Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat Pakai Krim, Memangnya Ampuh?

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 28 September 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Jerawat tak cuma menjengkelkan saat muncul, tetapi juga saat sudah menghilang dan meninggalkan bekas. Bekas jerawat ada yang kemerahan atau kehitaman di wajah hingga bopeng yang membuat tekstur kulit tidak rata. Dibandingkan dengan noda kemerahan dan kehitaman, menghilangkan bopeng bekas jerawat jauh lebih sulit. Berbagai perawatan diklaim mampu menghilangkan bopeng bekas jerawat, termasuk krim. Namun, apa benar bopeng bekas jerawat bisa hilang hanya dengan krim?

Penyebab bopeng bekas jerawat

cara menghilangkan bopeng bekas jerawat

Bopeng jerawat atau dalam istilah medis disebut dengan skar akne atrofi (atrophic acne scar) adalah kelainan kulit yang bisa muncul ketika jerawat menyebabkan luka di kulit. Sayangnya, sel kulit tidak mampu memproduksi kolagen yang cukup untuk mengisi area yang rusak. Akibatnya, terjadilah indentasi (cekungan) di kulit.

Dalam kasus lainnya, jerawat juga bisa menyebabkan kulit memproduksi terlalu banyak kolagen sehingga yang terjadi justru sebaliknya. Permukaan kulit bekas jerawat terisi secara berlebihan hingga bentukannya menonjol atau yang disebut dengan skar akne hipertrofik (hypertrophic acne scar).

Bisakah menghilangkan bopeng bekas jerawat dengan krim?

efek samping krim steroid

Pada umumnya, krim tidak akan bisa menghilangkan bopeng bekas jerawat atau skar akne atrofik. Krim hanya mengurangi penampakan dan warna gelap yang ditimbulkan. Pasalnya, krim tidak akan bisa menutup cekungan akibat bopeng.

Dibutuhkan jenis perawatan lain selain krim untuk dapat menghilangkan bopeng bekas jerawat. Namun, sebelum memilih perawatan yang tepat untuk bopeng bekas jerawat jenis ini, saya akan memberi tahu Anda jenis-jenis skar akne atrofik:

  • Boxcar, bopeng dengan bentuk lebar seperti huruf U dan memiliki sisi yang tegas. Bopeng jenis ini bisa dalam bisa juga dangkal.
  • Ice pick, skar ini berbentuk seperti huruf V dan umumnya cukup dalam. Jenis bopeng yang satu ini paling sulit untuk dikembalikan seperti semula karena memiliki cekungan yang cukup dalam.
  • Rolling, bentuk bopeng biasanya cukup lebar dengan tepi yang membulat dan tidak beraturan.

Selain krim, adakah cara lain untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat?

perawatan wajah dermabrasi

Selain krim, cara menghilangkan bopeng bekas jerawat memang tergantung dari jenisnya. Maka, tidak ada satu metode pengobatan yang bisa mengatasi semua jenis bopeng sekaligus. Biasanya cara paling efektifnya adalah dengan melakukan kombinasi beberapa pengobatan seperti:

Krim

Krim wajah yang mengandung AHA, asam laktat, dan retinoid. Sekali lagi saya tegaskan, penggunaan krim tidak bisa mengembalikan kulit yang bopeng menjadi rata kembali. Krim hanya digunakan untuk memperbaiki tampilan warna pada bopeng yang biasanya menggelap.

Dermabrasi

Dermabrasi adalah teknik pengelupasan kulit menggunakan alat yang berputar di permukaan kulit wajah. Tujuannya, untuk mengangkat kulit terluar wajah. Terapi yang satu ini bermanfaat untuk mengatasi skar akne atrofi dengan cekungan yang dangkal.

Chemical peeling

Chemical peeling adalah teknik mengangkat sel kulit mati yang menggunakan krim khusus berbahan dasar kimia. Peeling yang digunakan adalah jenis asam yang cukup kuat untuk menembus kulit hingga beberapa lapisan ke bawah. Oleh karena itu wajib dilakukan di klinik kesehatan kulit dan ditangani oleh dokter yang berpengalaman.

Laser resurfacing

Laser resurfacing adalah penggunaan laser CO2 fraksional, Erbium, dan bahan lainnya untuk mengatasi struktur kulit yang tidak sempurna sehingga kulit baru sehat yang lebih rata bisa tumbuh.

Dermal filler

Dermal filler biasanya dipilih untuk bopeng bekas jerawat tipe boxcar dan rolling. Filler dapat menggunakan asam hialuronat, atau lemak dari dalam tubuh sendiri maupun kolagen untuk disuntikkan ke bawah kulit yang mengalami bopeng. Gunanya untuk mengangkat area yang mengalami cekungan.

Microneedle therapy

Terapi yang satu ini dilakukan dengan menggunakan jarum-jarum kecil yang ditusuk dengan kedalaman tertentu ke dalam kulit. Tujuannya untuk merangsang terbentuknya kolagen baru pada area skar akne atrofik.

Operasi minor kulit

Biasanya cara ini dilakukan untuk bopeng bekas jerawat yang besar dan tidak mempan diatasi dengan perawatan-perawatan yang telah disebutkan sebelumnya.

Cara mencegah bopeng bekas jerawat

ipl treatment cara menghilangkan jerawat

Bopeng memang tidak membahayakan Anda. Namun, hal ini biasanya bisa menurunkan kepercayaan diri Anda karena malu dengan kondisi kulit wajah yang tidak rata.

