home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Freckles

Definisi freckles (bintik-bintik kulit)|Tanda dan gejala|Penyebab|Faktor-faktor risiko|Diagnosis dan pengobatan|Pengobatan di rumah
Freckles

Definisi freckles (bintik-bintik kulit)

Freckles adalah bintik-bintik coklat yang muncul pada kulit. Terkadang, bintik-bintik yang muncul dapat bervariasi dalam tampilan dan bentuk, misalnya kemerahan, kuning, coklat, coklat muda, hingga hitam.

Ada dua jenis bintik-bintik kulit, yaitu bintik-bintik normal dan bintik-bintik sunburn. Sunburn freckles terlihat lebih gelap dan besar serta muncul pada area yang sering terkena paparan sinar matahari, seperti punggung atas dan bahu.

Kondisi ini umumnya tidak membahayakan kesehatan Anda. Namun dalam beberapa kasus yang jarang terjadi dan lebih serius, bintik-bintik ini bisa menjadi pertanda adanya potensi kanker kulit.

Seberapa umumkah bintik-bintik kulit (freckles)?

Bintik-bintik coklat atau freckles sangat umum terjadi. Meski dapat terjadi pada anak-anak berusia 1 – 2 tahun, kondisi ini lebih banyak terjadi pada orang berkulit dan berambut terang daripada yang berkulit lebih gelap.

Hal tersebut dikarenakan adanya perbedaan pada produksi hormon di dalam tubuh.

Bintik-bintik pada kulit merupakan kondisi yang dapat diatasi dengan cara mengendalikan faktor risikonya. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai kondisi ini, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter.

Tanda dan gejala

Freckles ditandai dengan munculnya bintik-bintik kecil pada kulit yang berwarna lebih gelap daripada area sekitarnya. Saat terkena paparan sinar matahari, bintik-bintik tersebut lebih jelas terlihat.

Bercaknya kerap kali muncul berkelompok, dan paling sering muncul pada pipi, hidung, lengan dan bahu atas. Beberapa ahli menyatakan bahwa paparan sinar matahari meningkatkan jumlah bintik-bintik pada kulit.

Kapan harus periksa ke dokter?

Freckles tidak memerlukan penanganan karena tidak berbahaya. Namun, kondisi ini dapat mempengaruhi penampilan Anda dalam jangka waktu panjang.

Apabila Anda khawatir apakah kondisi tersebut akan hilang atau tidak, konsultasikan kepada dokter kulit guna mendapatkan solusinya.

Tubuh setiap orang menunjukkan tanda dan gejala yang bervariasi. Untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan sesuai, selalu periksakan apa pun kondisi kesehatan kepada dokter atau pusat layanan kesehatan terdekat.

Penyebab

Bintik-bintik kulit atau freckles adalah sel-sel kulit yang mengandung warna kulit, yaitu melanin. Melanin adalah zat kimia yang cukup serius, yaitu sama dengan melanosit.

Sinar matahari berpotensi membahayakan kulit Anda karena dapat memperparah bintik-bintik pada kulit. Terlalu banyak sinar matahari juga dapat menyebabkan kulit Anda menghitam, terbakar, dan belang.

Oleh karena itu, kulit manusia bergantung pada salah satu pelindung utama kulit, yaitu melanin. Melanin berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan ultraviolet dengan cara memantulkan atau justru menyerap.

Pada dasarnya, melanin terdiri dari dua jenis yaitu pheomelanin dan eumelanin. Eumelanin dapat melindungi kulit dari radiasi ultraviolet pada matahari, sedangkan pheomelanin tidak.

Selain itu, faktor genetik berperan besar dalam kemunculan bintik-bintik pada kulit.

Jenis melanin yang diproduksi tubuh dipengaruhi oleh sebuah gen bernama MC1R. Orang-orang dengan kulit, rambut, dan warna mata yang gelap biasanya memproduksi eumelanin lebih banyak dibanding dengan orang berkulit dan berambut.

Selain itu, orang-orang yang terlahir dengan rambut merah, pirang, atau cokelat terang dan berkulit putih lebih banyak memproduksi pheomelanin di dalam tubuhnya.

Itulah sebabnya, freckels lebih banyak muncul pada orang berkulit dan berambut putih sejak lahir.

Luka bakar akibat matahari (sunburn) dapat memperburuk gejala bintik-bintik kulit. Kondisi ini mendorong sel melanosit untuk menghasilkan lebih banyak melanin sebagai respons alami untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat matahari.

Faktor-faktor risiko

Kondisi kulit ini dapat terjadi pada hampir setiap orang, terlepas dari apa kelompok usia dan golongan rasnya. Namun, terdapat beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang untuk mengalami kondisi kulit ini.

Perlu diketahui bahwa memiliki salah satu atau beberapa faktor risiko bukan berarti Anda dipastikan akan mengalami kondisi ini. Dalam beberapa kasus, terdapat kemungkinan kecil bahwa suatu kondisi dapat Anda alami tanpa satu pun faktor risiko.

Di bawah ini faktor-faktor risiko yang dapat memicu kemunculan bintik-bintik kulit atau freckles.

1. Keturunan keluarga

Bintik-bintik kulit dapat diturunkan secara genetik. Ini artinya, jika orang tua Anda memiliki bintik-bintiknya pada wajah dan berlangsung cukup lama, kemungkinan Anda untuk mengalami kondisi ini pun akan lebih besar.

2. Ras

Orang dengan warna kulit dan rambut lebih terang memiliki melanin yang jauh lebih sedikit. Ketika cahaya matahari menyebabkan melanosit memproduksi lebih banyak melanin, kulit justru akan mengembangkan bintik-bintik hitam.

Maka itu, orang dari ras kulit putih akan lebih mudah memiliki freckles dibandingkan dengan orang-orang berkulit gelap.

3. Terpapar sinar matahari terlalu lama

Bintik-bintik pada wajah terbentuk akibat adanya paparan sinar matahari. Radiasi ultraviolet dari matahari dapat mendorong melanosit untuk menghasilkan melanin lebih banyak. Hal tersebut ternyata berakibat pada kulit.

Orang-orang yang sering terpapar sinar matahari karena hampir setiap hari beraktivitas di luar rumah lebih rentan mengalami kondisi ini.

4. Menjalani terapi atau perawatan hormonal

Orang-orang yang melakukan terapi dan perawatan untuk mengendalikan atau menambah hormon, seperti wanita yang menjalani terapi hormon setelah menopause.

Jadi, apabila Anda pernah menjalani pengobatan tersebut, kulit Anda mungkin akan memiliki kerentanan yang lebih terhadap paparan sinar matahari.

Diagnosis dan pengobatan

Bagaimana mendiagnosis bintik-bintik kulit (freckles)?

Bintik-bintik kulit atau freckles terlihat jelas. Namun, tampilannya terkadang sangat menyerupai tanda atau corak lain yang dapat muncul pada tubuh, seperti tahi lalat dan sun spot.

Sun spot, liver spot, atau age spot disebabkan oleh paparan sinar matahari sehingga bentuknya kurang lebih menyerupai freckles.

Sun spot biasanya berukuran jauh lebih besar dan lebih jelas apabila dibandingkan dengan kondisi ini. Selain itu, sun spot umumnya muncul pada kulit orang dewasa dan lansia.

Jika bintik-bintik hitam cenderung lebih banyak ditemukan pada orang-orang berkulit dan berambut terang, sun spot dapat terjadi pada orang-orang dengan warna kulit dan rambut yang jauh lebih beragam.

Selain itu, tahi lalat atau moles juga memiliki bentuk yang menyerupai bintik-bintik hitam. Tahi lalat biasanya akan muncul sejak lahir meskipun lebih banyak orang yang baru memilikinya seiring bertambahnya usia.

Bintik-bintik pada kulit sebenarnya tidak perlu penanganan medis lebih lanjut jika memang tidak berbahaya. Namun, ada kemungkinan terjadinya kanker kulit di bagian tubuh dengan kondisi tersebut.

Bagaimana bintik-bintik kulit ditangani?

Freckles tidak berbahaya dan tidak memerlukan perawatan. Jika Anda merasa frustrasi atau tidak percaya diri karena bintik-bintik kulit dan merasa membutuhkan perawatan, beberapa metode dapat membantu menghilangkan bintik-bintik dengan efektif.

Di bawah ini ragam metodenya.

1. Prosedur laser

Perawatan dengan laser menggunakan cahaya berkekuatan tinggi dan terfokus pada area kulit yang mengalami kerusakan. Terdapat beberapa tipe dari prosedur laser.

Menurut sebuah studi pada 2015, laser jenis 1064 Q-Switched Nd YAG terbukti efektif mengatasi bintik-bintik pada kulit.

Pada umumnya, perawatan dengan laser sangat aman. Risiko terjadinya luka atau inflamasi termasuk rendah. Namun, terdapat beberapa efek samping yang mungkin akan timbul, seperti:

  • gatal-gatal,
  • bengkak,
  • ruam kemerahan,
  • kulit kering dan mengelupas,
  • infeksi, serta
  • perubahan warna kulit.

