home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Bolehkah Orang yang Punya Maag Makan Yogurt?

Bolehkah Orang yang Punya Maag Makan Yogurt?

Umumnya, orang yang memiliki masalah pencernaan cenderung menghindari makanan yang asam agar tidak semakin parah. Faktanya, tidak selamanya makanan asam berbahaya bagi sistem pencernaan, seperti yogurt. Lantas, apakah orang yang memiliki maag boleh makan yogurt? Cari tahu jawabannya di sini.

Pengaruh makanan terhadap sakit maag

penyebab sakit maag

Penyakit maag atau gastritis adalah sejumlah kondisi yang disebabkan oleh selaput lambung. Penyebab maag pun bermacam-macam, mulai dari efek obat, penyakit autoimun, hingga infeksi bakteri Helicobacter pylori (H. pylori).

Pada saat seseorang didiagnosis memiliki maag, dokter mungkin menyarankan untuk mengubah gaya hidupnya menjadi lebih sehat. Pasalnya, makanan dan minuman tertentu dapat mengiritasi lambung, seperti:

  • makanan pedas,
  • makanan berlemak,
  • alkohol, hingga
  • makanan tinggi garam.

Sebagai contoh, makanan asin dan berlemak dilaporkan dapat mengubah lapisan perut. Hal ini dikarenakan makanan dengan kandungan garam yang tinggi bisa mengubah sel pada perut dan menyebabkan tubuh lebih mudah terinfeksi H. pylori.

Lantas, apakah hal tersebut juga berlaku pada makanan asam seperti yogurt?

Orang dengan maag boleh makan yogurt, asalkan…

Sudah bukan rahasia umum lagi bila kandungan bakteri baik (probiotik) dalam yogurt memiliki manfaat bagi sistem pencernaan.

Selain itu, probiotik juga diklaim dapat menenangkan perut akibat penyakit GERD karena dapat mempercepat perpindahan makanan menuju usus.

Hal ini telah dibuktikan melalui studi dari International Journal of Molecular Sciences. Penelitian tersebut melaporkan bahwa penggunaan suplemen probiotik terbukti dapat meningkatkan efektivitas antibiotik untuk melawan infeksi bakteri H. pylori.

Kandungan probiotik dalam yogurt ini juga dapat mengurangi efek samping dari antibiotik. Meski begitu, para ahli masih sulit menentukan probiotik mana yang paling efektif ketika mengatasi maag akibat infeksi bakteri H. pylori.

Itu sebabnya, penelitian lanjutan diperlukan untuk memastikan dosis probiotik dan antibiotik atau obat maag yang tepat.

Artinya, Anda yang memiliki maag sangat mungkin boleh makan yogurt. Namun, perlu dilihat dahulu apakah yogurt yang dikonsumsi dapat menimbulkan efek samping ketika Anda menjalani pengobatan tertentu.

8 Makanan yang Paling Sering Membuat Maag Kambuh (Plus Minumannya)

Manfaat probiotik pada sistem pencernaan

Makanan probiotik untuk obat batuk alami

Setelah mengetahui boleh atau tidaknya seseorang yang punya maag makan yogurt, sudah saatnya untuk melihat apa saja manfaat dari probiotik terhadap pencernaan.

Setiap saluran pencernaan memiliki berbagai jenis bakteri yang dibagi menjadi dua jenis, yaitu bersifat baik dan bersifat jahat. Bakteri jahat dapat memicu masalah kesehatan, sedangkan bakteri baik yang menjaga keseimbangan koloni bakteri dalam sistem pencernaan.

Bakteri H. pylori termasuk bakteri jahat yang memicu peradangan pada sistem pencernaan, terutama lambung. Kehadiran probiotik membantu menekan pertumbuhan dan aktivitas bakteri H. pylori dalam sistem pencernaan.

Alhasil, probiotik dapat meredakan peradangan yang disebabkan oleh infeksi bakteri jahat tersebut dalam tubuh.

Tidak hanya itu, ada beragam kebaikan lainnya yang ditawarkan oleh probiotik terhadap sistem pencernaan, meliputi:

Bila Anda mengalami penyakit tertentu dan ingin makan makanan yang mengandung probiotik, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

Meski Sehat, Makan Yoghurt Berlebihan Juga Bisa Timbulkan Dampak Buruk

Tips memilih yogurt

Meski orang yang punya maag boleh makan yogurt, tentu tidak boleh sembarang pilih. Pasalnya, ada beberapa produk yogurt yang dalam proses pembuatannya justru dapat mematikan bakteri baik tersebut.

Oleh karena itu, ada sejumlah tips yang bisa diikuti ketika memilih yogurt yang baik untuk kesehatan pencernaan Anda, antara lain:

  • pilih yogurt rendah lemak,
  • pilih yogurt tanpa perasa dengan kandungan protein sedang,
  • hindari light-yoghurt, dan
  • konsumsi yogurt sebagai sarapan di pagi hari.

Makan yogurt untuk orang yang memiliki maag memang terbilang aman. Namun, ada kalanya tubuh tidak dapat mencerna kandungan lemak pada yogurt ketika mengalami masalah pencernaan.

Jika masih ragu, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter, apakah Anda yang memiliki maag boleh makan yogurt.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Ji, J., & Yang, H. (2020). Using Probiotics as Supplementation for Helicobacter pylori Antibiotic Therapy. International journal of molecular sciences, 21(3), 1136. https://doi.org/10.3390/ijms21031136. Retrieved 27 January 2021. 

Health Benefits of Taking Probiotics. (2020). Harvard Health. Retrieved 27 January 2021, from https://www.health.harvard.edu/vitamins-and-supplements/health-benefits-of-taking-probiotics 

How to choose a healthy yoghurt. (2013). Harvard Health. Retrieved 27 January 2021, from https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/how-to-choose-a-healthy-yogurt 

Sundaram, J. (2019). News Medical. Retrieved 27 January 2021, from https://www.news-medical.net/health/Lifestyle-Changes-for-Indigestion-(Dyspepsia).aspx

Foto Penulis
Ditulis oleh Rr. Bamandhita Rahma Setiaji Diperbarui 08/02/2021
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus