home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Haid Pertama Anak Perempuan Bisa Datang Lebih Cepat Jika Sering Minum Soda

Haid Pertama Anak Perempuan Bisa Datang Lebih Cepat Jika Sering Minum Soda

Anda mungkin sudah sering dengar kalau anak-anak tidak dianjurkan untuk sering-sering minum soft drink, di antaranya adalah soda. Akan tetapi, tahukah Anda penelitian menunjukkan bahwa ternyata anak perempuan yang sering minum soda berisiko mengalami pubertas dini? Pubertas yang datang lebih cepat daripada normalnya ini ditandai dengan haid pertama kalinya. Bagaimana bisa minum soda mempercepat datangnya haid pertama?

Soda terbukti bisa mempercepat haid pertama anak perempuan

Studi pada jurnal Human Reproduction tahun 2015 menunjukan bahwa konsumsi soft drink dapat menyebabkan menstruasi pertama kali pada remaja putri di Amerika Serikat (AS) dimulai lebih cepat. Menstruasi anak atau remaja perempuan yang pertama kali dalam hidupnya disebut dengan istilah menarche.

Studi ini melibatkan 5.500 anak perempuan usia 9-14 tahun. Penelitian ini mengikuti anak-anak tersebut sejak mereka belum menstruasi hingga hari pertama mereka mengalami menstruasi.

Studi ini menunjukan bahwa anak perempuan yang sering minum soda dalam penelitian ini, yakni 1,5 sajian soda per hari, punya peluang 22 persen lebih cepat mengalami menarche alias menstruasi pertama.

Anak-anak perempuan yang sering minum soda ini rata-rata mengalami usia menarche lebih cepat 2,7 bulan dibandingkan anak perempuan dengan kategori konsumsi soda rendah. Konsumsi rendah dalam penelitian ini adalah dua gelas atau kurang minuman soda setiap minggunya.

Apa dampaknya jika haid pertama lebih awal dari anak perempuan seusianya?

Dilansir dalam Harvard T.H. Chan School of Public Health, semakin dini usia menarche berkaitan dengan semakin tingginya risiko mengalami kanker, misalnya kanker payudara.

Akan tetapi, belum diketahui dalam studi Human Reproduction di atas apakah perbedaan kecil yaitu 2,7 bulan lebih cepat mengalami haid pertama bisa meningkatkan risiko kanker atau tidak. Namun, secara keseluruhan minum soda yang terlalu sering atau terlalu banyak tetap bisa berdampak pada kondisi kesehatan anak dan remaja perempuan. Obesitas, diabetes melitus, serta kanker bisa dipicu karena terlalu banyak konsumsi soft drink disertai dengan pola makan yang tak seimbang.

Selain itu, dilansir dari Medscape, datangnya menstruasi yang terlalu dini berkaitan dengan peningkatan risiko depresi pada saat anak memasuki usia remaja.

Hubungan antara minum soda dengan usia haid pertama

Sebenarnya belum ada penelitian yang menyatakan minuman bersoda sudah pasti mengakibatkan menstruasi pertama lebih cepat terjadi. Namun, ada beberapa dugaan yang bisa mengaitkan hubungan keduanya. Pertama, konsumsi minuman bersoda yang terlalu sering berperan besar dengan penambahan berat badan. Kedua, konsumsi minuman bersoda dapat memicu lonjakan gula darah.

Begini, minuman bersoda mengandung kalori yang sangat tinggi. Jika diminum terlalu sering dan dalam jumlah banyak, maka akan menumpuk kalori yang besar juga di dalam tubuh. Hal ini pun bisa menyebabkan kelebihan berat badan hingga obesitas.

Menurut dr. Julie Powell, seorang spesialis ginekologi anak dan remaja di AS, jika mengalami berat badan berlebih atau obesitas, usia menarche pun lebih mungkin terjadi semakin cepat.

Semakin banyak sel lemak di dalam tubuh, semakin banyak hormon estrogen yang diproduksi. Estrogen merupakan hormon seksual yang utama pada perempuan. Berlimpahnya estrogen di dalam tubuh dapat memicu menstruasi lebih awal.

Selain itu, salah satu syarat seorang perempuan bisa mengalami haid pertamanya adalah kecukupan jumlah hormon leptin. Pada anak yang obesitas atau kelebihan berat badan, jumlah leptin akan semakin banyak dibandingkan dengan yang berat badannya normal. Itulah kenapa anak yang obesitas lebih mungkin mengalami menstruasi pertama duluan.

Dugaan kedua, hubungan minuman bersoda dengan usia menarche bisa dipicu karena lonjakan gula darah setelah mengonsumsi minuman ini. Lonjakan gula darah yang cepat dan tinggi ini akan meningkatkan lonjakan hormon insulin.

Nah, peningkatan insulin ini dapat memicu tingginya produksi hormon seks wanita yang dinamakan hormon estrogen. Seperti dijelaskan sebelumnya, tingginya estrogen dalam tubuh anak perempuan akan merangsang datangnya haid.

Ada banyak faktor yang memengaruhi datangnya haid pertama

Konsumsi minuman soda yang tinggi memang berkaitan dengan terjadinya menarche yang lebih cepat, tapi bukan semata-mata karena itu saja. Asupan makanan, faktor psikologis, dan paparan zat kimia juga bisa memengaruhi kapan haid pertama akan dialami seorang anak dan remaja perempuan.

Pola hidup sehat sejak dini yang menyeluruh (holistik) bisa melindungi anak perempuan Anda dari menarche yang terlalu cepat. Batasi konsumsi soft drink, hindari makanan tinggi lemak tapi rendah nutrisi, berolahraga secara rutin, dan tidur yang cukup agar anak perempuan mengalami masa puber yang sehat dengan menstruasi pertama tepat pada rentang usia seharusnya, yakni sekitar 11-14 tahun.

health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Neman Daniel. 2017. The Reason Girls Are Getting Their Period Earlier. [Online] Tersedia pada: https://www.stuff.co.nz/life-style/well-good/teach-me/92830610/the-reason-girls-are-getting-their-period-earlier (Diakses 21/12/2017)

Harvard School of Public Health.2012. The Problem: Sugary Drinks are a Major Contributor to the Obesity Epidemic. [Online] Tersedia pada: https://cdn1.sph.harvard.edu/wp-content/uploads/sites/30/2012/10/sugary-drinks-and-obesity-fact-sheet-june-2012-the-nutrition-source.pdf  (Diakses 21/12/2017)

Carwile JL dkk. 2015. Sugar-Sweetened Beverage Consumption and Age at Menarche in a Prospective Study of US girls. Human Reproductive pp 1-9. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/25628346

Batubara JR, Soesanti F, Waal Van de. 2010. Age t Menarche in Indonesian Girls: A National Survey. Acta Med Indones 42(2): 78-81 https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/20513931

Harvard T.H. Chan School of Public Health. Tanpa Tahun. Sugary Drinks Linked with Earlier Menstruation. [Online] Tersedia pada: https://www.hsph.harvard.edu/news/hsph-in-the-news/sugary-drinks-linked-with-earlier-menstruation/ (Diakses 21/12/2017)

NHS Choices. 2015. Sugary Soft Drinks LInked to Earlier Periods in Girls. [Online] Tersedia ada: https://www.nhs.uk/news/food-and-diet/sugary-soft-drinks-linked-to-earlier-periods-in-girls/ (Diakses 21/12/2017)

Brooks Megan. 2011. Early Menarche LInked to Increased risk for Teen Depression. [Online] Tersedia pada: https://www.medscape.com/viewarticle/735376 (Diakses 21/12/2017)

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Rr. Bamandhita Rahma Setiaji Diperbarui 4 minggu lalu
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x