Perkembangan Bayi 27 Bulan

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: | Oleh

Tanggal update Januari 28, 2020
Bagikan sekarang

Perkembangan Bayi Usia 27 Bulan

Bagaimana seharusnya perkembangan bayi 27 bulan atau 2 tahun 3 bulan?

Perkembangan bayi 27 bulan atau 2 tahun 3 bulan dalam grafik perkembangan anak Denver II, umumnya sudah memiliki kemampuan dalam beberapa hal, yaitu:

  • Menyebutkan nama teman.
  • Menyikat gigi sendiri lebih lancar meski dengan bantuan.
  • Mencuci tangan dan mengeringkan sendiri.
  • Menggoyang-goyangkan jempol.
  • Mengetahui apa yang diinginkan.
  • Memakai celana sendiri.
  • Memakai baju sendiri.
  • Pelafalan dan mengucapan anak mulai mudah dimengerti dan jelas.
  • Menaiki anak tangga.
  • Berdiri sendiri ketika terjatuh.

Kemampuan motorik kasar

Perkembangan bayi 27 bulan dari segi kemampuan motorik kasar sudah semakin baik. Pada usia ini, si kecil sudah mampu berjalan lebih cepat, melompat dengan baik, bahkan sedang bersiap belajar melompat lebih jauh lagi. Kemampuan anak melempar bola juga sudah baik. 

Kegiatan yang dilakukan berulang-ulang bisa menyempurnakan kemampuan motorik kasar untuk perkembangan bayi 27 bulan atau 2 tahun 3 bulan. Ini alasan mengapa si kecil selalu memanjat atau masuk ke dalam kotak secara berulang, meski sudah dilarang oleh Anda.

Perkembangan bayi 27 bulan dari segi kemampuan motorik halus

Siapkan peralatan menggambar untuk anak Anda. Pasalnya, dalam perkembangan bayi 27 bulan atau 2 tahun 3 bulan ini, mereka sedang senang mengeksplorasi sisi seninya dengan mencoret apapun yang ada di depannya. Ini adalah sarana bagi anak untuk mengekspresikan diri. 

Di perkembangan bayi 27 bulan atau 2 tahun 3 bulan, biarkan saja gambar si kecil hanya berupa  coretan tidak berbentuk. Ini merupakan awalan untuk anak mengenal warna dan mengasah motorik halusnya. Koordinasi antara kinerja tangan dan otak sedang dilatih dalam fase ini.

Tidak hanya menggambar, perkembangan bayi 27 bulan atau 2 tahun 3 bulan juga menunjukkan ia akan senang menumpuk berbagai benda menjadi satu bentuk menara dari 8 kubus. Bahkan, anak sangat senang bermain puzzle sederhana tanpa bantuan orang lain. Selain itu, pada usia ini juga sudah bisa membuat garis lurus. 

Kemampuan bahasa dan komunikasi

Si kecil semakin banyak bicara dan bertanya tentang hal yang sulit dijelaskan? Ini adalah tanda  kemampuan bahasa anak berkembang dengan baik. Perkembangan bayi 27 bulan dari segi bahasa dan kosakata, antara lain ucapannya sudah mulai jelas dan dimengerti. Meski begitu, mereka masih memiliki kesulitan dalam mengucapkan huruf R atau S. 

Bila dilihat dari grafik Denver II, perkembangan bayi 27 bulan atau 2 tahun 3 bulan dalam kemampuan bahasa sudah mampu mengucapkan dan mengenal anggota tubuh lebih banyak. Awalnya 6 bagian, kini bertambah menjadi 8. Si kecil juga sudah bisa mengatakan benda atau sesuatu yang Anda tunjuk.

Kemampuan sosial dan emosional

Sisi emosional dan sosial anak sedang ditempa ketika ia menginjak usia perkembangan 27 bulan. Dalam perkembangan bayi 27 bulan atau 2 tahun 3 bulan, anak belajar untuk memakai mainan bersama dengan teman.

