8 Manfaat Minyak Argan: Rahasia Cantik Gadis Timur Tengah

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 22 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Di Indonesia, penggunaan minyak argan untuk perawatan kecantikan bahkan kesehatan secara keseluruhan mungkin tidak seterkenal minyak zaitun. Tapi tahukan Anda, untuk urusan kecantikan, minyak argan memiliki kandungan vitamin E yang jauh lebih banyak dibandingkan minyak zaitun, loh! Lantas, apa itu minyak argan? Dan apa saja manfaat minyak argan? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

Apa itu minyak argan?

Siapa yang tidak takjub dengan kecantikan para gadis Timur Tengah? Coba perhatikan, kulit mereka tampak lembap bahkan jauh dari kesan kering dan kusam. Selain itu, rambut mereka hitam berkilau dan tampak lembut meskipun mereka tinggal di daerah yang kering. Nah, tahukah Anda, jika salah satu rahasia cantik gadis-gadis Timur Tengah adalah karena mereka rutin menggunakan argan oil atau minyak argan.

Minyak argan adalah minyak yang berasal dari ekstrak biji pohon argan yang hanya tumbuh di daratan Maroko. Minyak argan sering disebut emas cair karena manfaat melembapkan kulitnya yang telah dikenal sejak zaman sebelum masehi.  

Minyak ini kaya dengan vitamin A dan vitamin E. Selain itu, minyak argan juga mengandung antioksidan, asam lemak omega-6, dan asam linoleat. Bila dioleskan ke kulit, trocopherol dari vitamin E, membantu meningkatkan produksi sel untuk meningkatkan kesehatan kulit dan rambut. Inilah sebabnya, mengapa banyak perusahaan kosmetik menjadikan minyak argan sebagai bahan baku ke dalam produk anti penuaan, perawatan rambut, dan perawatan kulit yang memiliki kualitas terbaik.  

Beragam manfaat minyak argan

Jika kebanyakan minyak biasanya meninggalkan bekas lengket, susah meresap, berminyak, dan menutup pori-pori, tetapi hal ini tidak berlaku bagi minyak argan. Minyak ajaib yang satu ini mudah meresap dan tidak berbau. Berikut ini beberapa manfaat minyak argan dalam bidang kecantikan:

1. Melembapkan kulit

Ini merupakan manfaat utama dari minyak argan, yaitu melembabkan kulit. Minyak argan merupakan pelembab alami yang dapat dengan mudah terserap oleh kulit. Membuat kulit kita lebih lentur dan tidak mudah kering.

2. Menghilangkan jerawat

Minyak argan telah terbukti bisa mengurangi kadar sebum pada orang yang memiliki jenis kulit berminyak. Kandungan asam linoleat yang tinggi dalam minyak Argan membantu mengurangi peradangan yang disebabkan oleh jerawat dan sekaligus membantu menyembuhkan sel kulit yang rusak.

3. Menghilangkan garis halus dan keriput

Garis halus dan keriput adalah dua hal yang menjadi momok dan paling dihindari wanita. Tapi tenang, khasiat minyak argan mampu menjaga elastisitas kulit dan merevitalisasi kulit dengan menambah resistensi kelembaban. Jadi, kulit Anda akan lebih bercahaya dan tampak semakin muda.

Selain itu, minyak argan juga mampu memperbaiki kolagen dan elastin kulit. Dua formula tersebut bertanggung jawab untuk menjaga kekencangan kulit, mengurangi garis halus bahkan keriput yang tampak nyata, juga perbaikan kulit yang rusak. Sehingga membuat kulit Anda jadi lebih awet muda.

4. Mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari

Dengan formula antioksidan dan kandungan vitamin E yang sangat tinggi, minyak argan akan melindungi kulit Anda dari efek buruk sinar matahari dan berbagai radikal bebas.

5. Memperkuat kuku

Kuku Anda rapuh? Oleskan saja minyak argan. Nutrisi dalam minyak argan terbukti memiliki manfaat untuk menguatkan kuku yang rapuh sekaligus melembutkan kutikula. Juga dapat mengurangi keriput pada punggung tangan Anda.

6. Perawatan rambut

Minyak argan tidak hanya bermanfaat untuk kulit, tapi juga bagus untuk perawatan rambut. Minyak ini dapat memelihara kelembutan rambut, membuat rambut lembut dan memperbaiki rambut dari rambut bercabang dan ketombe. 

7. Pelembab bibir

Manfaat minyak argan lainnya adalah untuk perawatan bibir Anda. Tidak hanya menyembuhkan bibir pecah-pecah, namun minyak argan juga mampu menjaga bibir Anda agar tetap lembut, halus dan sehat.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Berbagai Penyebab Jamur pada Kuku yang Perlu Anda Ketahui

Kuku rapuh dan menghitam merupakan tanda-tanda infeksi jamur pada kuku. Apa penyebab jamur kuku dan bagaimana cara mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Kesehatan Kulit, Perawatan Kuku 19 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Leher Hitam? Atasi dengan Cara Mudah Ini

Jika memiliki kulit leher hitam, ketahui dulu apa penyebabnya. Setelah itu, cari tahu cara menghilangkan hitam di leher. SImak di sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Kesehatan Kulit 18 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

5 Jenis Minyak Esensial untuk Meringankan Sakit Kepala dan Migrain

Apakah minyak esensial dapat digunakan untuk mengobati sakit kepala dan migrain? Jika iya, minyak esensial apa saja yang bisa digunakan?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Kesehatan Otak dan Saraf, Sakit Kepala 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Waspada Brazilian Blowout, Teknik Meluruskan Rambut dengan Formalin

Smoothing sudah menjadi cara lama untuk meluruskan rambut. Sekarang ada tren Brazilian blowout dengan metode baru. Benarkah lebih aman dilakukan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Kesehatan Kulit 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit



Direkomendasikan untuk Anda

pakai masker wajah setiap hari

Apakah Pakai Masker Wajah Setiap Hari Pasti Bikin Kulit Lebih Mulus?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
skincare anti-aging usia 50 tahun

Baru Pakai Skincare Antiaging Usia 50 Tahun ke Atas, Bermanfaatkah?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
manfaat bentonite clay

Mengenal Bentonite Clay dan Segudang Manfaatnya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
tips waxing di rumah

Tips Melakukan Waxing di Rumah Dengan Bahan-bahan Alami

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit