home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Begini Cara Memberi Makan Anak yang Sedang Tumbuh Gigi

Begini Cara Memberi Makan Anak yang Sedang Tumbuh Gigi

Si kecil tentunya jadi lebih rewel saat mulai memasuki masa pertumbuhan gigi. Tumbuhnya gigi dapat menimbulkan rasa tak nyaman pada anak. Selain harus mendengar rengekan si kecil yang lebih intens dari biasanya, Anda juga akan dihadapkan pada kesulitan untuk memberi makan anak saat gigi mereka tumbuh.

Jika sudah seperti itu, banyak orang tua yang kewalahan dan bahkan kerap berujung pada stres.

Tanda-tanda gigi tumbuh pada anak

Anda sebaiknya perlu memastikan terlebih dahulu bahwa tumbuh gigi adalah penyebab dari menurunnya nafsu makan anak dengan mengetahui berbagai tandanya. Menurut Asosiasi Gigi Amerika, gigi biasanya akan mulai mengalami pertumbuhan ketikaanak memasuki usia 6-12 bulan.

Saat dilahirkan, bayi sebenarnya telah memiliki gigi lengkap yang berada di bawah gusinya. Gigi-gigi ini akan menembus gusi secara bertahap.

Kebanyakan pertumbuhan gigi dimulai dari gigi bawah lalu diikuti dengan gigi atas bagian tengah. Kemudian, sisanya akan tumbuh satu persatu sampai anak berusia tiga tahun.

Gejala anak tumbuh gigi yang muncul berbeda-beda. Selain susah makan, anak yang tumbuh gigi juga akan mengalami beberapa dari berbagai gejala berikut ini:

  • Gusi merah dan bengkak
  • Gusi luka
  • Keluar air liur
  • Anak sering menggigit benda padat
  • Rewel yang bisa diikuti dengan teriakan
  • Anak mudah gelisah dan marah

Fakta menariknya, kebanyakan gelagat susah makan yang ditunjukkan anak lebih sering terjadi saat gigi taring mereka yang akan tumbuh, dibandingkan dengan gigi seri atau gigi geraham.

Cara memberi makan anak yang sedang tumbuh gigi

Memberi makan anak yang sedang mengalami pertumbuhan gigi mungkin tidak akan mudah, tapi ada beberapa cara untuk menyiasatinya.

Pemilihan makanan yang tepat jadi hal penting agar anak lebih mudah untuk memakan makanannya. Beberapa pilihannya mencakup beberapa jenis-jenis berikut.

Makanan halus

Makanan halus tentunya akan lebih mudah diterima bagi anak-anak yang sedang tumbuh gigi. Terkadang sentuhan makanan dengan gusi akan memperburuk rasa nyeri.

Oleh karena itu, berikan makanan yang bisa langsung ditelan tanpa harus sering mengenai gusi.

Untuk beberapa saat mungkin Anda bisa memberi sup yang bertekstur seperti krim, buah dan sayur yang diblender, atau macaroni dan mie yang dimasak sampai lunak.

Makanan padat

Salah satu tanda anak sedang mengalami pertumbuhan gigi adalah munculnya kebiasaan menggigit beberapa benda bertekstur padat.

Hal ini dipercaya dapat memberikan rasa nyaman yang akan mengurangi nyeri di sekitar gusi. Kebiasaan ini juga memberi tekanan pada gigi yang akan tumbuh.

Coba berikan camilan berupa stik sayuran seperti wortel atau stik roti. Sebaiknya, hindari biskuit kering dalam kemasan karena biasanya produk tersebut mengandung gula yang dapat menyebabkan kerusakan gigi.

Makanan dingin

Rasa nyeri pada sekitaran gusi sering diikuti dengan sensasi terbakar. Makanan seperti yogurt atau buah-buahan dari kulkas mungkin dapat membantu mengembalikan nafsu makan anak.

Sayangnya, pilihan jenis ini lebih terbatas karena ada beberapa makanan yang sebaiknya dihidangkan dalam keadaan hangat.

Cara lain yang juga bisa Anda lakukan adalah memberinya alat makan yang telah didinginkan di dalam kulkas seperti dot dan sendok. Namun, jangan dinginkan peralatan tersebut di dalam lemari pembeku karena benda yang terlalu dingin juga bisa melukai mulut anak.

Jangan khawatir bila tumbuh gigi membuat anak makan lebih sedikit dari biasanya. Anda masih bisa memenuhi kebutuhan nutrisi dengan ASI atau susu formula.

Perlu diingat juga untuk selalu mengawasi anak saat mereka mengunyah makanannya agar bisa menghindari masalah seperti tersedak dan sebagainya.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Feeding and teething: how to help them with the pain. (2020). Retrieved 24 April 2020, from https://www.nct.org.uk/baby-toddler/teething/feeding-and-teething-how-help-them-pain

Teething Syndrome: Overview, Symptoms, and Pain Relief. (2017). Retrieved 24 April 2020, from https://www.healthline.com/health/teething

Teething: What to Know and Do to Help Your Baby. (2020). Retrieved 24 April 2020, from https://www.webmd.com/parenting/baby/teething-symptoms-remedies#1


Foto Penulis
Ditinjau oleh dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Winona Katyusha
Tanggal diperbarui 13/05/2020
x