home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

6 Trik Agar Kuteks Cepat Kering Tanpa Memakan Waktu Banyak

6 Trik Agar Kuteks Cepat Kering Tanpa Memakan Waktu Banyak

Menggunakan kutek memang bisa membuat penampilan kuku Anda jadi lebih indah. Sekarang ini, banyak produk kutek yang bisa Anda pakai dengan mudah di rumah. Namun, momen yang bikin Anda agak ribet saat menggunakan kutek adalah momen menunggu cat kuku tersebut sampai kering. Kadang, hal ini membuat Anda tidak bisa melanjutkan pekerjaan lain. Nah, sebenarnya ada cara mengeringkan kutek dengan cepat tanpa buang banyak waktu.

Tips agar kutek cepat kering

1. Menggunakan hair dryer

Sumber: Sangbe

Kebanyakan salon sering menggunakan hair dryer sebagai alat untuk mengeringkan kutek Anda dengan cepat. Nah, Anda juga bisa melakukan hal yang sama jika pakai kutek dirumah agar cepat kering.

Namun, perlu diingat ya, atur hair dryer supaya mengeluarkan udara dingin, bukan panas. Jika menggunakan suhu yang agak hangat, seperti yang biasa Anda gunakan untuk mengeringkan rambut, alhasil cat kuku akan sulit menyatu.

Pertama-tama, Anda oleskan terlebih dahulu cat kuku pada salah satu tangan. Kemudian, keringkan dengan menggunakan hair dryer. Lalu, Anda bisa kembali mengecat kuku pada jari tangan satunya dan mengeringkannya kembali.

2. Memakai top coat yang cepat kering

Top coat adalah penutup atau pelindung kuteks agar bertahan lebih lama. Nah, usahakan untuk memilih jenis top coat yang cepat kering.

Biasanya, Anda bisa membelinya di website-website produk kecantikan dan terdapat label yang menjawab pertanyaan Anda. Nah, selain membantu proses pengeringan, top coat kutek juga memberikan kilauan pada kuku Anda dan mencegah kecacatan pada cat kuku Anda.

3. Mencelupkan ke air dingin

minum air dingin

Walaupun tips ini sebenarnya membutuhkan usaha yang lebih banyak ketika memakai kuteks, tentu tidak ada salahnya untuk dicoba, bukan?

Sebelum mengecat kuku Anda, ambillah mangkok kecil dan isi dengan air keran yang dingin. Jika kurang, Anda bisa menambahkan 1-2 es batu dan letakkan mangkok dekat dengan Anda.

Setelah berhasil mengecat kuku Anda, tunggu sampai 2 menit lalu masukkan jari-jari Anda ke dalam mangkok tadi selama 5 menit. Air dingin akan membantu Anda untuk memadatkan kuteks Anda.

4. Baby oil

manfaat baby oil

Selain untuk membersihkan komedo, baby oil juga ampuh sebagai salah satu cara untuk mengeringkan kutek dengan cepat. Tidak hanya baby oil, Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun untuk membantu proses ini.

  • Cobalah untuk menuangkan minyak yang ingin Anda gunakan pada botol atau wadah obat tetes agar mempermudah Anda untuk menakarnya.
  • Setelah selesai mengecat kuku Anda, teteskan 1-2 tetes pada setiap kuku
  • Tunggu selama 1-2 menit.

Jika Anda sudah bisa melihat manik-manik pada kuku Anda, bersihkan minyak tersebut dengan tisu kertas. Biasanya, metode ini sangat ampuh, terutama pada kutek yang tidak terlalu padat.

5. Pakai kuteks tipis-tipis

kuku kuning akibat kuteks

Alternatif lain agar cat kuku Anda cepat kering adalah dengan tidak mengecatnya terlalu tebal. Cobalah untuk mengolesi kutek pada kuku Anda dengan tipis. Setelah kering, barulah Anda bisa mengecat lapisan baru di atasnya.

Selain mengeringkan dengan cepat, cara ini juga membuat kutek Anda terlihat jauh lebih merata dibandingkan mengecatnya dua atau tiga lapis dalam satu waktu.

6. Menggunakan drying drops

Berbeda dengan top coat, drying drop hanya berfungsi untuk mempercepat proses pengeringan pada cat kuku Anda. Berbahan dasar minyak, cairan ini membaur dengan kutikula kuku Anda. Perlu diingat bahwa drying drops hanya mengeringkan kutek pada bagian atas saja.

Oleh karena itu, dibutuhkan waktu sekitar 2-3 menit untuk benar-benar memastikan bahwa cat kuku Anda kering sepenuhnya.

Intinya, cara mengeringkan kutek dengan cepat pun membutuhkan kesabaran karena tidak memiliki hasil yang sangat instan. Oleh karena itu, untuk hasil lebih baik, usahakan untuk tetap menunggu selama beberapa menit agar cat kuku Anda benar-benar kering.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Nail Polish Drying Hacks That’ll Get You Out The Door Faster https://www.huffingtonpost.ca/2016/08/17/nail-polish-drying-hacks_n_11572898.html accessed May 28, 2019.

How to Make Nail Polish Dry Faster https://www.healthline.com/health/how-to-dry-nails-faster#4 accessed May 28, 2019

5 Simple Ways to Dry Nail Polish Faster https://www.prevention.com/beauty/makeup/a20438703/manicure-tips-how-to-dry-nail-polish-faster/ accessed May 28, 2019.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Nabila Azmi Diperbarui 11/06/2019
Ditinjau secara medis oleh dr Damar Upahita
x