Jangan Asal Pakai Sheet Mask, Ketahui Dulu 5 Fakta Penting Ini

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Sheet mask atau masker langsung tempel ini merupakan sebuah inovasi besar dalam produk perawatan dan kecantikan yang muncul beberapa tahun lalu. Bagaimana tidak, hanya dengan menempel masker kertas yang terbuat dari katun tipis berisi formula cair, produk ini diklaim bisa mencerahkan, melembapkan, hingga mengatasi garis halus di kulit wajah.

Selain itu, penggunaan sekali pakai dan harganya yang terjangkau ini menjaid pilihan praktis wanita yang tidak perlu repot seperti memakai masker oles tradisional. Namun, apa benar khasiat masker wajah yang satu ini benar-benar ampuh dan aman bagi kulit? Untuk mengetahui lebih jauh, mari simak penjelasan dr. Debbie Palmer, spesialis kulit dari New York dengan pengalaman praktik selama 19 tahun seputar penggunaan sheet mask.

Yang harus Anda tahu sebelum pakai sheet mask

1. Tidak sama dan tidak bisa mengganti manfaat dari masker tradisional

Meskipun judulnya sama-sama masker, sheet mask tidaklah sama kandungan dan khasiatnya jika dibandingkan dengan masker oles tradisional. Masker kertas tempel juga tidak bisa membersihkan wajah dan mengangkat sel kulit mati pada wajah seperti masker oles.

Namun, sebagian besar masker langsung tempel ini dikemas dengan kandungan vitamin, asam amino dan mineral, sehingga cukup baik digunakan  sebagai produk perawatan wajah.

2. Tetap gunakan serum dan produk perawatan lainnya

manfaat ferulic acid

Meski sudah diisi dengan berbagai jenis vitamin dan mineral, bukan berarti Anda tidak perlu menggunakan produk perawatan wajah lainnya, ya. Dr. Debbie Palmer mengatakan bahwa masker langsung tempel dari kertas ini tidak bisa melembapkan wajah Anda seharian penuh.

Maka itu, Anda tetap butuh perawatan wajah lain seperti pelembap, tabir surya, atau bahkan serum khusus guna memaksimalkan perawatan wajah yang Anda lakukan.

3. Sheet mask bagus untuk melembapkan kulit wajah

krim muka dari dokter bikin ketagihan

Meskipun banyak diklaim bisa untuk mengatasi jerawat, untuk mengurangi minyak berlebih, dan untuk mengatasi masalah wajah lainnya, dr. Debbie Palmer hanya yakin kalau masker ini paling berkhasiat untuk melembapkan kulit wajah Anda.

Pasalnya, belum ada studi klinis yang mampu membuktikan kalau masker kertas langsung tempel ini mampu mengobati masalah kulit. Untungnya, masker ini baik untuk meningkatkan kadar air dan oksigen di kulit wajah yang kering. Jadi kulit wajah Anda akan lembut dan lebih halus setelah menggunakan masker ini.

4. Kurang cocok untuk wajah berjerawat

asam retinoat untuk jerawat

Berhubung masker ini bisa membuat suhu kulit wajah berubah tiba-tiba karena kandungan airnya, masker ini kurang cocok digunakan bagi Anda yang berjerawat. Hal ini disebabkan ketika suhu wajah naik, masker ini malah dapat meningkatkan jumlah bakteri di permukaan kulit yang menyebabkan jerawat jadi makin parah.

Disarankan untuk Anda yang punya kulit wajah berjerawat dan berminyak, uji coba dulu sehari sebelum memakai masker ini. Caranya dengan menempelkan masker di kulit pipi, dan lihat hasilnya apakah kulit jadi iritasi atau tidak. Jika keesokan harinya kulit baik-baik saja, silakan lanjutkan pemakaian. Namun jika tidak, hentikan penggunaan tersebut dan beralih ke masker lainnya.

5. Perhatikan cara memakainya

sheet mask masker wajah
Sumber: Ze Square

Sheet mask ini pada dasarnya tersedia pada satu ukuran saja untuk semua jenis bentuk wajah. Sayangnya, tidak semua orang punya wajah dan lekukan yang sama seperti lekukan masker kertas ini. Untuk memakai dengan benar, silakan mulai tempelkan masker dari kening Anda dulu, kemudian turun ke mata, ke hidung, lalu ratakan di kiri dan kanan dahi atau pipi. Setelahnya, cocokan dengan posisi bibir sampai ke dagu. Pakai sambil berbaring untuk pemakaian yang lebuh nyaman dan pas dikenakan di wajah Anda.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Baru Pakai Skincare Antiaging Usia 50 Tahun ke Atas, Bermanfaatkah?

Produk skincare antiaging fungsinya adalah mencegah penuaan dini. Namun, kalau baru pakai antiaging di usia 50 tahun ke atas, apa hasilnya akan sama?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Lansia, Gizi Lansia 21 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

3 Manfaat yang Bisa Didapat dari Minum Kopi Sebelum Olahraga

Suka olahraga di pagi hari dan harus minum kopi dulu biar segar? Penelitian membuktikan kalau minum kopi sebelum olahraga ternyata baik buat tubuh, lho!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Gizi Olahraga, Nutrisi 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Berbagai Pilihan Pengobatan untuk Atasi Tipes

Gejala tipes umumnya dapat diobati di rumah. Selain minum obat dari dokter, apa saja cara mengobati tipes lainnya di rumah?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Penyakit Infeksi, Demam Tifoid (Tifus) 20 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit

4 Penyebab Buah Zakar Anda Gatal dan Ingin Terus Digaruk

Menggaruk alat kelamin terkadang sudah menjadi kebiasaan, tapi bisa juga karena memang terasa gatal. Apa saja penyebab buah zakar gatal? Apakah berbahaya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Pria, Penyakit pada Pria 20 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit



Direkomendasikan untuk Anda

Mengurangi Bau Badan

Deodoran Tidak Mempan Kurangi Bau Badan? Atasi Dengan Bahan Alami Berikut Ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Marsha Desica Arsanta
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
olahraga malam hari

4 Jenis Olahraga yang Aman Dilakukan di Malam Hari

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
sakit kepala setelah makan

Sakit Kepala Setelah Makan? Ini 4 Hal yang Bisa Jadi Penyebabnya

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
strategi menahan lapar

Cara Menahan Rasa Lapar Saat Melakukan Diet

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit