home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Jenis Vitamin yang Dapat Memperlambat Penuaan Kulit

5 Jenis Vitamin yang Dapat Memperlambat Penuaan Kulit

Zaman sekarang, banyak orang rela melakukan apa saja agar tetap terlihat muda. Mulai dari membayar mahal produk-produk kulit sampai mungkin operasi plastik dilakukan untuk menghilangkan kerut-kerut. Namun, sebenarnya Anda juga bisa mencegah penuaan kulit dengan cukup menambah asupan berbagai vitamin ini.

Vitamin yang bisa bantu cegah penuaan kulit

Komponen terpenting dalam vitamin yang berguna untuk memperlambat penuaan adalah antioksidan.

Antioksidan diketahui bermanfaat untuk mencegah efek radikal bebas dari kerusakan sel di dalam tubuh dan kulit. Radikal bebas adalah hasil dari proses di dalam tubuh.

Akan tetapi, radikal bebas juga dapat terjadi dari efek terpapar berbagai macam faktor lingkungan, seperti asap rokok, radiasi ultraviolet (UV) dari matahari. Radikal bebas inilah yang mempercepat proses penuaan pada kulit.

Nah, untuk menetralkan sifat radikal bebas tersebut, Anda membutuhkan antioksidan dari berbagai vitamin berikut ini.

1. Vitamin A

Vitamin A memiliki kandungan antioksidan yang dapat menetralisir efek dari oksidasi akibat radikal bebas. Khasiat vitamin ini akan membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dini dengan bantu mengelupas kulit mati serta mengatasi garis-garis kerut.

Dalam produk perawatan kulit, vitamin A juga dikenal dengan sebutan retinol. Namun, Anda bisa juga mendapatkannya dari sumber makanan seperti telur, ikan, dan hati.

Perlu diingat, Anda harus tetap berhati-hati dengan pemakaian suplemen vitamin A. Pasalnya, terlalu banyak vitamin A terutama pada orang-orang usia lanjut dapat menyebabkan osteoporosis dan tulang rapuh. Oleh karena itu, konsultasikan dahulu penggunaannya dengan dokter Anda.

2. Vitamin B

Niacin, salah satu komponen di vitamin B (terutama B3), memiliki beberapa komponen yang dapat membantu memperlambat penuaan. Salah satu caranya adalah dengan membantu kulit Anda meningkatkan kemampuan untuk meregulasi kelembapan pada kulit.

Kulit yang lembap bukan hanya terlihat lebih sehat saja, tapi juga membantu melindungi lapisan kulit dari paparan virus, bakteri, atau mikroba yang lainnya. Niasin juga dapat membantu dalam pengeluapasan sel-sel kulit mati.

Vitamin pencegah penuaan kulit ini bisa didapatkan dari makanan-makanan seperi daging ayam, telur, daging, ikan, kacang-kacangan, dan roti kaya protein.

3. Vitamin K

Semakin Anda bertambah tua, lingkar mata bisa jadi terlihat semakin jelas. Lingkar mata ini terbentuk akibat kapiler-kapiler di sekitar mata Anda bocor atau melar, yang menyebabkan penggumpalan darah.

Vitamin K dapat membantu Anda memperlambat penuaan kulit dengan mengurangi lingkar mata tersebut. Komponennya memiliki kemampuan untuk merapatkan kapiler-kapiler di sekitar mata dan menghancurkan gumpalan-gumpalan darah.

Untuk mendapatkan asupannya, konsumsilah makanan atau produk yang mengandung Vitamin K seperti bayam, kol, brokoli, dan kangkung. Bila perlu, Anda juga bisa minum suplemen atau multivitamin.

4. Vitamin C

Vitamin C adalah sumber dari antioksidan, yang seperti sudah dijelaskan dapat membantu memperlambat penuaan. Bukan hanya menghasilkan antioksidan, vitamin C juga dapat membantu “mengaktifkan” antioksidan lain di dalam tubuh Anda, seperti dari vitamin E.

Selain itu, vitamin C juga dapat membantu mencegah penuaan kulit dengan meningkatkan produksi kolagen. Kolagen adalah elemen di kulit Anda yang bertanggung jawab akan bentuk dan kekuatan kulit Anda. Selain itu, kolagen juga penting dalam penyembuhan luka.

Anda bisa mendapatkan vitamin C dari konsumsi buah dan sayur, seperti jeruk, mangga, kentang, dan lain sebagainya.

5. Vitamin E

Vitamin E (alpha tocopherol) adalah komponen yang larut dalam lemak, yang dapat membantu memperbaiki kulit kering. Fungsinya adalah membantu meregulasi kelembapan kulit dan kadang terdapat dalam sunscreen untuk membantu Anda melindungi kulit dari paparan sinar UV dari matahari.

Seperti vitamin lainnnya, Vitamin E juga merupakan sumber antioksidan yang bermanfaat untuk membantu memperlambat penuaan kulit.

Vitamin E bisa Anda dapatkan dari kacang-kacangan, sayur hijau, minyak dari bunga matahari, gandum, dan minuman berbasis susu. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan vitamin E dari suplemen atau krim kulit.

Krim kulit yang mengandung vitamin saja tidak cukup

Menurut peneliti, masalah dari mengaplikasikan antioksidan ke kulit adalah antioksidan tersebut tidak seluruhnya diserap kulit, atau efek yang dihasilkan hanya bertahan dalam jangka waktu yang sebentar.

Meski klaim di iklan produk kecantikan anti-aging terlihat sangat menjanjikan, hampir semua kandungan antioksidan di dalam produk terdapat dalam konsentrasi yang rendah dan tidak semuanya terserap ke dalam kulit secara sempurna.

Jadi, dianjurkan selain mengaplikasikan berbagai produk krim kulit, jangan lupa juga membantu memperlambat penuaan dari makanan yang Anda makan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber
Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Lika Aprilia Samiadi Diperbarui 14/06/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Patricia Lukas Goentoro
x