home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Cara Ampuh dan Sederhana untuk Mengatasi Cantengan

5 Cara Ampuh dan Sederhana untuk Mengatasi Cantengan

Cantengan adalah kondisi yang terjadi saat kuku tumbuh ke dalam hingga menusuk kulit di sekitarnya. Biasanya, cantengan terjadi pada jempol kaki dan menyebabkan rasa sakit, kemerahan, serta bengkak. Anda perlu melakukan berbagai pengobatan baik dari dokter maupun perawatan rumahan demi mempercepat penyembuhan. Berikut ini berbagai cara mengatasi cantengan yang bisa Anda coba.

Berbagai cara mengatasi cantengan

Ada berbagai cara, baik menggunakan obat dokter maupun perawatan rumahan, yang bisa membantu mengatasi cantengan. Yang sudah terbukti membantu mengatasi cantengan yaitu:

1. Mengoleskan salep atau krim antibiotik

asam fusidat fucidic acip salep luka kulit terbuka

Mengoleskan salep atau krim antibiotik yang dijual bebas di pasaran dapat mempercepat penyembuhan dan membantu mengurangi risiko infeksi. Gunakan sesuai dengan petunjuk pemakaian yang tertera di kemasan. Neosporin, Polysporin, dan Bactroban adalah berbagai jenis salep yang bisa digunakan untuk mengatasi cantengan.

2. Minum obat pereda nyeri

aspirin dan ibuprofen

Cara mengatasi cantengan yang kedua ialah dengan mengonsumsi pereda nyeri yang dijual bebas seperti acetaminophen (paracetamol) atau ibuprofen. Mengonsumsi obat pereda nyeri membantu meredakan sakit yang mengganggu dan juga membantu mengurangi pembengkakan.

3. Merendam kaki dengan air garam

merendam kaki

Selain menggunakan obat dan salep, Anda bisa mencoba cara alami untuk meredakan rasa sakit dan juga bengkak akibat cantengan. Caranya dengan merendam kaki di larutan air garam hangat selama kurang lebih 15 menit setiap hari, sebanyak 2 sampai 3 kali dalam sehari.

4. Membalut dengan perban

jempol kaki bengkak
Sumber: Readers Digest

Usahakan untuk menutup jari kaki yang cantengan dengan perban. Hal ini dilakukan agar kuku tetap bersih dan terhindar dari kotoran yang mungkin masuk dan menginfeksi. Selain itu, hal ini juga dilakukan agar kuku kaki mendapatkan bantalan ekstra dan tidak lecet jika terkena sepatu atau sendal yang permukaannya keras.

5. Menggunakan alas kaki yang nyaman

kaus kaki dan sepatu khusus diabetes

Usahakan untuk menggunakan alas kaki yang nyaman dan tidak menambah rasa sakit pada kuku yang sedang cantengan. Gunakan alas kaki dengan bantalan yang empuk terutama di sisi dekat jempol yang sedang cantengan. Hindari sepatu yang menekan jempol seperti sepatu hak tinggi dan jenis lainnya yang serupa.

Saat sedang cantengan, sebaiknya gunakan sandal agar kuku tidak semakin tertekan sepatu.

Jika rasa sakit tidak kunjung hilang dan kondisinya justru semakin parah dari hari ke hari segera kunjungi dokter. Cantengan yang sudah terinfeksi perlu ditangani oleh dokter podiatri atau ahli penyakit kaki.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

10 Ways to Treat Ingrown Toenails

https://www.everydayhealth.com/foot-health/treating-ingrown-toenails.aspx accessed in August 20th 2018

Ingrown Toenail: Remedies, When to See Your Doctor, and More

https://www.healthline.com/health/ingrown-toenail-remedies accessed in August 20th 2018

 

Foto Penulis
Ditulis oleh Widya Citra Andini pada 07/09/2018
Ditinjau oleh dr. Damar Upahita - Dokter Umum
x