Masak Bersama Anak Itu Tidak Merepotkan, Kok. Ini 3 Tips Serunya!

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Salah satu cara terbaik untuk memperkenalkan anak Anda pada makanan yang sehat dan  bergizi adalah mengajak mereka ikut memasak. Memasak bersama anak akan membiarkan mereka terlibat dalam semua proses masak. Mulai dari mencatat dan membeli bahan yang akan dibeli hingga proses menyiapkan dan memasak makanan itu sendiri. Lalu, apa saja yang harus dan tidak boleh dilakukan saat memasak bersama anak? Simak tips-tipsnya di bawah ini

Tips memasak bersama anak agar aman dan menyenangkan

1. Perhatikan pilihan menu dan bahan makanan yang akan dimasak

Saat Anda menyiapkan makanan bersama mereka, coba masak bahan-bahan dari menu makanan yang sehat. Jelaskan alasan mengapa kita perlu memilih bahan makanan rendah lemak sebisa mungkin. Anda juga bisa menjelaskan mengapa lebih baik memilih ayam dan ikan ketimbang daging merah.

Jelaskan juga mengapa lebih sehat mengonsumsi keju rendah lemak ketimbang keju jenis lainnya yang memilik lemak tingi. Pada dasarnya, berikan sejumlah pilihan makanan sehat, dan biarkan anak-anak memilih menu apa yang akan dimasak. Pastikan juga menu tersebut disukai semua orang di rumah dan buat anak Anda merasa terlibat dalam semua proses.

2. Bagi tugas saat memasak bersama anak

Mengenai pembagian tugas, Anda juga harus memahami apakah umur mereka sudah cukup untuk melakukannya. Contohnya, Anda tidak mungkin memberikan pisau tajam untuk memotong sayuran pada anak berumur 6 tahun.

Sebagai gantinya Anda bisa menyuruhnya untuk mencuci sayuran saja. Atau, jangan biarkan mereka mengambil pinggan dari dalam oven yang panas atau melakukan hal lain yang cukup berbahaya . Anda bisa menyuruhnya untuk membuka pintu oven atau menghias makanan agar lebih cantik.

3. Pada saat makan, puji anak karena telah membantu menyiapkan makan

Memasak bersama anak pastinya memiliki kenangan sendiri. Untuk membuat anak lebih bersemangat makan makanan yang bergizi, coba puji anak saat waktu makan tiba. Katakan pada anggota keluarga yang lain, bahwa si adik atau kakak sudah bantu orangtua memasak.

Ucapkan juga terima kasih pada anak karena sudah membantu, meskipun hanya bantuan kecil saja. Dengan begitu, anak akan merasa dihargai dan keinginan untuk memasak makanan yang sehat akan muncul lewat cara memasak bersama anak yang menyenangkan ini.

Ada beberapa hal lain yang perlu diingat saat melibatkan anak di dapur

  • Pastikan bahwa ada orang dewasa yang menemani saat anak Anda memasak, bisa Anda sendiri atau orang dewasa lain. Jangan tinggalkan anak sendirian di dapur, sertakan juga kakak yang sudah besar atau pengasuh (bila ada), yang bisa mendampingi bersamaan.
  • Saat anak Anda mengupas sayur atau buah, ajari mereka untuk mengarahkan sisi yang tajam ke arah yang berlawanan dari mereka. Untuk anak yang motorik dan keseimbangannya belum baik, jangan biarkan anak melakukan hal ini.
  • Jelaskan cara untuk menimbang jumlah bahan makanan. Meskipun tidak pakai ukuran pasti, pakai perkiraan menggunakan gelas, piring atau botol yang ada di rumah.
  • Gunakan sisi kompor yang ada di belakang saat memasak di atas kompor. Pastikan gagang panci dan penggorengan  mengarah ke dalam. Ini supaya anak-anak tidak akan tak sengaja menyenggol dan menjatuhkannya dari kompor.
  • Ajarkan anak Anda untuk memegang gagang panci atau alat masak dengan benar. Setelahnya, jangan lupa mematikan kompor dan oven setelah Anda selesai.
  • Beri tahu anak bahwa jika ia kesulitan melakukan sesuatu (misalnya mengambil piring dari lemari atas), ia harus minta bantuan orangtua.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Februari 19, 2018 | Terakhir Diedit: Februari 19, 2018

Yang juga perlu Anda baca