3 Jenis Penyakit Jantung yang Dapat Terjadi Pada Anak-anak

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Penyakit jantung pada orang dewasa saja sudah berbahaya, apalagi pada anak-anak. Terlebih lagi, penyakit jantung pada anak biasanya lebih parah dibanding penyakit jantung pada dewasa.

Gangguan jantung yang umum terjadi pada anak-anak di antaranya penyakit jantung kongenital, penyakit jantung akibat infeksi virus, bahkan penyakit jantung akibat kelainan atau sindrom keturunan. Kabar baiknya, dengan semakin majunya dunia medis saat ini, banyak anak yang bisa sembuh total dan menjalani hidup yang sehat dan normal.

Penyakit jantung pada anak yang umum terjadi

1. Penyakit jantung kongenital

Penyakit jantung kongenital atau penyakit jantung bawaan adalah cacat lahir pada janin yang terjadi akibat perkembangan embrio yang tidak normal. Kondisi ini terjadi pada 8 dari setiap 1000 bayi yang baru lahir. Bayi-bayi ini biasanya memiliki masalah dengan struktur, seperti:

Bentuk lain penyakit jantung kongenital adalah:

  • gagal jantung yang menyebabkan ada bagian jantung yang tak berkembang sempurna
  • tetralogi Fallot, yang merupakan kombinasi dari empat sindrom lain yaitu emboli pulmonal, kelainan septum ventrikel, equestrian aorta, dan hipertofi ventrikel kanan.

2. Aterosklerosis

Aterosklerosis adalah pembentukan plak dari lemak dan kolesterol di arteri. Saat plak menumpuk, pembuluh darah menjadi kaku dan sempit, membuat Anda lebih berisiko mengalami penyumbatan darah dan akhirnya serangan jantung. Ini adalah kondisi jangka panjang dan sering tidak terdeteksi.

Anak-anak dan remaja jarang terkena penyakit ini. Namun, mereka akan berisiko jika mengalami kegemukan, diabetes, tekanan darah tinggi, dan kondisi kesehatan lain. Jika anak Anda kegemukan dan obesitas, atau jika di dalam keluarga Anda ada riwayat penyakit jantung dan diabetes, dokter biasanya akan menyarankan anak Anda untuk dicek kadar kolesterol dan tekanan darahnya secara rutin.

3. Penyakit Kawasaki

Kawasaki adalah penyakit langka yang ditandai dengan meradangnya pembuluh darah di seluruh tubuh, seperti di lengan, tangan, mulut, bibir, dan tenggorokan. Gejala lainnya termasuk demam dan kelenjar getah bening yang membengkak. Penyebab penyakit ini masih belum jelas.

Menurut American Heart Association, Kawasaki adalah salah satu penyakit jantung pada anak yang umum terjadi. Sebanyak 1 dari 5 anak yang menderita penyakit jantung, adalah karena penyakit Kawasaki. Sebagian besar berusia di bawah 5 tahun.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca