Mengulik Tren Sheet Mask: Apakah Cocok Buat Semua Orang dan Bolehkah Dipakai Tiap Hari?

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 8 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Tren perawatan kulit ala Korea sedang menjadi pembicaraan hangat. Keinginan memiliki kulit cantik bersinar menjadikan produk-produk kecantikan Korea banyak digemari. Salah satu produk perawatan kulit yang sedang naik daun yaitu sheet mask. Pemakaiannya yang praktis disertai dengan berbagai varian kandungan menjadikan sheet mask salah satu produk andalan yang banyak dimasukkan dalam rutinitas perawatan kulit harian.

Lebih jelasnya, saya akan mengulas beberapa hal yang perlu Anda tahu sebelum rutin merawat kulit dengan produk yang satu ini.

Sebenarnya sheet mask itu apa, sih?

sheet mask korea

Sheet mask adalah masker wajah yang berbentuk lembaran dan biasanya terbuat dari serat alami seperti kertas, katun, selulosa, ataupun pulp kelapa. Lembaran ini biasanya telah melalui proses kimiawi yang diperkaya dengan serum dan air sebagai bahan utamanya. Umumnya, masker ini dibuat dengan berbagai kandungan vitamin, mineral, dan protein tertentu sesuai dengan jenis dan manfaat yang ditawarkan.

Dibandingkan dengan masker biasa, sheet mask hanya bisa digunakan satu kali. Setelah ditempel ke wajah, lembarannya bisa langsung dibuang. Sisa serum yang menempel di wajah dibiarkan meresap tanpa perlu mencuci muka. Sedangkan masker oles biasa bisa digunakan berulang kali dan perlu dibilas dengan air hingga bersih setelah dipakai.

Masker ini juga bisa digunakan oleh siapa pun dari muda hingga tua, baik wanita maupun pria, asal disesuaikan dengan kebutuhan kulit Anda. Untuk penggunaan terbaiknya, sebaiknya pakai masker ini di malam hari karena sifatnya yang padat bisa membuat wajah terkesan mengilap dan berminyak jika digunakan di pagi hari sebelum Anda beraktivitas di luar ruangan.

Manfaat sheet mask untuk kesehatan kulit wajah

bentuk wajah

Secara garis besar, manfaat sheet mask yang utama yakni memberikan kelembapan pada wajah secara intensif. Wajah pun terasa lebih kenyal dan terhindar dari kekeringan. Tambahan vitamin, mineral, dan juga protein pada produk ini juga akan memberikan nilai lebih.

Misalnya pada kulit kusam, sheet mask yang mengandung vitamin C dan Niacinamide bisa memberikan efek bersinar pada kulit. Kandungan tea tree oil dan ekstrak lemon bisa membantu meringankan kulit yang cenderung berjerawat. Sementara produk yang mengandung asam hialuronat dapat membantu memperbaiki kerutan halus di wajah.

Selain itu, sheet mask bermanfaat untuk menyegarkan dan melembapkan kulit secara praktis. Terutama saat Anda sedang bepergian ke daerah yang panas. Cukup tempelkan masker selama 10 hingga 15 menit, kulit sudah kembali segar.

Bolehkah pakai sheet mask setiap hari?

sheet mask

Pada dasarnya, tidak ada batasan maksimal dari penggunaan produk perawatan kulit wajah ini. Hal ini dikarenakan umumnya produk-produk jenis ini memang dirancang aman untuk digunakan setiap hari. Namun, menurut saya Anda cukup menggunakannya satu hingga dua kali saja dalam seminggu. Mengapa? Karena kandungannya yang cukup beragam dan terkadang sifatnya terlalu oklusif atau dapat menghambat terjadinya penguapan air di permukaan kulit.

Sehingga jika dipakai setiap hari kulit malah akan sulit bernapas. Jadi, sebaiknya untuk pemakaian harian untuk melembapkan kulit, pelembap bentuk krim, gel, ataupun losion sudah cukup.

Anda juga bisa menggunakan produk sheet mask yang berbeda-beda, asalkan Anda tidak alergi terhadap kandungan produk tersebut. Oleh karena itu, penting untuk membaca bahan aktif yang tercantum di dalamnya sebelum memutuskan untuk membelinya. Jangan sampai Anda membeli hanya karena tergiur dengan klaim produknya tanpa memikirkan apakah cocok dengan kulit wajah Anda.

Yang perlu diperhatikan sebelum membeli sheet mask

sheet mask masker wajah
Sumber: Ze Square

Hal terpenting yang perlu diperhatikan sebelum membeli sheet mask adalah jenis kulit wajah Anda. Apakah termasuk kering, berminyak, atau kombinasi. Jika Anda memiliki kulit wajah kering, maka pilih jenis masker dengan kandungan vitamin E dan asam asam hialuronat. Sementara itu, untuk Anda yang punya kulit berminyak pilih masker dengan bahan dasar tea tree oil dan juga lemon.

Namun, jika Anda memiliki kulit wajah berminyak, saya sarankan untuk tidak menggunakan produk ini karena dapat menutup pori-pori wajah sehingga membuat kulit Anda semakin berminyak. Sekali lagi, jauh lebih baik Anda pakai pelembap wajah (moisturizer) berbahan dasar gel atau losion yang lebih ringan di kulit.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Was this article helpful for you ?

Artikel dari ahli dr. Dikky Prawiratama, M.Sc, Sp.KK

Setiap Orang Berisiko Kena Penyakit Menular Seksual, Bagaimana Mencegahnya?

Berganti-ganti pasangan berisiko membuat Anda tertular penyakit. Jangan tunda melakukan pencegahan penyakit menular seksual mulai sekarang!

Ditulis oleh: dr. Dikky Prawiratama, M.Sc, Sp.KK
pencegahan penyakit menular seksual
Kesehatan Seksual 22 Januari 2021

Kapan Sebaiknya Kita Berjemur di Pagi Hari?

Berjemur di pagi hari punya banyak manfaat untuk tubuh Anda, tetapi aktivitas ini bisa berakibat buruk jika dilakukan tidak sesuai anjuran.

Ditulis oleh: dr. Dikky Prawiratama, M.Sc, Sp.KK
berjemur di pagi hari
Kesehatan Kulit 3 April 2020

Bolehkah Melakukan Filler Berulang-ulang?

Ketika Anda ingin tampil awet muda, Anda kerap ingin melakukan filler berulang. Namun sebelumnya, Anda perlu memperhatikan hal-hal ini.

Ditulis oleh: dr. Dikky Prawiratama, M.Sc, Sp.KK
filler berulang

Yang juga perlu Anda baca

Mengungkap Serba-serbi Micellar Water, Amankah Bagi Wajah?

Micellar water populer di kalangan makeup artist dan pencinta produk skincare. Namun, apakah produk ini aman dan bermanfaat?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 24 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

5 Tips Memilih Sabun Cuci Muka untuk Kulit Kering

Memilih sabun cuci muka untuk kulit kering tidak bisa sembarangan. Seperti apa produk sabun cuci muka ideal untuk tipe kulit ini?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu Lestari
Perawatan Kulit 23 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

5 Cara Mencerahkan Kulit Siku dan Lutut yang Menghitam

Lutut hitam yang berbeda warna dengan bagian kaki lainnya bisa terasa mengganggu penampilan. Bagaimana cara mencerahkannya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 20 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Apa Saja Skincare yang Dapat Membantu Mengecilkan Pori-Pori?

Pori-pori wajah yang besar memang bisa menganggu penampilan. Lantas, apa saja daftar skincare yang bisa membantu mengecilkan pori-pori besar?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 19 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit



Direkomendasikan untuk Anda

jenis jerawat umum

Jenis Jerawat dan Berbagai Macam Penyebabnya

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 8 menit
kelembapan kulit

Apa yang Membuat Kulit Kehilangan Kelembapan?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 3 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
operasi memperbesar payudara

Operasi Memperbesar Payudara: Biaya, Risiko, dan Prosesnya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Satria Perdana
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit
tidak tumbuh jenggot dan kumis

Penyebab Kumis dan Jenggot Tidak Tumbuh pada Sebagian Pria

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit