4 Cara Luangkan Waktu Berkualitas Bersama Anak di Tengah Kesibukan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 22/07/2018 . 4 menit baca
Bagikan sekarang
Artikel ini berisi:

Kedekatan orangtua dengan anak sangatlah berarti. Selain untuk memantau perkembangan anak, mendekatkan diri dengan anak juga penting supaya si kecil bisa meneladan dan mengenal orangtuanya. Kesibukan orangtua tidak boleh jadi alasan untuk mengabaikan pentingnya waktu berkualitas bersama si kecil. Karena itu, simak cara untuk menikmati waktu bersama anak berikut ini.

Cara menikmati waktu bersama anak, terutama bagi orangtua yang sibuk

Dilansir dari Parents, agar Anda bisa menghabiskan waktu bersama anak lebih baik Anda harus menerapkan parenting meditation. Metode ini mengharuskan Anda untuk memusatkan perhatian penuh pada anak, mendengarkan, dan memahami mereka. Ini berarti Anda tidak boleh bermain handphone atau melakukan pekerjaan lain yang tidak ada kaitannya dengan anak.

Berikut adalah macam-macam strategi yang bisa diterapkan agar Anda bisa menikmati keintiman dengan anak di tengah padatnya kesibukan.

1. Manfaatkan waktu sebelum tidur

anak tidur

Waktu sebelum tidur bisa menjadi kesempatan emas untuk Anda dan juga anak. Ada banyak yang bisa Anda lakukan bersama buah hati. Mulai dari menemani mereka membersihkan gigi, wajah, dan kaki di kamar mandi hingga mengantarkan mereka ke tempat tidur.

Anda juga bisa mengobrol sebentar bersama anak soal kejadian-kejadian berkesan di hari itu, membacakan dongeng, atau mengajaknya berdoa. Ingat, kuncinya adalah fokus pada anak, jangan malah memikirkan pekerjaan esok hari atau mau masak apa besok untuk sarapan.

2. Sempatkan makan malam bersama

resep makan malam

Pekerjaan memang bisa menyita waktu Anda, apalagi kalau sampai melewatkan waktu makan malam bersama. Walaupun terlihat seperti kegiatan biasa, makan malam bersama keluarga adalah hal yang istimewa, terutama bagi anak Anda.

Bukan hanya makan malam bersama, Anda juga bisa melibatkan anak untuk menyiapkan makan. Misalnya dengan mengajak anak belanja bahan-bahan keperluan sekaligus membantu Anda memasak dan menyajikan makanan.

Makan malam bersama menjadi waktu yang tepat bagi keluarga untuk mengobrol, termasuk mengetahui masalah apa yang sedang dihadapi anak. Pancing si kecil untuk mencari cara menyelesaikan masalahnya. Anda juga boleh membantu si kecil memikirkan solusi. Yang penting berikan ruang baginya untuk belajar memecahkan masalah, jangan didikte terus.

3. Ikut mereka bermain

ayah anak laki-laki bermain bola

Hari libur memang jadi saat yang tepat buat istirahat. Akan tetapi, anak-anak justru akan jadi semakin aktif di hari libur. Karena itu, luangkan akhir pekan atau waktu liburan Anda untuk bermain bersama anak.

Bermain bersama si kecil akan mematahkan anggapan anak bahwa orangtua itu bisanya cuma memerintah. Ketika bermain bersama, anak akan menumbuhkan kepercayaan dan kasih sayang pada orangtua, begitu juga sebaliknya.

4. Mengajak anak untuk ikut membantu Anda

anak membantu bersih rumah

Mencuci kendaraan, menyiram tanaman, atau membersihkan rumah memang harus dilakukan. Nah, siapa sangka bahwa kegiatan ini juga bisa dijadikan waktu Anda untuk lebih dekat dengan anak. Ajak si kecil untuk melakukan hal-hal sederhana seperti membereskan mainan, mengelap meja, dan menyiram tanaman.

Penting dicatat bahwa orangtua harus fokus pada anak, bukan pada diri sendiri. Jadi jangan malah membentak anak kalau ia melakukan kesalahan saat beres-beres rumah. Itu artinya Anda masih terlalu fokus pada diri sendiri dan emosi Anda. Justru kesalahan yang dibuatnya bisa jadi pembelajaran berharga agar anak terus berkembang.

Selain itu, Anda juga bisa mengajari anak tentang kebersihan dan tanggung jawab. Walaupun anak terkadang sedikit sulit untuk menerima arahan dari Anda, jangan bosan untuk menjawab pertanyaannya dan tetap sabar.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Bagaimana Cara Menghadapi Ledakan Amarah Anak yang Bikin Jengah?

Kemarahakn yang muncul dari anak tanpa diketahui alasannya kerap membuat Anda jengah. Begini cara menghadapi ledakan amarah anak dengan baik.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Parenting, Tips Parenting 06/06/2020 . 4 menit baca

Bukan Dimarahi, Ini 5 Cara Agar Anak Mau Mendengarkan Orangtua

Supaya anak mau mendengarkan kata-kata orangtua, Anda perlu siasat khusus. Jangan malah dimarahi atau dibentak. Yuk, simak tips-tipsnya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Parenting, Tips Parenting 30/05/2020 . 4 menit baca

Tidak Perlu Bingung Pilih Hewan Peliharaan untuk Anak, Ini 5 Tips dan Manfaatnya

Hewan peliharaan dan anak adalah gambaran yang menggemaskan. Namun, para orangtua perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum memilih hewan untuk anak.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Parenting, Tips Parenting 10/05/2020 . 6 menit baca

Mendidik Anak yang Sukses, Lakukan Tips Berikut Ini!

Siapa yang tak ingin punya anak sukses? Berikut berbagai tips dalam mendidik anak agar bisa menggapai sukses di masa depan.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Parenting, Tips Parenting 11/04/2020 . 5 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

Ini Akibatnya Jika Bayi Memakai Popok Terlalu Lama

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 5 menit baca
mengatasi ruam popok bayi

Si Kecil Mengalami Ruam? Berikut 8 Cara Mengobatinya

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 7 menit baca
aplikasi belajar bahasa efektif

Belajar Bahasa Asing Lewat Aplikasi, Apakah Efektif?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 5 menit baca
menyikat gigi bersama merupakan salah satu cara mendorong minat si kecil dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut pada anak

5 Tips Ajarkan Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut pada Anak

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 16/06/2020 . 5 menit baca