Bagaimana Cara Mencegah Ingrown Hair agar Tidak Semakin Parah?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 5 Februari 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Kamu pernah merasakan benjolan kecil, kulit menggelap, dan titik merah yang mirip jerawat? Itu merupakan tanda dari ingrown hair atau tumbuh rambut ke dalam. Umumnya, ingrown hair tumbuh di bagian ketiak, kaki, pipi, dagu, leher, dan kemaluan. Ingrown hair agak menyakitkan dan bisa membuat kulit iritasi. Bila Anda tidak merasakannya, berikut cara mencegah ingrown hair pada kulit yang perlu diketahui.

Cara mencegah ingrown hair

Mencegah ingrown hair bisa dilakukan ketika Anda mencukur rambut kemaluan, ketiak, jenggot, atau kumis. Berikut cara mencegah ingrown hair yang bisa Anda lakukan:

Scrub kulit

Melansir dari Medical News Today, ingrown hair bisa tumbuh di berbagai area kulit, tapi biasanya tumbuh di kulit yang sering terkena pisau cukur. Seperti area dagu karena jenggot, betis atau kaki, ketiak, dada, dan kemaluan. 

Untuk mencegah pertumbuhan rambut ke dalam, WebMD menyebut, Anda bisa melakukan scrub pada bagian kulit tersebut memakai kain basah atau krim scrub khusus. Gosok dengan gerakan memutar dengan lembut agar kulit tidak iritasi.

Hati-hati saat mencukur

Berikutnya, cara mencegah ingrown hair yaitu dengan berhati-hati ketika mencukur. Sebelum memutuskan untuk mencukur kulit, basahi kulit dengan air hangat dan gel pencukur agar kulit dalam keadaan lembap dan tidak iritasi. 

Saat mulai mencukur, perhatikan arahnya. Cukur sesuai arah rambut atau bulu Anda tumbuh dan hindari mencukur terlalu dekat dengan kulit. Pastikan pisau cukur yang digunakan dalam keadaan tajam saat akan mulai mencukur. 

Utamakan area kemaluan saat mencukur

Merawat area kemaluan sebelum memakai pisau cukur bisa mengurangi risiko ingrown hair. Caranya, cuci area kemaluan dengan sabun yang lembut lalu oleskan krim cukur yang dirancang khusus untuk area sensitif. Setelah mencukur, keringkan terlebih dahulu sebelum memakai celana dalam kembali, untuk menghindari lembap di area kemaluan. 

Memakai alat pencukur dengan pisau tunggal

Khusus untuk area kemaluan, cara mencegah ingrown hair yaitu dengan memakai alat pencukur dengan pisau tunggal agar arah mencukur lebih fokus. Kalau alat cukur Anda sudah lama tidak digunakan, segera ganti dengan yang baru. Setidaknya, ganti pisau cukur setiap 6 minggu sekali. Pisau cukur yang tumpul membuat potongan rambut tidak bersih dan bisa meningkatkan risiko ingrown hair.

Memakai alat cukur elektrik

Alat cukur listrik bisa mengatur jarak antara pisau dengan rambut agar tidak terlalu dekat. Sehingga saat dicukur, rambut di kulit tidak terlalu ‘botak’ karena kondisi tersebut bisa memicu pertumbuhan rambut ke dalam atau ingrown hair. Ini salah satu cara mencegah ingrown hair di kulit.

Memakai laser dan krim khusus

Dua cara ini disebut bisa mencegah pertumbuhan rambut ke dalam dan cukup ampuh. Cara mencegah ingrown hair pertama dengan krim khusus yang dioleskan pada bagian kulit tertentu. Misalnya, ketiak, kemaluan, dagu, atau leher. 

Produk ini mengandung eflornithine (vaniqa) yang mampu mengurangi pertumbuhan rambut ke dalam. Cara kedua dengan laser untuk menghilangkan folikel rambut secara permanen. Kedua cara ini bisa dikombinasikan agar hasilnya lebih maksimal.

Kompres dengan air dingin setelah mencukur

Setelah mencukur menggunakan alat cukur yang dianjurkan dan cara yang benar tidak ada salahnya jika Anda tetap mencoba mengompresnya dengan handuk yang dibasahi air dingin. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah iritasi.

Kapan harus ke dokter?

Bila ingrown hair di area kemaluan sudah tidak bisa dicegah, perlu khawatir bila Anda mengalami hal berikut:

  • Ingrown hair di kemaluan sangat lebat. Dokter akan memeriksa apakah Anda memiliki masalah kesehatan yang bisa memicu kondisi tersebut
  • Anda sering mengalami ingrown hair dengan jeda yang cukup dekat. Di sini, dokter akan melakukan perawatan untuk mencegahnya tumbuh kembali. Salah satunya dengan laser.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?

Yang juga perlu Anda baca

Rambut Tumbuh ke Dalam, Bagaimana Membedakannya dengan Jerawat?

Kesalahan cukur dapat sebabkan rambut tumbuh ke dalam kulit. Akibatnya, terbentuk benjolan mirip jerawat. Bagaimana cara bedakan keduanya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Kesehatan Kulit, Penyakit Kulit Lainnya 5 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Hipertrikosis, Kelainan Langka yang Membuat Sekujur Tubuh Ditumbuhi Bulu Lebat

Hypertrichosis alias sindrom werewolf, adalah kondisi yang ditandai dengan tumbuhnya rambut lebat dan berlebih di sekujur tubuh. Apa sebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Kesehatan Kulit, Penyakit Kulit Lainnya 22 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Tips Melakukan Waxing di Rumah Dengan Bahan-bahan Alami

Selain lebih murah, waxing di rumah dengan bahan alami ternyata lebih aman karena memiliki kemungkinan infeksi lebih kecil daripada waxing di salon.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Kebersihan Diri, Hidup Sehat 20 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

2 Cara Mudah Hilangkan Kumis dan Jenggot, Sekali untuk Selamanya

Ada pria yang enggan memiliki brewok agar awet muda. Lantas, apakah ada cara menghilangkan kumis dan jenggot secara permanen? Bagaimana caranya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kebersihan Diri, Hidup Sehat 19 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit



Direkomendasikan untuk Anda

cara menghilangkan bulu

Ragam Cara Menghilangkan Bulu Tangan dan Kaki yang Paling Umum

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 25 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
perawatan setelah waxing

9 Perawatan Penting Setelah Waxing untuk Mencegah Iritasi

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
cara bercukur yang benar

Dari Ketiak Hingga Rambut Kemaluan, Ini Cara Bercukur yang Benar

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 22 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
makanan mencegah uban

Tak Ingin Rambut Cepat Beruban? Yuk, Konsumsi 3 Makanan Super Ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 9 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit