Perkembangan Balita 54 Bulan atau 4 Tahun 6 Bulan

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 30/01/2020
Bagikan sekarang

Perkembangan Balita Usia 54 Bulan

Bagaimana seharusnya perkembangan balita 54 bulan atau 4 tahun 6 bulan?

Perkembangan balita 54 bulan atau 4 tahun 6 bulan atau 54 bulan tentu sudah semakin banyak dan berkembang dari sejak ia lahir. Umumnya, dalam perkembangan balita 54 bulan, anak sudah bisa melakukan beberapa, yaitu:

  • Menyiapkan sarapan sederhana sendiri, seperti sereal atau roti.
  • Menyikat gigi sendiri tanpa bantuan orang lain.
  • Bermain kartu dan papan interaktif.
  • Memakai pakaian sendiri.
  • Gambar anak semakin jelas dan bisa meniru gambar orang lain.
  • Ucapan sudah sangat jelas dan dimengerti.
  • Mampu mengenali 1-6 jenis warna.
  • Menghitung balok mainan.
  • Anak mengerti sebuah posisi dan tempat (misalnya, di dalam rumah, di atas kulkas, di bawah meja).

Kemampuan motorik kasar

Semakin bertambah usia anak, kemampuan motorik kasar anak juga semakin baik. Tandanya, anak Anda tidak bisa diam dan senang bergerak kemana-mana.

Dalam grafik perkembangan anak Denver II ditunjukkan bahwa perkembangan balita 54 bulan atau 4 tahun 6 bulan meliputi, kemampuan untuk melompat dengan jarak lebih jauh, menyeimbangkan tubuh selama 1-5 detik dengan cara mengangkat satu kaki, berlari, berguling, dan memanjat.

Tidak hanya itu, dalam Center of Disease Control and Prevention dijelaskan bahwa perkembangan anak 4 tahun 6 bulanbisa disebut baik, ditandai dengan kemampuannya dalam menaiki anak tangga.

Meski terlihat membahayakan, fase ini cukup penting dalam perkembangan balita 54 bulan atau perkembangan anak 4 tahun 6 bulan.

Kemampuan motorik halus

Di perkembangan balita 54 bulan atau 4 tahun 6 bulan, anak semakin tertarik dengan sesuatu yang penuh warna. Tanda kemampuan motorik halus anak dalam keadaan baik adalah ia antusias saat melihat warna dan menggambar

Dilansir dari WebMD, goresan yang ia buat tidak hanya berupa coretan, ia sudah bisa membentuk sesuatu dengan krayon yang dipegangnya. Ia sudah bisa membuat bentuk lingkaran, kotak, segitiga, sampai menggambar orang dengan bagian tubuh yang lebih lengkap. Ini salah satu tahap perkembangan balita 54 bulan atau 4 tahun 6 bulan.

Selain itu, si kecil juga sudah mampu menggambar orang dengan kepala, tangan, kaki, mata, hidung, telinga, dan mulut. Meski gambarannya belum begitu baik, Anda perlu mengapresiasi apa yang sudah anak Anda capai dan lakukan karena termasuk dalam perkembangan balita 54 bulan atau 4 tahun 6 bulan.

Kemampuan komunikasi dan bahasa

Hal yang paling terasa dalam perkembangan balita 54 bulan atau perkembangan anak 4 tahun 6 bulan adalah kemampuan komunikasi dan bahasa yang semakin baik. Anda akan menyadari betapa banyak bicaranya si kecil, dari pertanyaan yang kadang sulit dijawab.

Dalam grafik Denver II ditunjukkan bahwa kemampuan bicara anak sudah sangat baik, ditandai dengan pengucapan yang sangat jelas dan mudah dimengerti. Ia tidak lagi berbicara dengan “bahasa bayi” yang pelafalannya kurang jelas. Ini salah satu perkembangan balita 54 bulan.

Selain itu, anak sudah mengerti penempatan kata. Misalnya, adik ada di kamar, gelas di atas meja, ibu sedang tidur di atas kasur. Dalam perkembangan anak 4 tahun 6 bulan (perkembangan balita 54 bulan), si kecil sudah mampu menyebutkan dan menunjuk 1-5 jenis warna yang dilihatnya.

Kemampuan sosial dan emosional

Bila si kecil terlihat bosan dengan rutinitas atau kegiatan yang pernah ia lakukan? Berikan anak pengalaman baru, karena ini adalah salah satu dalam tahap perkembangan balita 54 bulan. Di usia ini, anak sangat antusias tertarik dengan pengalaman baru.

Dalam Childmind dijelaskan bahwa di perkembangan balita 54 bulan menjadi fase anak mencoba lebih banyak hal baru dalam hidupnya.

Selain itu, anak juga sangat senang bermain dengan imajinasi yang ada di pikirannya, bahkan dalam perkembangan anak 4 tahun 6 bulan (perkembangan balita 54 bulan), ia memasuki tahap mencari solusi dari masalah yang ia hadapi. Sesederhana balok yang tidak bisa berdiri tegak, misalnya.

Bagaimana cara membantu perkembangan balita 54 bulan?

Ajak anak untuk mencoba hal baru

Dalam perkembangan anak 4 tahun 6 bulan (perkembangan balita 54 bulan), anak sedang sangat menyukai hal baru dan cenderung lebih mudah bosan. Anda bisa mengajaknya untuk bermain ke tempat yang belum pernah ia datangi.

Misalnya, berenang ke waterboom yang lebih banyak mainannya atau kegiatan sederhana lain, seperti mengajak belanja ke pasar tradisional. Biarkan anak mengetahui suasana dan transaksi yang Anda lakukan. Di sini, anak juga belajar bahwa tempat belanja tidak hanya super market  yang ada di mall. Sehingga perkembangan balita 54 bulan berjalan optimal.

Kesehatan Balita Usia 54 Bulan

Apa yang harus didiskusikan dengan dokter untuk membantu perkembangan balita 54 bulan atau 4 tahun 6 bulan?

Bila Anda merasa perkembangan balita 54 bulan atau 4 tahun 6 bulan tidak memiliki perkembangan berarti, segera konsultasi ke dokter. Tanda-tanda yang membuat Anda harus berkonsultasi ke dokter yaitu:

  • Jarang atau bahkan tidak bermain dengan imajinasinya (misal, bermain masak-masakan, perang-perangan, atau permainan lainnya).
  • Tidak bisa mengontrol emosi, karena di usia ini seharusnya anak sudah bisa mengendalikan emosi.
  • Tidak bisa meniru atau menyalin gambar berbentuk lingkaran.
  • Saat bicara, tidak memakai kalimat lebih dari 3 kata.
  • Tidak menempatkan kata “kamu” dan “aku” secara benar.
  • Tidak tertarik dengan permainan yang interaktif.
  • Tidak bisa menyusun 4 balok menjadi menara.
  • Tidak bisa melompat di tempat.
  • Tidak bisa mengendarai sepeda roda tiga.
  • Tidak bisa memegang krayon antara jempol dan jari.

Apa yang harus diketahui dalam perkembangan balita 54 bulan atau 4 tahun 6 bulan?

Di perkembangan balita 54 bulan atau 4 tahun 6 bulan, kemampuan berpikir anak termasuk memahami tentang waktu. Sebagai contoh, pagi hari waktunya mandi dan sekolah, sore bermain dengan teman, dan malam hari waktunya tidur. Anak juga mulai mengenal lingkungan dan orang-orang yang ada di sekitar. 

Seperti yang sudah disebutkan bahwa imajinasi anak sedang berkembang sangat baik di usia ini, sehingga tidak jarang anak merasa apa yang ada di pikirannya akan  terjadi di dunia nyata. Tidak heran bila si kecil sering bertanya acak pada Anda tentang apa yang ada di pikirannya. Ini salah satu ciri meningkatnya perkembangan balita 54 bulan atau 4 tahun 6 bulan.

Hal yang Harus Diperhatikan

Apa yang harus diperhatikan dalam perkembangan balita 54 bulan atau 4 tahun 6 bulan?

Pada perkembangan balita 54 bulan atau 4 tahun 6 bulan, anak sudah mengerti kepemilikan dan rasa cemburu. Inilah yang membuatnya sering berkelahi atau berdebat dengan kakak dan adiknya.

Pada masa ini, Anda perlu memperhatikan saat anak sedang bersama kakak atau adiknya, apakah mereka sedang berebut mainan atau justru bermain bersama. 

Bila mereka terlihat berselisih paham, pastikan Anda tidak memihak pada salah satu dari mereka agar tidak merasa disingkirkan secara tidak langsung.

Kemudian, bagaimana perkembangan balita 57 bulan?

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Usia Berapa Anak Mulai Belajar Berlari?

Sudah mampu berdiri dan berjalan sendiri, di usia berapa anak mulai akan belajar berlari? Dan bagaimana cara ortu bantu melatihnya?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri

4 Pilihan Les untuk Balita Sekaligus Manfaatnya

Ingin anak jadi lebih aktif dengan kegiatan yang bermanfaat? Anda bisa mengikutsertakan anak pada kelas atau les untuk balita. Berikut pilihannya.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji

Liburan untuk Latih Jiwa Sosial Anak: Camping hingga ke Panti Asuhan

Liburan tidak melulu soal hiburan. Waktu liburan juga bisa dimanfaatkan guna mengembangkan kemampuan diri anak, seperti membentuk jiwa sosial dan empatinya.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri

Idealnya, Berapa Kali Balita Buang Air Besar dalam Seminggu?

Tidak sedikit orangtua yang khawatir saat balitanya sering atau jarang BAB. Adakah patokan angka normal untuk balita buang air besar dalam sehari?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri

Direkomendasikan untuk Anda

kebutuhan cairan anak balita

Seberapa Banyak Kebutuhan Cairan Anak Balita Usia 2-5 Tahun?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 14/04/2020
kebutuhan protein balita

Panduan Seputar Kebutuhan Protein untuk Balita Usia 2-5 Tahun

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 10/04/2020
gizi pada balita

Panduan Memenuhi Kebutuhan Gizi Balita Usia 2-5 Tahun

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 20/03/2020
makanan penambah berat badan balita

Jenis dan Porsi Makanan Penambah Berat Badan untuk Balita

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 20/03/2020