Pada usia ini, sebagian anak sudah ada yang mulai bisa menyebutkan nama temannya. Di fase ini, anak belajar untuk berbagi dengan sesama, sehingga menumbuhkan rasa empati.

Bagaimana cara membantu perkembangan bayi 27 bulan tau 2 tahun 3 bulan? 

Untuk melatih perkembangan bayi 27 bulan 2 tahun 3 bulan dalam memperkaya kosakata, sebaiknya Anda tidak menggunakan dua bahasa atau bilingual. Ini akan membuat anak kebingungan ketika ingin mengatakan sesuatu.

Anda bisa memulai dengan bahasa yang paling sering digunakan di rumah. Perkembangan bayi 27 bulan atau 2 tahun 3 bulan, kemungkinan akan terganggu bila terlalu sering memakai dua bahasa atau lebih.

Kesehatan Bayi Usia 27 Bulan

Apa yang harus didiskusikan dengan dokter untuk perkembangan bayi 27 bulan atau 2 tahun 3 bulan?

Bila dalam masa perkembangan bayi 27 bulan atau 2 tahun 3 bulan, anak Anda belum mencapai target kemampuan bicara atau lebih sering bicara bahasa bayi, jangan cemas. Walaupun anak Anda terlihat ketinggalan dibanding anak seusianya, ini tidak masalah selama ia menunjukan peningkatan dalam perkembangan bahasanya setiap bulan.

Tapi, bila Anda melihat si kecil tidak mengalami peningkatan dalam perkembangan bayi 2 tahun 3 bulan atau perkembangan bayi 27 bulan, konsultasikan dengan dokter untuk mengevaluasi kemampuan bahasa anak. 

Terapi wicara sering dilakukan untuk anak terlambat bicara, terutama pada usia prasekolah. Biaya terapi bervariasi tergantung kebutuhan anak. Sesuaikan dengan kemampuan anak dan layanan yang tersedia di daerah terdekat rumah. Ini untuk meningkatkan perkembangan bayi 27 bulan atau 2 tahun 3 bulan.

Apa yang harus diketahui tentang perkembangan bayi 27 bulan atau 2 tahun 3 bulan?

Bergerak adalah kegiatan yang sangat penting untuk anak. Anda perlu membiasakan si kecil untuk beraktivitas di luar ruangan, agar perkembangan bayi 27 bulan atau 2 tahun 3 bulan tetap berjalan dengan baik.

Berikut beberapa tips untuk menjaga agar si kecil tetap aktif pada masa perkembangan bayi 27 bulan atau 2 tahun 3 bulan:

  • Keluar rumah. Tidak ada yang bisa menggantikan udara segar dan hangatnya matahari. Anda dapat mengajak ia jalan-jalan atau ke taman. Anak Anda dapat melompat dan berlari.
  • Lakukan rutinitas yang sehat. Daripada naik mobil, Anda bisa berjalan kaki menuju supermarket atau pasar terdekat dari rumah. Ajak si kecil agar ia mengetahui kegiatan di pagi hari sangat menyenangkan.
  • Batasi waktu istirahat. Sebesar apapun godaan untuk memberikan tablet untuk menonton acara kesukaannya, namun jangan sampai dilakukan terlalu sering.Dianjurkan untuk membatasi waktu menonton untuk anak tidak lebih dari 2 jam.
  • Bergabung dalam tim olahraga. Anak Anda dapat masuk dalam tim sepak bola. Bermain dengan balita lain dapat mendorongnya aktif secara fisik.
  • Jadi contoh untuk anak. Anak adalah peniru ulung. Jika Anda ingin anak aktif secara fisik, Anda juga harus aktif. Anda dapat berolahraga bersama. Hal ini sangat bermanfaat bagi anak dan Anda.

Hal yang Harus Diperhatikan

Apa yang harus diperhatikan di perkembangan bayi 27 bulan atau 2 tahun 3 bulan?

Di perkembangan bayi 27 bulan atau 2 tahun 3 bulan, kebersihan adalah salah satu hal yang penting dijaga ketika anak masuk usia di atas dua tahun.

Pada saat ini, si kecil sedang sangat aktif dan senang menjelajahi banyak hal. Tidak terkecuali lingkungan sekitar yang banyak kuman, misalnya bermain tanah, mainan, boneka, atau selesai berjabat tangan dengan temannya.

Cara terbaik menjaga kebersihan tangan anak di fase perkembangan bayi 27 bulan atau 2 tahun 3 bulan, yaitu dengan mengajarkan cara cuci tangan.

Di usia ini, anak sudah bisa mencuci tangan dan mengeringkan tangannya sendiri. Manfaatkan kemampuan ini untuk membiasakan si kecil mencuci tangan sebelum makan dan setelah selesai berkegiatan.

Pertama, pastikan alat cuci tangan tersedia seperti sabun cair, handuk, tangga kecil untuk mencapai wastafel dan memonitornya. Kemudian, ajarkan anak cara mencuci tangan yang benar dengan menggunakan sabun minimal 15 detik dan menggosok telapak tangan dan punggung tangan, kuku, kutikula, dan sela jari.

Pastikan Anda menjelaskan pada si kecil alasan dan kapan perlu mencuci tangan untuk mencegah penyebaran kuman. Waktu terbaik yaitu setelah ke kamar mandi, sebelum makan, dan setelah bermain.

Lakukan secara rutin karena anak senang melakukan sesuatu secara berulang. Dengan ini, anak akan semakin sering mencuci tangan dan terhindari dari penyakit. Rutinitas ini dapat meningkatkan kesehatan, sehingga mendukung  perkembangan bayi 27 bulan atau 2 tahun 3 bulan agar lebih baik lagi.

Kemudian, bagaimana perkembangan bayi 28 bulan?

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Panduan Memenuhi Kebutuhan Gizi Balita Usia 2-5 Tahun

Memenuhi kebutuhan gizi balita sangat penting untuk tumbuh kembang anak. Berikut panduan gizi seimbang pada balita yang bisa Anda praktikkan.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Riska Herliafifah
Parenting, Nutrisi Anak Maret 20, 2020

5 Penyakit dari Kucing yang Bisa Menular ke Anak Anda

Bermain dengan kucing memberikan manfaat bagi perkembangan anak. Namun, orangtua tetap perlu waspada karena anak juga bisa tertular penyakit dari kucing.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Diah Ayu
Kesehatan Anak, Parenting Februari 25, 2020

Kulit Anak Terinfeksi Setelah Dicakar Kucing; Apakah Akan Menular ke Anak Lain?

Dicakar kucing tidak hanya menimbulkan lecet, tapi juga bisa berisiko menimbulkan infeksi pada anak. Lantas, bila si kecil terinfeksi, apakah akan menular?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Aprinda Puji
Kesehatan Anak, Parenting Februari 22, 2020

Usia Berapa Anak Mulai Belajar Berlari?

Sudah mampu berdiri dan berjalan sendiri, di usia berapa anak mulai akan belajar berlari? Dan bagaimana cara ortu bantu melatihnya?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Karinta Ariani Setiaputri
Parenting, Perkembangan Balita Januari 11, 2020

Direkomendasikan untuk Anda

Bagaimana Selulitis Terjadi pada Anak dan Cara Mencegahnya?

Bagaimana Selulitis Terjadi pada Anak dan Cara Mencegahnya?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh Ihda Fadila
Tanggal tayang April 18, 2020
Gastritis

Gastritis

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Novita Joseph
Tanggal tayang April 13, 2020
Apakah Kucing dan Hewan Lainnya Dapat Tertular COVID-19 dari Manusia?

Apakah Kucing dan Hewan Lainnya Dapat Tertular COVID-19 dari Manusia?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh Ulfa Rahayu
Tanggal tayang April 9, 2020
Meningitis (Radang Selaput Otak)

Meningitis (Radang Selaput Otak)

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh Fajarina Nurin
Tanggal tayang April 9, 2020