Yang Boleh dan Tidak Boleh Dimakan Ketika Sakit Lambung

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 9 November 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Bagi sebagian orang yang memiliki sakit pada lambung dan pencernaan lainnya, kadang mereka harus pandai dalam memilah dan memilih makanan yang patut dimakan. Makanan untuk sakit lambung nyatanya mudah dikelompokan, Anda hanya harus mencari sumber makanan apa yang tidak baik dan baik untuk lambung Anda. Berikut beberapa contoh makanan untuk sakit lambung yang baik dan harus dihindari:

Makanan untuk sakit lambung yang baik untuk dikonsumsi

1. Gandum dan biji-bijian

Makanan seperti roti dan sereal biasanya mengandung kandungan serat baik pada tubuh dan dapat ditolerir kandungannya untuk dicerna lebih dalam pada lambung. Biji-bijian kaya serat yang tinggi, seperti beras merah, barley, quinoa dan oatmeal nyatanya dapat membantu melancarkan aliran makanan yang telah dicerna dalam lambung.

2. Makanan kaya protein

Kebanyakan makanan untuk sakit lambung seperti makanan jenis daging dan ikan memang bisa dicerna dengan baik oleh lambung. Tetapi alangkah lebih baiknya lagi pilihan daging yang dikonsumi mengandung kaya protein dan rendah lemak. Contohnya, Anda dapat memilih daging rendah lemak tanpa kulit, atau mengonsumsi ikan yang penuh dengan manfaat protein di dalamnya.

3. Makanan dengan menu sayuran brokoli

Sayuran yang satu ini, brokoli, pada dasarnya bagus untuk makanan sakit lambung. Brokoli mengandung bahan kimia yang disebut sulforpahane, zat tersebut berguna membantu membunuh helicobacter pylori (bakteri negatif) karena memiliki sifat antibakteri.

Sebuah studi 2009 yang dipublikasikan dalam jurnal Cancer Prevention Research menunjukkan, bahwa beberapa orang yang pencernaannya mengandung helicobacter pylori, jika orang tersebut memakan masakan yang mengandung setengah cangkir brokoli perhari selama 2 bulan ternyata dapat membantu mengurangi sakit pada lambung. Hal ini berpengaruh terbalik pada orang yang jarang makan brokoli, karena pada asupannya tidak didapat zat sulforphane yang dapat membantu melancarkan pencernaan di lambung.

Makanan yang harus dihindari ketika sakit lambung

1. Hindari makan makanan yang manis

Makanan yang manis memang nyatanya sedap menggugah selera lidah. Padahal jika lambung Anda bermasalah, makanan manis ini tidak baik untuk makanan sakit lambung. Mengapa tidak baik? Seperti yang Anda tahu, makanan dengan rasa manis pastinya mengandung gula refinasi yang dapat menyebabkan lonjakan kadar insulin yang dapat menyebabkan fluktuasi gula darah.

Ketika gula darah naik meningkat, kondisi perut dengan lambung yang sakit akan membuat perih pada bagian dalam perut Anda. Hal tersebut bisa membuat Anda merasa berkeringat dan gemetar, seperti yang diungkapkan oleh Robynne Chutkan, MD, asisten profesor bagian gastroenterologi di Rumah Sakit Georgetown University di Washington, DC.

2. Makanan bersantan dan sumber makanan yang mengandung gas

Makanan yang mengandung banyak gas sangat tidak boleh dikonsumsi bagi penderita sakit  lambung, dikarenakan saat sakit lambung jika mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gas malah akan membuat asam di dalam lambung menjadi naik.  Beberapa contoh makanan yang banyak mengandung gas tinggi antara lain sayur sawi, kembang kol, dan buah nangka.

3. Makanan dengan rasa pedas

Makanan untuk sakit lambung  yang memiliki rasa pedas akan bisa membuat iritasi pada dinding lambung, seperti halnya cabai, sambal-sambal, saus cabai, saus tomat, dan makanan yang membuat Anda banjir keringat dan  yang mengandung merica atau lada berlebih.

4. Makanan dengan rasa asam

Makanan asam bisa meningkatkan kadar asam lambung di dalam perut. Makanan yang asam bisa memicu refluks asam dan juga bisa memperburuk sakit lambung Nah, ini adalah beberapa makanan asam yang tidak boleh dikonsumsi  seperti  makanan yang diberi cuka, asinan buah dan sayur, acar, dan beberapa buah-buahan yang memiliki rasa asam.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

4 Tips Perawatan Setelah Sunat Agar Cepat Sembuh

Anda perlu memberikan perawatan yang tepat untuk mencegah infeksi atau timbulnya komplikasi setelah sunat. Perhatikan panduannya berikut ini, ya.

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Bayi, Perawatan Bayi, Parenting 18 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Sering Dijadikan Wedang, Jangan Lewatkan 4 Manfaat Hebat Kayu Secang

Kayu secang sering diolah menjadi minuman wedang secang oleh orang-orang Jawa. Penasaran apa manfaat kayu secang untuk kesehatan? Klik di sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Pengobatan Herbal dan Alternatif, Herbal A-Z 18 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Cara Membedakan Sakit Perut Gejala Usus Buntu dan Maag

Salah satu cara untuk membedakan sakit perut gejala usus buntu atau maag dapat dilihat dari lokasi sakitnya. Simak artikel ini untuk info lengkapnya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kesehatan Pencernaan, Radang Usus Buntu 18 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Untuk Para Suami, Ini 10 Trik Memanjakan Istri Agar Lebih Bergairah

Pasangan Anda belum cukup luwes dan percaya diri saat berhubungan intim? Tenang, ini dia berbagai cara merangsang istri yang ampuh dan penuh kehangatan.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Seksual, Tips Seks 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

arti desahan wanita

Mengapa Wanita Lebih Sering Mendesah di Ranjang Dibanding Pria?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
lemon dan madu

5 Manfaat Minum Campuran Lemon dan Madu untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
obat cacing kremi

Obat Paling Ampuh untuk Menghilangkan Cacing Kremi

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
apa itu kalori adalah

Mengenal Kalori: Pengertian, Sumber, Kebutuhan Harian, dan Jenis-Jenisnya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Brigitta Maharani
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit