Perkembangan Bayi 28 Bulan

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: | Oleh

Tanggal update Januari 28, 2020
Bagikan sekarang

Perkembangan Bayi Usia 28 Bulan

Bagaimana seharusnya perkembangan bayi 28 bulan atau 2 tahun 4 bulan?

Perkembangan bayi 28 bulan atau 2 tahun 4 bulan dalam grafik perkembangan anak Denver II, umumnya sudah memiliki kemampuan dalam beberapa hal, yaitu:

  • Sudah merasa risih bila buang air ketika memakai popok bayi. 
  • Pelafalan dan ucapan anak semakin jelas.
  • Merasa takut ketika berjauhan atau separation anxiety.
  • Mulai bisa diarahkan untuk melakukan arahan sederhana.
  • Ingin membantu pekerjaan rumah.
  • Berusaha melompat lebih jauh dari jarak sebelumnya.
  • Mengangkat satu kaki dan bertahan dua detik.
  • Mengenal anggota tubuh.
  • Mampu mencuci dan mengeringkan tangan sendiri.

Kemampuan motorik kasar

Pada masa perkembangan bayi 28 bulan atau 2 tahun 4 bulan, si kecil emakin tidak bisa diam dan senang berlarian.  Bila dilihat dari grafik perkembangan anak Denver II, kemampuan motorik kasar bayi 28 bulan mencakup mampu melompat lebih jauh dari jarak sebelumnya. 

Tidak hanya itu, perkembangan bayi 28 bulan atau 2 tahun 4 bulan juga sudah sampai mampu menyeimbangkan tubuh dengan mengangkat satu kaki selama satu detik, melempar bola dan berdiri jinjit.  Si kceil juga mulai berani mengendarai sepeda roda tiga dan berusaha maju dengan memakai kaki yang menyentuh lantai.

Kemampuan motorik halus

Di masa perkembangan bayi 28 bulan atau 2 tahun 4 bulan, si kecil senang menyusun balok menjadi menara tanpa terjatuh. Ini adalah salah satu kemampuan motorik halus dalam perkembangan bayi 2 tahun 4 bulan.

Baby Center menyebut, di usia ini, si kecil juga sudah bisa berkonsentrasi lebih lama ketika ia sudah fokus, sekitar 20 menit. 

Dalam grafik perkembangan anak Denver II, selain membuat menara, perkembangan bayi 28 bulan dalam hal kemampuan motorik halus juga sudah mampu menyusun balok secara vertikal, mencoret dengan krayon lebih jelas, dan menggoyangkan jempol. 

Di perkembangan bayi 28 bulan atau 2 tahun 4 bulan ini, si kecil belajar sesuatu yang baru dengan cepat dan banyak. Bila jeli, Anda bisa melihat bakat anak mulai dari usia 2 tahun 4 bulan.

Ahli pendidikan anak mengatakan bahwa terkadang bakat anak sudah terlihat jelas sejak bayi . Hal ini ditandai ketika seorang anak belajar lebih cepat dari anak-anak lain seusianya pada bidang tertentu.

Meski begitu, tidak sedikit juga anak yang bakatnya baru terlihat di usia 5 tahun ke atas, atau sudah masuk usia sekolah dasar.

Kemampuan sosial dan emosional

Jika sebelumnya anak Anda termasuk tipe pendiam dan sulit dekat dengan teman sebayanya, maka dalam perkembangan bayi 28 bulan, umumnya ia mulai menunjukkan ketertarikan pada anak lain. Anak mulai berusaha menjalin hubungan pertemanan dengan anak seusianya. 

Melansir dari Baby Center, perkembangan bayi 28 bulan ini juga membantu latihan kemampuan sosial dan menambah variasi permainan mereka. Bila anak Anda datang ke daycare atau preschool setiap hari, ia mungkin sudah  merasa betah dan selalu bersama dengan teman favoritnya.

Kemampuan sosial dan emosional pada perkembangan bayi 28 bulan atau 2 tahun 4 bulan sudah mampu memakai pakaian sendiri, menyikat gigi sendiri meski masih dibantu orang lain, dan mulai mengucapkan nama teman.

Kemampuan komunikasi dan bahasa

Dalam perkembangan bayi 28 bulan atau 2 tahun 4 bulan untuk aspek kemampuan komunikasi dan bahasa, tampak si kecil semakin terasah dan mengalami perkembangan. Anak mampu menunjuk gambar dan menyebutkan gambar tersebut, mengenal anggota tubuh dan menyebutkannya, ucapan dan pelafalan anak semakin jelas dan dimengerti oleh orang dewasa.

Bagaimana cara membantu perkembangan bayi 28 bulan atau 2 tahun 4 bulan?

Beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membantu perkembangan si kecil, antara lain:

Bermain dengan teman sebaya

Bila dalam perkembangan bayi 28 bulan,  si kecil malu-malu saat bertemu teman sebaya, Anda bisa mengajak sepupu atau teman yang memiliki anak dan usianya tidak terlalu jauh dengan anak nda. Tidak perlu banyak, cukup 2-3 anak saja. Terlalu banyak anak justru bisa membuat anak bingung dan memicu anak berkelahi

Pada masa perkembangan bayi 28 bulan atau 2 tahun 4 bulan, anak-anak biasanya berkembang lebih baik saat berada dalam kelompok seusianya. Jadi, sebaiknya atur janji bermain dengan teman seusianya. Bermain bersama bisa menjadi cara untuk membantu perkembangan bayi 2 tahun 4 bulan dalam hal kemampuan sosial dan emosional.

Selain itu, agar kemampuan sosial anak semakin terasah, Anda bisa mencampurkan usia anak dalah satu kelompok. Pada masa perkembangan bayi 28 bulan atau 2 tahun 4 bulan, si kecil sudah mampu belajar banyak dari usia lebih tua dan muda, sehingga kemampuan sosial dan emosional anak semakin baik.

Ajak berbincang saat sedang bermain

Ketika perkembangan bayi 2 tahun 4 bulan dalam kemampuan bahasa kurang baik, Anda bisa melatihnya dengan mengajak ngobrol ketika ia sedang bermain.

Sebagai contoh, ketika anak sedang main masak-masakan, tanyakan ia sedang masak apa dan bahan apa saja yang dipakai. Bila ia terlihat kebingungan saat sedang memegang satu benda, sebutkan nama benda itu. “oh, masaknya pakai wortel ya. Benar, itu wortel.” Hal ini akan membantu perkembangan bayi 28 bulan atau 2 tahun 4 bulan

Kesehatan Bayi Usia 28 Bulan

Apa yang harus didiskusikan dengan dokter untuk mendukung perkembangan bayi 28 bulan atau 2 tahun 4 bulan?

Ketika Anda melihat anak masturbasi pada fase perkembangan bayi 28 bulan atau 2 tahun 4 bulan, jangan panik. Masturbasi merupakan sesuatu yang normal dilakukan. Hal ini tidak berbahaya bagi fisik, kesehatan atau tidak berarti anak Anda menjadi maniak seks.

Dalam perkembangan bayi 28 bulan atau 2 tahun 4 bulan, masturbasi pada anak kecil bukan seksual, karena anak kecil tidak tahu apa itu seks. Anak kecil melakukan masturbasi karena mereka menjelajah tubuhnya.

Meski begitu, terlalu sering masturbasi mengindikasikan suatu masalah. Jika anak Anda terus masturbasi atau berlebihan, mungkin ini suatu tanda ia merasa cemas atau bingung secara emosional.

Jika Anda melihat anak terlalu sering masturbasi dan merasa khawatir, sebaiknya periksa pada dokter agar tidak mengganggu perkembangan bayi 28 bulan 2 tahun 4 bulan.

Apa yang harus diketahui tentang perkembangan bayi 28 bulan atau 2 tahun 4 bulan?

Pada perkembangan bayi 28 bulan atau 2 tahun 4 bulan, Anda mungkin bertanya-tanya kapan Anda memasukan ke prasekolah. Memang terkadang membuat stres saat harus memilih prasekolah yang tepat untuk anak. Berikut beberapa tips untuk memastikan sekolah yang Anda pilih akan mendukung perkembangan anak.

  • Pastikan sekolah tersebut bersih. Sekolah adalah salah satu tempat kuman berkembangbiah. Anak prasekolah sangat mudah menyebarkan penyakit tertentu seperti flu dan kutu rambut. Anda harus bertanya seberapa sering mereka mencuci mainan dan keset.
  • Anda harus mengunjungi sekolah tersebut sehingga Anda bisa menilai lingkungan lebih baik. Apakah ada tempat bermain? Apakah kelasnya cukup besar? Untuk berapa banyak murid?
  • Bicarakan dengan guru. Sangat penting untuk menjalin hubungan baik dengan guru. Anda juga dapat bertanya mengenai bagaimana keseharian anak di sekolah.

Ada banyak metode mengajar dan jenis sekolah yang juga perlu Anda perhatikan. Pilih sekolah dengan anak dengan cermat dan mempertimbangkan berbagai aspek, agar dapat mendukung perkembangan bayi 28 bulan atau 2 tahun 4 bulan.

Hal yang Harus Diperhatikan

Apa yang harus diperhatikan di perkembangan bayi 28 bulan atau 2 tahun 4 bulan?

Pada masa perkembangan perkembangan bayi 28 bulan atau 2 tahun 4 bulan,  jangan terlalu sering membiarkan  anak menonton televisi. Batas anak aman menonton televisi atau bermain gadget pada usia ini adalah di bawah 2 jam dalam sehari.

Menonton televisi terlalu sering sering dianggap sebagai pemicu terlambat bicara dan kemampuan perkembangan bahasa anak, sampai obesitas.

Memang melelahkan untuk selalu waspada setiap saat mengawasi anak Anda. Namun, anak usia 1 dan 2 sangat rentan dengan kejadian yang datang secara tiba-tiba, seperti tenggelam dan keracunan.

Jadi berhatilah-hatilah di waktu kritis saat insiden pada anak biasanya terjadi, seperti pagi hari, sebelum makan malam, saat berada di luar rumah, liburan, dan saat kedatangan tamu.

Kemudian, bagaimana perkembangan bayi 29 bulan?

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Perkembangan Balita 60 Bulan atau 5 Tahun

Perkembangan balita 60 bulan atau 5 tahun, termasuk mampu memanjat, menggambar dan mengulang cerita yang didengar. Ketahui perkembangan lengkap di sini.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Riska Herliafifah
Parenting, Perkembangan Balita November 25, 2019

Perkembangan Balita 54 Bulan atau 4 Tahun 6 Bulan

Perkembangan balita 54 bulan atau 4 tahun 6 bulan yang penting termasuk memahami posisi dan tempat. Ketahui perkembangan lengkap di sini.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Riska Herliafifah
Parenting, Perkembangan Balita November 22, 2019

Perkembangan Balita 51 Bulan atau 4 Tahun 3 Bulan

Pada fase perkembangan balita 51 bulan atau 4 tahun 3 bulan, si kecil makin mahir berbicara dan memilih kata-kata. Ketahui perkembangan lengkap di sini.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Riska Herliafifah
Parenting, Perkembangan Balita November 22, 2019

Perkembangan Balita 42 Bulan atau 3 Tahun 6 Bulan

Tahap perkembangan balita 42 bulan atau 3 tahun 6 bulan semakin baik dari banyak aspek. Ketahui perkembangan lengkap di sini.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Riska Herliafifah
Parenting, Perkembangan Balita November 19, 2019

Direkomendasikan untuk Anda

Panduan Memenuhi Kebutuhan Gizi Balita Usia 2-5 Tahun

Panduan Memenuhi Kebutuhan Gizi Balita Usia 2-5 Tahun

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Riska Herliafifah
Tanggal tayang Maret 20, 2020
Usia Berapa Anak Mulai Belajar Berlari?

Usia Berapa Anak Mulai Belajar Berlari?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Karinta Ariani Setiaputri
Tanggal tayang Januari 11, 2020
4 Pilihan Les untuk Balita Sekaligus Manfaatnya

4 Pilihan Les untuk Balita Sekaligus Manfaatnya

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Aprinda Puji
Tanggal tayang Desember 24, 2019
Memahami Perkembangan Bahasa Balita Usia 2-5 Tahun

Memahami Perkembangan Bahasa Balita Usia 2-5 Tahun

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Riska Herliafifah
Tanggal tayang Desember 2, 2019