Jika memiliki riwayat penyakit herpes mulut, Anda mungkin akan diminta minum obat antivirus sebelum menjalani prosedur laser. Hal ini disebabkan cahaya laser berpotensi mengaktifkan virus herpes di sekitar mulut.

Tim medis akan meresepkan krim atau obat lain sebelum prosedur laser dijalankan. Anda mungkin juga akan diminta untuk menghentikan beberapa jenis pengobatan lain.

2. Cryosurgery

Cryosurgery menggunakan nitrogen cair untuk membekukan dan menghancurkan sel-sel kulit yang tidak wajar. Teknik ini juga termasuk aman dilakukan, meski terdapat beberapa efek samping seperti hipopigmentasi, pendarahan, dan luka.

3. Krim pemutih atau pemudar

Krim pemudar atau pemutih tersedia di apotek atau berdasarkan resep dokter. Krim pemudar ini kebanyakan mengandung hydroquinone, sebuah bahan yang dapat menekan produksi melanin dan mencerahkan area kulit yang gelap.

4. Krim retinoid

Krim retinoid merupakan variasi dari vitamin A. Fungsinya untuk memperbaiki kulit yang terbakar matahari serta mencerahkan freckles. Retinoid diyakini memiliki fungsi photoprotection dengan cara menyerap radiasi ultraviolet B.

Beberapa efek samping yang mungkin timbul setelah berhenti menggunakan krim retinoid yakni kulit kemerahan, kering, iritasi, kulit mengelupas, dan jauh lebih sensitif.

5, Chemical peel

Chemical peel yaitu larutan kimia yang digunakan untuk mengeksfoliasi dan mengelupas bagian kulit yang terdampak.

Untuk menghilangkan freckles, chemical peeling akan mengandung asam glikolik dan asam trikloroasetik. Pada umumnya, kulit akan pulih dengan sendirinya selama 2 minggu.

Pengobatan di rumah

Selain dengan obat-obatan dan penanganan medis, Anda juga dapat melakukan perubahan gaya hidup, perawatan, atau pengobatan rumahan sederhana yang dapat Anda coba. Di bawah ini daftarnya.

1. Rajin mengenakan sunblock dan sunscreen

Sunblock dan sunscreen mungkin tidak dapat menghilangkan bintik-bintik hitam yang ada. Namun, keduanya dapat melindungi kulit dan mencegah agak bintik-bintik baru muncul.

Anda sebaiknya menggunakan satu dari dua tabir surya itu setiap kali pergi keluar rumah meskipun cuacanya sedang mendung. Selain itu, tabir surya yang Anda pilih harus memiliki SPF di atas 30.

Aplikasikan tabir surya pada kulit 15 menit sebelum Anda beraktivitas di luar rumah. Setelah 2 jam, ulangi pengaplikasiannya. Anda juga sebaiknya menggunakan tabir surya setelah mandi atau berkeringat akibat olahraga.

2. Selalu kenakan pelindung seperti kacamata dan topi

Untuk mengurangi risiko kulit terbakar, Anda dapat mengenakan pakaian yang dapat melindung tubuh Anda dari paparan sinar matahari berlebih. Anda bisa menggunakan kacamata hitam, jaket, sarung tangan, atau topi.

3. Kurangi paparan sinar matahari di jam tertentu

Sebisa mungkin, hindari paparan sinar matahari pada jam 10 pagi hingga 4 sore. Matahari di waktu-waktu tersebut sangat berbahaya dan berisiko meninggalkan sunburn.

Kalau memang harus keluar rumah, pastikan Anda menemukan tempat untuk berteduh atau mendinginkan tubuh untuk sementara, seperti di kafe.

4. Menggunakan bahan-bahan rumahan

Anda juga dapat memanfaatkan bahan-bahan makanan yang terdapat di rumah untuk mengatasi freckles. Bahan-bahan tersebut meliputi air lemon, madu, hingga bawang bombay.

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter kulit untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

What are freckles?. (n.d.). Kids Health. Retrieved 27 April 2021, from http://kidshealth.org/en/kids/freckles.html.

Younes, A., Mohammed, E., Tawfik, K. M., et al. 2015. The Effect of 3 Sessions of Q Switched Neodymium: Yttrium–Aluminum– Garnet Laser in the Treatment of Freckles. Journal of Pigmentary Disorders, 2(7). Retrieved 27 April 2021.

Brown spots and freckles. (2018). DermNet NZ.  https://dermnetnz.org/topics/brown-spots-and-freckles/

MC1R gene. (n.d.). Medline Plus Genetics. Retrieved 27 April 2021, from https://medlineplus.gov/genetics/gene/mc1r/

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Shylma Na'imah Diperbarui 24/05/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita