Pityriasisrosea

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 13 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Definisi

Apa itu pityriasisrosea?

Pityriasisrosea adalah ruam kulit umum. Ruam ini biasanya berbintik-bintik dan memiliki bentuk lingkaran atau oval dengan ukuran sekitar 2,5 sampai 5 cm. Ruam ini umumnya muncul di dada, perut, atau punggung. Bintik-bintik yang muncul seringnya berwarna merah, merah muda, dan bersisik di sekitarnya. Bintik-bintik ini biasanya hilang setelah 2-8 minggu tanpa bekas luka tetapi kadang-kadang dapat memakan waktu lebih lama. Ruam ini bukanlah penyakit menular.

Seberapa umumkah pityriasisrosea?

Penyakit ini biasanya lebih sering memengaruhi laki-laki daripada perempuan di usia 10-35 tahun. Anda dapat mengurangi kemungkinan terkena kondisi ini apabila menghindari faktor berisiko. Mohon diskusikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala pityriasisrosea?

Kebanyakan pasien tidak memiliki gejala apapun. Namun, Anda mungkin akan merasakan sedikit gatal pada bagian ruam. Gejala lain mungkin termasuk kelelahan, demam, sakit kepala, dan sakit tenggorokan. Dalam kebanyakan kasus, gejala-gejala tersebut akan hilang bila ruam mulai muncul.

Selain itu, masih terdapat juga beberapa ciri dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Apabila Anda memiliki keluhan yang sama, tolong konsultasikan kepada dokter.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala yang berlangsung lama dan tidak kunjung sembuh, silakan berkonsultasi dengan dokter Anda. Status dan kondisi dapat berbeda pada setiap orang, maka selalu diskusikan dengan dokter tentang metode diagnosis, pengobatan, dan perawatan terbaik bagi Anda.

Penyebab

Apa penyebab pityriasisrosea?

Pityriasisrosea cenderung terjadi pada musim gugur atau musim semi. Saat ini, para ilmuwan belum menentukan penyebabnya. Ada banyak bukti bahwa penyakit ini dapat terjadi karena infeksi oleh virus, terutama oleh virus yang menyebabkan herpes, namun bukan virus yang menyebabkan herpes kelamin.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk pityriasisrosea?

Seperti penyebabnya, faktor yang meningkatkan risiko Pityriasis rosea masih kurang dipahami. Namun, anak-anak cenderung terancam penyakit ini daripada orang dewasa. Hubungi dokter jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah. Tidak adanya risiko tidak berarti Anda bebas dari kemungkinan terpapar gangguan. Ciri dan gejala yang dituliskan hanya untuk referensi. Anda perlu berkonsultasi dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk pityriasisrosea?

Jika hanya mengalami gejala ringan dari Pityriasisrosea, Anda mungkin tidak perlu perawatan karena biasanya akan hilang sendiri setelah 2-8 minggu. Jika diperlukan, dokter akan meresepkan krim kulit seperti hidrokortison untuk menangani iritasi. Anda dapat menggunakan obat histamin untuk mengurangi rasa gatal.

Selain itu, menjaga kebersihan tubuh sehari-hari, mandi yang lembut, paparan sinar matahari yang cukup banyak (terutama di pagi hari) atau terapi cahaya lain juga dapat membantu penyembuhan ruam.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk pityriasisrosea?

Dokter Anda akan mendiagnosis berdasarkan gejala yang Anda miliki. Dalam beberapa kasus, dokter mungkin melakukan tes darah untuk memastikan bahwa tidak ada gejala penyakit lain (seperti sifilis). Selain itu, dokter juga akan melakukan biopsi (pengambilan sampel kulit) kulit untuk konfirmasi diagnosis.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi pityriasisrosea?

Berikut merupakan bentuk-bentuk dari gaya hidup sehat dan pengobatan rumah yang dapat membantu Anda menghadapi Pityriasisrosea:

  • Selalu ikuti instruksi dokter, jangan menggunakan obat tanpa resep dan jangan pula berhenti mengonsumsi obat tanpa seizin dokter
  • Jadwalkan pemeriksaan ulang untuk mengontrol perkembangan gejala serta kondisi kesehatan Anda

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Pruritus

Prutitus atau kulit gatal merupakan kondisi yang umum terjadi. Penyebab penyakit ini cukup banyak. Apa saja itu? Bagaimana cara meredakannya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Kesehatan Kulit, Penyakit Kulit Lainnya 3 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

Tes Tempel (Skin Patch Test)

Tes tempel (skin patch test) adalah metode untuk memastikan apa pemicu alergi Anda. Cari tahu persiapan, proses, dan cara baca hasilnya di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan, Informasi Kesehatan 3 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Pityriasis Rosea

Pityriasis rosea adalah ruam gatal-gatal yang berbentuk lingkaran atau oval, berukuran sekitar 2,5-5 cm, di dada, perut, atau punggung.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Kesehatan Kulit, Penyakit Kulit Lainnya 30 Desember 2020 . Waktu baca 7 menit

Sinusitis

Sinusitis adalah penyakit yang diderita banyak orang di Indonesia. Cari tahu obat sinusitis, penyebab, ciri, pengobatan dan gejala sinusitis lainnya.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan THT, Gangguan Hidung 28 Desember 2020 . Waktu baca 12 menit



Direkomendasikan untuk Anda

hidung meler

7 Penyebab Hidung Meler serta Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 9 menit
gejala alergi kulit

Selain Gatal, Ini Gejala Alergi pada Kulit Lainnya yang Perlu Anda Ketahui

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
gatal di selangkangan

8 Penyebab Gatal di Selangkangan dan Cara Ampuh Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 12 menit
Syok Anafilaktik

Syok Anafilaktik

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 3 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit