4 Cara Orangtua Melatih Kemampuan Membaca Balita

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 02/12/2019 . 3 mins read
Bagikan sekarang

Bagi para orangtua, melatih kemampuan membaca balita memang menjadi tantangan dan suatu upaya keras tersendiri. Pasalnya, membaca merupakan sebuah kunci penting pada kehidupan manusia. Lalu, adakah cara melatih kemampuan membaca balita yang bisa dipraktikkan para orangtua? Tentunya ada. Simak beberapa cara melatihnya di bawah ini.

4 Cara melatih kemampuan membaca balita

1. Ajak anak membaca buku cerita bersama

Salah satu cara melatih kemampuan membaca balita adalah dengan membaca suatu kalimat bersama-sama. Misalnya, Anda bisa menggunakan buku cerita atau sebuah cerpen dari tokoh yang anak Anda suka.

Para ahli merekomendasikan untuk melakukan langkah yang satu ini setidaknya 20 menit tiap malam atau sebelum tidur. Cara ini akan menimbulkan minat dan ketertarikan sendiri pada balita Anda untuk mengenal rangkaian huruf dari sebuah alur cerita lebih jauh.

Scholastic, sebuah penerbit terbesar di Amerika, menyarankan bagi para orangtua yang hendak meningkatkan kemapuan membaca balita baiknya menggunakan sesi tanya jawab setelah selesai membaca. Disarankan juga untuk membahas pertanyaan yang membuat balita Anda berpikir tentang alur dan motivasi yang terselip dalam buku cerita.

2. Menyelipkan metode phonic sehari-hari

PraktikpPhonic merupakan salah satu cara melatih kemampuan membaca balita Anda. Cara ini telah berlangsung lama dan sudah dikembangkan di Inggris, guna merangsang anak mengetahui ejaan dan ucapan di tiap huruf yang berbeda. Biasanya, tahap ini adalah tahap awal bagi balita yang masih belum hapal semua bentuk huruf alfabet.

Ketika balita belum mengenal semua huruf dengan baik, tugas Anda adalah merangsang anak untuk aktif mengetahui tiap bentuk dan bunyi huruf yang berbeda. Contoh, Anda bisa melakukan tebak dan tanya mengenai huruf apa yang tertera di televisi, di majalah yang Anda baca, membaca huruf pada papan penunjuk jalan di kala macet, dan masih banyak waktu bersama balita yang bisa melatih kemampuan membacanya.

3. Baca buku favoritnya berulang-ulang

Joelle Brummit Yale, seorang tenaga pendidik di Carolina University, memberi saran bagi para orang tua yang sedang mencari cara melatih kemampuan baca balita, untuk membaca kalimat dari buku cerita berulang-ulang. Mengapa harus berulang-ulang? Karena balita biasanya hanya fokus pada ucapan dari cerita yang Anda bacakan, tapi mereka tidak paham maknanya.

Nah, dengan melakukan pengulangan kalimat, mereka diyakini akan mulai menguasai kata-kata dalam buku cerita tersebut. Mereka juga akan membuat makna tersendiri dari kalimat yang dieja dan dibaca. Disarankan juga untuk mendukung balita Anda mulai bercerita dengan suara lantang, agar ia mengerti alur dan makna cerita yang ia bacakan sendiri.

4. Pantau perkembangan belajar anak dengan guru di sekolah

Langkah terakhir untuk melatih kemampuan membaca balita adalah, Anda sebagai orangtua harus tanggap dan perhatian pada kegiatan anak Anda di sekolah. Guru atau pengajar di tempat anak Anda bersekolah tidak selalu bisa mendeteksi masalah membaca pada anak, jika ada yang sampai pada tahap masalah serius.

Baiknya, para orangtua melacak dan melakukan pantau perkembangan mereka ke lembaga tempat anak Anda belajar. Jangan hanya melihat dari rapornya. Bicarakan dan atur komunikasi bersama pengajar di sekolahnya agar mengetahui sampai mana kemampuan membaca anak.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Tips Ajarkan Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut pada Anak

Tips ini akan membantu Anda menerapkan kebiasaan kesehatan gigi dan mulut pada anak sejak dini. Yuk, cari tahu apa saja caranya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Parenting, Tips Parenting 16/06/2020 . 5 mins read

Ternyata Ayah Juga Bisa Kena Depresi Pasca Melahirkan

Postpartum depression tak cuma menyerang wanita yang baru melahirkan. Depresi pasca melahirkan juga bisa dialami para ayah. Inilah tanda-tandanya.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Parenting, Tips Parenting 14/06/2020 . 5 mins read

Hai Para Suami, Ini 15 Tanda Istri Anda Sedang Hamil

Tak hanya wanita yang harus memerhatikan perubahan pada dirinya. Sebagai suami Anda juga harus peka melihat tanda istri hamil dan segera mempersiapkan diri.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesuburan, Kehamilan, Hidup Sehat 13/06/2020 . 6 mins read

Bagaimana Cara Menghadapi Ledakan Amarah Anak yang Bikin Jengah?

Kemarahakn yang muncul dari anak tanpa diketahui alasannya kerap membuat Anda jengah. Begini cara menghadapi ledakan amarah anak dengan baik.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Parenting, Tips Parenting 06/06/2020 . 4 mins read

Direkomendasikan untuk Anda

cara memandikan bayi yang baru lahir

Agar Tidak Bingung, Berikut Cara Memandikan Bayi Baru Lahir

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 9 mins read

Ini Akibatnya Jika Bayi Memakai Popok Terlalu Lama

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 5 mins read
mengatasi ruam popok bayi

Si Kecil Mengalami Ruam? Berikut 8 Cara Mengobatinya

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 7 mins read
kista saat hamil di usia tua

Apa yang Akan Terjadi Jika Muncul Kista Saat Hamil?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 19/06/2020 . 5 mins read