not Wrinkle – http://www.bbc.com/future/story/20120529-does-darker-skin-not-wrinkle diakses 24 Maret 2017

Little Known Benefits of Having Melanin Rich Skin http://atlantablackstar.com/2014/01/24/7-little-known-benefits-of-having-melanin-rich-skin/  diakses 24 Maret 2017

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Risky Candra Swari
Tanggal diperbarui 21/08/2017
x