home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Kuku Tumbuh Melengkung ke Atas, Apakah Bahaya?

Kuku Tumbuh Melengkung ke Atas, Apakah Bahaya?

Normalnya, kuku akan tumbuh lurus ke depan dengan ujung sedikit ke bawah. Namun, ada pula yang mengalami pertumbuhan kuku yang tidak biasa seperti kuku tumbuh melengkung ke atas (curly toenails). Lantas, apa penyebab kondisi kuku yang satu ini?

Jenis kuku melengkung

Sebelum mengetahui apa penyebab kuku melengkung, kondisi ini ternyata bisa terjadi ketika Anda mengalami masalah kuku di bawah ini.

1. Kuku sendok (spoon nails)

Kuku sendok atau bergelombang merupakan kondisi ketika kuku terasa sangat lembut, tapi tumbuh ke atas hingga bisa menahan tetesan air dari atas. Kondisi yang disebut koilonychia ini umumnya terjadi pada bayi baru lahir. Kabar baiknya, kuku sendok tidak memerlukan pengobatan khusus.

2. Onychogryphosis

Onychogryphosis biasanya terjadi akibat cedera atau infeksi. Penyakit yang dikenal dengan kuku tanduk ini berbentuk melengkung ke atas dan mengeras menyerupai tanduk domba jantan.

3. Sindrom kuku patela (NPS)

Dibandingkan dengan dua lainnya, sindrom kuku patela disebabkan oleh kelainan genetik. Tak hanya membentuk kuku yang bengkok ke atas, sindrom ini bisa memicu masalah tulang pada lutut, siku, dan panggul.

Penyebab kuku tumbuh dan melengkung ke atas

Pada beberapa kasus, kuku melengkung bisa disebabkan oleh masalah kesehatan tertentu. Hal ini mungkin bersifat sementara, seperti infeksi jamur atau psoriasis. Di bawah ini kondisi yang bisa menjadi penyebab mengapa kuku tumbuh ke atas.

1. Anemia defisiensi zat besi

Selain merasa pusing dan kelelahan, kuku berbentuk sendok yang tumbuh ke atas ternyata bisa menjadi pertanda Anda mengalami anemia defisiensi besi.

Bagaimana tidak, zat besi membantu menjaga kesehatan sel, kulit, hingga kuku. Bila tubuh kekurangan nutrisi ini, tentu bisa menyebabkan masalah kuku, seperti kuku sendok.

2. Psoriasis kuku

Dilansir dari National Psoriasis Foundation, sekitar 90% penderita psoriasis mengalami masalah pada kuku mereka. Selain melengkung, kuku Anda bisa menebal atau berlubang.

Anda bisa mengobati psoriasis kuku dengan krim, salep, hingga terapi tertentu. Konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

3. Penyakit Raynaud

Penyakit Raynaud merupakan kondisi langka yang menyebabkan saluran arteri menyempit hingga aliran darah ke bagian tubuh, seperti jari tangan atau kaki, tersumbat. Kondisi ini dapat menyebabkan masalah pada jari, seperti:

  • pertumbuhan kuku abnormal, yaitu tumbuh ke atas,
  • jari tampak pucat dan kebiruan,
  • merasa mati rasa, dingin, atau nyeri, atau
  • adanya sensasi terbakar dan kesemutan.

4. Hemokromatosis

Dikenal sebagai kelainan genetik, hemokromatosis membuat tubuh menyerap terlalu banyak zat besi dari makanan. Sementara itu, seseorang hanya bisa memiliki sekitar 1 gram zat besi dalam tubuh setiap saat.

Maka dari itu, kelainan genetik ini dapat membuat zat besi menumpuk sebanyak 5 gram atau lebih. Akibatnya, pertumbuhan kuku pun ikut terganggu dan salah satunya tumbuh melengkung ke atas.

5. Pengaruh lingkungan

Menurut penelitian yang dimuat dalam The Permanente Journal, kuku sendok yang melengkung ke atas sangat mungkin dipengaruhi oleh produk yang mengandung minyak bumi.

Orang yang sering bekerja dengan produk yang mengandung minyak bumi ternyata berisiko memiliki kuku melengkung, seperti penata rambut. Hal ini juga berlaku pada penduduk yang tinggal di dataran tinggi.

Hal ini dikarenakan udara di tempat yang lebih tinggi mengandung lebih sedikit oksigen. Bila kadar oksigen rendah, tubuh akan menghasilkan sel darah merah yang memerlukan zat besi tambahan. Akibatnya, tubuh pun berisiko kekurangan zat besi.

Cara merawat kuku yang melengkung

tips merawat kuku

Masalah kesehatan yang memicu pertumbuhan kuku melengkung memang beragam. Jadi, ketika merasa ada yang tidak beres dengan kuku Anda, segera periksakan diri ke dokter.

Selain pengobatan dokter, Anda juga perlu berhati-hati dalam merawat kuku. Kuku yang tumbuh ke atas lebih mudah patah dan rentan infeksi.

Oleh sebab itu, Anda perlu perhatian ekstra ketika memelihara kuku yang ini. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memiliki kuku yang tumbuh ke atas, yakni:

  • gunakan gunting kuku yang kuat dan tajam,
  • rajin memotong kuku seminggu sekali untuk mencegah kuku patah,
  • hindari memotong kuku saat kondisinya basah,
  • rutin membersihkan kuku untuk menghindari pertumbuhan jamur kuku,
  • pakai pelembap kuku bila dibutuhkan,
  • tidak memakai kaus kaki berbahan tipis yang memberikan gesekan pada kuku,
  • gunakan sepatu dengan ukuran yang pas, dan
  • konsumsi makanan yang menutrisi kuku.

Bila memiliki pertanyaan lebih lanjut, silakan hubungi dokter guna mendapatkan solusi yang tepat bagi Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Kumar, V., Aggarwal, S., Sharma, A., & Sharma, V. (2012). Nailing the diagnosis: koilonychia. The Permanente journal, 16(3), 65. Retrieved 27 April 2021. 

Hands, Feet & Nails. (n.d). National Psoriasis Foundation. Retrieved 27 April 2021, from https://www.psoriasis.org/hands-feet-nails/ 

Raynaud’s. (n.d). National Heart, Lung, and Blood Institute . Retrieved 27 April 2021, from https://www.nhlbi.nih.gov/health-topics/raynauds 

Ames, H. (2021). What causes curved nails?. Medical News Today. Retrieved 27 April 2021, from https://www.medicalnewstoday.com/articles/curved-nails 

12 Nail Changes a Dermatologist Should Examine. (n.d). American Academy of Dermatology. Retrieved 27 April 2021, from https://www.aad.org/public/everyday-care/nail-care-secrets/basics/nail-changes-dermatologist-should-examine 

Frothingham, S. (2018). Toenails That Grow Upward. Healthline. Retrieved 15 February 2019, from https://www.healthline.com/health/toenails-that-grow-upward

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui 05/08/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro