Tak Cuma Bersihkan Komedo, Ini 7 Manfaat Clay Mask untuk Wajah

    Tak Cuma Bersihkan Komedo, Ini 7 Manfaat Clay Mask untuk Wajah

    Clay mask mungkin termasuk jenis masker wajah yang populer karena diyakini punya banyak manfaat. Di antaranya yaitu membersihkan pori-pori dan mengatasi sejumlah masalah kulit yang membandel. Apa sebenarnya yang kandungan clay mask?

    Manfaat clay mask untuk kulit wajah

    manfaat clay mask, gambar clay mask

    Clay mask adalah masker yang terbuat dari beberapa jenis tanah liat. Dengan kemampuan bahan seperti tanah liat bentonit dan kaolin dalam mengangkat kotoran dan mengecilkan pori, masker ini menjadi favorit para pemilik kulit berminyak.

    Meski begitu, clay mask juga memberikan manfaat bagi orang-orang dengan beragam tipe kulit. Di bawah ini berbagai kegunaan dari masker yang satu ini.

    1. Membersihkan minyak berlebih

    Masker bentonit mampu menyerap minyak berlebih yang membuat wajah mengilap dan kerap memicu timbulnya jerawat. Bahan ini bekerja dengan menyerap sebum (minyak alami) pada wajah dan menenangkan kulit yang meradang akibat jerawat.

    Jika Anda memiliki kulit berminyak, coba gunakan clay mask sekali atau dua kali dalam seminggu. Anda dapat menggunakan masker bubuk yang dicampur dengan air, masker oles, maupun masker peel-off yang lebih praktis.

    2. Membersihkan kotoran pada pori-pori

    Mencuci muka secara rutin sebenarnya cukup untuk membersihkan kotoran dan bakteri yang menempel pada wajah. Akan tetapi, clay mask memiliki manfaat lebih dalam membersihkan kotoran karena mampu mencapai pori-pori kulit yang lebih dalam.

    Apabila Anda jarang mencuci muka, kotoran dan minyak berlebih bisa menyumbat pori dan menyebabkan banyak masalah kulit. Penggunaan clay masker secara rutin dapat membuat wajah tetap bersih sehingga pori-pori Anda pun bebas dari masalah.

    3. Mencegah munculnya komedo hitam

    Komedo hitam (blackheads) muncul ketika pori-pori tersumbat oleh kotoran, sebum, dan/atau sel-sel kulit mati. Jika kulit di sekitar komedo terbuka dan terpapar langsung dengan udara, hal ini akan membuat komedo menjadi hitam.

    Anda dapat mencegah munculnya komedo hitam dengan mencuci muka secara rutin. Selain itu, memakai clay mask sebanyak 1 – 2 kali dalam seminggu berguna untuk memastikan pori-pori wajah Anda bersih dari kotoran.

    4. Membantu mencegah jerawat

    Clay mask berkhasiat untuk mencegah jerawat yang ringan. Saat Anda menggunakan clay mask, kaolin atau bentonit di dalamnya akan menyerap minyak dan membersihkan kotoran yang tidak terbawa saat Anda mencuci muka.

    Untuk mengatasi jerawat ringan, cukup campurkan bubuk clay mask dengan air hangat. Air hangat dapat melebarkan pori-pori kulit sehingga meningkatkan jumlah minyak dan kotoran yang keluar dari kulit Anda.

    5. Mengatasi kulit kering

    Meski identik dengan kulit berminyak, clay mask sebenarnya juga punya manfaat untuk kulit kering. Menurut sebuah penelitian pada 2016, ketika tanah liat dalam masker mengering, hal ini menciptakan lapisan yang menjaga kelembapan kulit.

    Akan tetapi, penggunaan clay mask secara berlebihan tetap berpotensi membuat kulit semakin mengering. Ini sebabnya orang yang memiliki kulit kering disarankan untuk membatasi penggunaan clay mask sebanyak satu kali seminggu.

    6. Membersihkan kulit dari racun

    Beberapa orang menggunakan bentonit untuk membersihkan racun dari bagian tubuh tertentu, seperti kaki, ketiak, dan wajah. Anda hanya perlu mencampurkan air dengan bubuk bentonit, lalu mengoleskannya pada bagian tubuh yang Anda kehendaki.

    Manfaat clay mask yang ini berkaitan dengan muatan listrik pada tanah liat. Studi menunjukkan tanah liat yang bermuatan negatif dapat berikatan dengan racun bermuatan positif, logam berat, dan zat berbahaya yang berasal dari pencemaran.

    7. Berpotensi meringankan gejala penyakit kulit

    Menurut sebuah studi dalam Iranian Journal of Public Health, losion dengan kandungan bentonit berpotensi meringankan gejala dermatitis dan ruam popok. Studi lainnya pun menunjukkan manfaat bentonit dalam menyembuhkan luka gores.

    Beberapa orang juga menggunakan bentonit untuk meringankan gejala rosacea, eksim (dermatitis atopik), dan psoriasis. Meskipun menjanjikan, belum ada bukti kuat bahwa bentonit dalam clay mask memberikan manfaat yang sama.

    Clay mask merupakan masker berbahan tanah liat yang berfungsi menyerap minyak dan membersihkan kotoran dari kulit. Gunakan masker ini secara rutin dan lengkapi dengan rutinitas skincare harian Anda untuk mendapatkan manfaat yang optimal.

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Patricia Lukas Goentoro

    General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


    Ditulis oleh Diah Ayu Lestari · Tanggal diperbarui 05/08/2021

    Iklan
    Iklan
    Iklan
    Iklan