Agar Anda tidak perlu repot dan pusing memikirkan perawatan apa yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat, cara terbaiknya ialah dengan mencegah kemunculannya. Ini dia yang perlu Anda lakukan.

Rajin cuci muka

Cuci muka dua kali sehari pada pagi dan malam hari membantu mencegah timbulnya jerawat yang bisa menyebabkan skar akne baik atrofik maupun hipertrofik. Gunakan sabun wajah yang mengandung benzoil peroksida dan sulfur yang mampu membersihkan bakteri penyebab jerawat di wajah.

Jangan memencet jerawat

Ini dia kebiasaan yang sangat sulit dihilangkan untuk sebagian orang, memencet jerawat. Jika tidak ingin memiliki bopeng bekas jerawat di kulit wajah Anda, jangan sekali-kali memencetnya saat sedang meradang apalagi dengan tangan yang kotor. Sebaiknya, oleskan krim yang mengandung benzoil peroksida atau sulfur.

Akan tetapi, jika jerawat tidak kunjung kempes segera kunjungi dokter Spesialis Kulit dan Kelamin (Sp.KK) untuk mendapatkan perawatan yang lebih tepat sesuai jenis jerawat yang  Anda miliki.

Pakai tabir surya

Menghindari paparan sinar UV berlebih dari matahari dengan tabir surya menjadi salah satu cara yang bisa Anda terapkan untuk mencegah bopeng yang telah ada menjadi semakin kurang enak dilihat. Pasalnya, sinar UV dapat menyebabkan bopeng bekas jerawat menjadi lebih gelap dan memperparah luka cekungan pada bopeng.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy

Artikel dari ahli dr. Dikky Prawiratama, M.Sc, Sp.KK

Kapan Sebaiknya Kita Berjemur di Pagi Hari?

Berjemur di pagi hari punya banyak manfaat untuk tubuh Anda, tetapi aktivitas ini bisa berakibat buruk jika dilakukan tidak sesuai anjuran.

Ditulis oleh: dr. Dikky Prawiratama, M.Sc, Sp.KK
berjemur di pagi hari
Hidup Sehat, Tips Sehat 3 April 2020

Bolehkah Melakukan Filler Berulang-ulang?

Ketika Anda ingin tampil awet muda, Anda kerap ingin melakukan filler berulang. Namun sebelumnya, Anda perlu memperhatikan hal-hal ini.

Ditulis oleh: dr. Dikky Prawiratama, M.Sc, Sp.KK
filler berulang
Perawatan Kulit, Hidup Sehat 9 Desember 2019

Suntik Vitamin C untuk Mencerahkan Kulit, Benarkah Aman dan Efektif?

Banyak orang ikut-ikutan melakukan suntik vitamin C untuk mencerahkan kulit tanpa tahu faktanya. Agar tak salah langkah, yuk simak informasi dari ahlinya.

Ditulis oleh: dr. Dikky Prawiratama, M.Sc, Sp.KK
glass skin
Hidup Sehat, Kecantikan 31 Oktober 2019

Yang juga perlu Anda baca

Panduan Memilih Sabun Muka Terbaik untuk Wajah Berjerawat

Mencuci muka jadi langkah penting agar jerawat di wajah tidak bertambah parah. Jangan asal beli, yuk ikuti panduan membeli sabun muka untuk jerawat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Jerawat, Health Centers 24 Januari 2020 . Waktu baca 5 menit

Bekas Jerawat

Noda bekas jerawat hitam merupakan keluhan dari sebagian besar orang. Ketahui cara untuk mengatasinya dan juga penyebabnya agar dapat dihindari.

Ditulis oleh: Roby Rizki
Konten Bersponsor
bekas jerawat hitam
Dermatologi, Jerawat 23 Januari 2020 . Waktu baca 7 menit

Seberapa Ampuh Minyak Zaitun Ampuh Mengobati Jerawat dan Bekasnya?

Minyak zaitun menjadi produk serba guna yang banyak digunakan untuk kecantikan termasuk mengatasi jerawat. Namun, jangan asal pakai sebelum tahu faktanya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Jerawat, Health Centers 16 Januari 2020 . Waktu baca 6 menit

Mitos Bekas Jerawat yang Harus Diketahui

Mitos bekas jerawat ini perlu Anda ketahui. Pastikan apakah perawatan dan perlakuan terhadap bekas jerawat yang sudah dilakukan adalah mitos atau fakta.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Konten Bersponsor
mitos bekas jerawat
Perawatan Kulit, Hidup Sehat 15 Januari 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cuci muka dengan sabun mandi

Memangnya Boleh Cuci Muka Pakai Sabun Mandi?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 22 September 2020 . Waktu baca 3 menit
arti SPF dan PA dalam sunscreen

Waktu Penggunaan Sunscreen yang Tepat Demi Kulit yang Lebih Sehat

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 16 Maret 2020 . Waktu baca 3 menit
Konten Bersponsor
cara menyamarkan bekas jerawat

Apakah Bekas Jerawat Membandel Bisa Hilang Total?

Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2020 . Waktu baca 5 menit
Konten Bersponsor
memperbaiki tekstur kulit wajah

Tips dan Trik Menghaluskan Tekstur Wajah yang Tidak Rata Akibat Bekas Jerawat

Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 24 Januari 2020 . Waktu baca 4 menit