home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Manfaat Kuning Telur untuk Kesehatan Jantung

Manfaat Kuning Telur untuk Kesehatan Jantung

Selama ini banyak orang beranggapan bahwa kuning telur sangat jahat bagi jantung. Terlalu banyak dan sering mengonsumsi kuning telur dapat menyebabkan penyakit jantung. Bahkan, untuk menghindari hal ini banyak orang yang hanya mengonsumsi putih telurnya saja dan membuang kuning telurnya. Namun, apakah benar kuning telur sejahat itu pada kesehatan jantung Anda? Apakah ada efek baik dari kuning telur untuk jantung Anda?

Manfaat kandungan dalam kuning telur untuk jantung

Kuning telur memang dapat menyumbang kadar kolesterol dalam darah, jika kadarnya terlalu tinggi dalam darah maka dapat mengganggu kesehatan jantung Anda. Namun, dampak konsumsi kuning telur terhadap kadar kolesterol darah tidak seburuk jika Anda mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans.

Selain itu, kandungan nutrisi lain dalam kuning telur justru dapat melindungi kesehatan jantung. Salah satu nutrisi yang banyak dikandung kuning telur dan bermanfaat dalam melindungi jantung Anda adalah kolin.

Kolin merupakan nutrisi yang dikenal dapat membantu perkembangan otak dan sistem saraf. Tak hanya itu, kolin juga dapat membantu melindungi jantung Anda. Kolin berhubungan dengan kadar homosistein dalam darah, di mana jika kadar homosistein dalam darah meningkat maka risiko penyakit jantung juga akan meningkat. Kadar homosistein yang tinggi dalam darah dapat mendorong pengembangan aterosklerosis dan trombogenesis, yang mengarah pada penyakit jantung.

Nah, kolin ini membantu tubuh dalam menurunkan kadar homosistein dalam darah dengan cara mengubahnya menjadi asam amino yang dibutuhkan tubuh, yang disebut metionin. Secara khusus, kolin merupakan prekursor yang menyediakan kelompok metil untuk mengubah homosistein menjadi metionin. Dengan adanya kolin, maka kadar homosistein dalam darah bisa dikontrol dan tidak meningkat, sehingga menurunkan risiko penyakit jantung.

Selain kolin, kuning telur juga mengandung nutrisi lain yang berperan dalam meningkatkan kesehatan Anda. Seperti, kandungan lutein dan zeaxanthin yang baik untuk kesehatan mata, serta berbagai macam vitamin seperti vitamin A, B, dan D yang berperan dalam mengatur metabolisme tubuh.

Berapa banyak konsumsi kuning telur yang ideal?

Walaupun sudah banyak penelitian yang mengatakan bahwa kuning telur tidak berhubungan dengan penyakit jantung. Namun bagi Anda dengan kadar kolesterol tinggi, tetap harus berhati-hati dalam mengonsumsi kuning telur. Berbeda jika Anda mempunyai kadar kolesterol yang normal, konsumsi telur setiap hari tidak akan berdampak buruk pada jantung Anda.

Berdasarkan data Departemen Pertanian Amerika Serikat, satu butir telur besar mengandung sekitar 186 mg kolesterol, yang semuanya ditemukan dalam kuning telur. Bagi penderita penyakit jantung dan diabetes, Anda disarankan untuk membatasi konsumsi kuning telur paling banyak tiga kuning telur dalam seminggu.

Sedangkan, bagi Anda yang sehat, Anda bisa makan kuning telur sampai tujuh kali per minggu tanpa mengkhawatirkan risiko penyakit jantung.

Anda mungkin perlu mengetahui batasan harian asupan kolesterol yang direkomendasikan, sebagai pertimbangan sebelum Anda mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol, seperti kuning telur.

  • Jika Anda sehat, asupan kolesterol yang direkomendasikan adalah tidak lebih dari 300 mg per hari.
  • Jika Anda mempunyai kolesterol tinggi, penyakit jantung, atau diabetes, asupan kolesterol yang direkomendasikan adalah tidak lebih dari 200 mg per hari.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Higdon, J. (2015). Choline. [online] Available at: http://lpi.oregonstate.edu/mic/other-nutrients/choline [Accessed 22 May 2017].

Lopez-Jimenez, F. (2014). Eggs: Are they good or bad for my cholesterol? – Mayo Clinic. [online] Available at: http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/high-blood-cholesterol/expert-answers/cholesterol/faq-20058468 [Accessed 22 May 2017].

North Carolina Egg Association. Choline and our heart NC Egg Association. [online] Available at: http://ncegg.org/choline-and-our-heart/ [Accessed 22 May 2017].

Harvard School of Public Health. Eggs. [online] Available at: https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/eggs/ [Accessed 22 May 2017].

Harvard Health Publication. (2017). Are eggs risky for heart health? – Harvard Health. [online] Harvard Health. Available at: http://www.health.harvard.edu/heart-health/are-eggs-risky-for-heart-health [Accessed 22 May 2017].

 

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Arinda Veratamala
Tanggal diperbarui 03/09/2020
x