Perkembangan Balita 42 Bulan atau 3 Tahun 6 Bulan

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Perkembangan Balita 42 Bulan

Bagaimana seharusnya perkembangan balita 42 bulan atau 3 tahun 6 bulan?

Pada tahap perkembangan balita 42 bulan atau perkembangan anak 3 tahun 6 bulan, si kecil anak semakin aktif dan memiliki kemampuan baru. Umumnya saat ini anak sudah menguasai beberapa hal, yaitu:

  • Menyeimbangkan tubuh dengan mengangkat kaki selama 1-5 detik.
  • Melompat-lompat seperti kelinci,
  • Mengetahui 2-3 jenis kata sifat, misalnya, mengantuk, haus, cantik, manis.
  • Menghitung balok yang sedang dimainkan.
  • Ucapan sudah lebih jelas dan dimengerti.
  • Menyebutkan 2-4 warna.
  • Meniru gambar bentuk, misalnya lingkaran, tambah, dan garis lurus.
  • Menggoyangkan jempol.
  • Menyiapkan sarapan sederhana, seperti sereal.
  • Menyikat gigi tanpa bantuan orang lain.
  • Memakai rok sendiri 

Kemampuan motorik kasar

Keseimbangan anak sedang diuji dalam tahap perkembangan balita 42 bulan. Melihat dari grafik Denver II, perkembangan anak 3 tahun 6 bulan, ia sudah mampu dan mahir melompat, termasuk  melompat-lompat sendiri di atas trampolin.

Si kecil juga sudah mampu menyeimbangkan tubuh dengan mengangkat kaki selama 1-3 detik.

Selain itu, tahap perkembangan balita 42 bulan atau anak 3 tahun 6 bulan dari segi motorik kasar meliputi berguling dan memanjat. Di fase ini, tangga seakan menjadi wahana permainan karena anak sedang senang berjalan menaiki dan menuruni tangga.

Kemampuan motorik halus

Coretan anak Anda semakin jelas dan memiliki bentuk, ini merupakan fase dari perkembangan balita 42 bulan dalam hal kemampuan motorik halus. Si kecil semakin sering menggambar dan meniru apa yang digambar oleh orang lain.

Si kecil dapat menggambar bentuk lingkaran, kotak, tambah, bahkan menggambar orang dengan versi sederhana. Apakah jempol anak sering digoyangkan? Ini juga termasuk dalam kemampuan motorik halus dalam perkembangan balita 42 bulan atau anak 3 tahun 6 bulan.

Kemampuan sosial dan emosional

Kemandirian anaksemakin terasa di tahap perkembangan balita 42 bulan atau perkembangan anak 3 tahun 6 bulan. Si kecil asyik melakukan banyak hal sendiri, seperti memakai pakaian sendiri dan menyikat gigi tanpa bantuan orang lain.

Si kecil juga sudah mampuu membersihkan tangan dan mengeringkannya sendiri, bermain kartu, bahkan sampai menyiapkan sarapan sederhana sendiri, seperti sereal. 

Anda merasa si kecil sedikit pemalu? Itu adalah hal wajar. Saat bertemu dengan orang lain, di perkembangan balita 42 bulan atau anak 3 tahun 6 bulan, anak akan sedikit merasa malu dan sedikit enggan bermain bersama karena belum merasa aman dan nyaman dengan orang baru.

Untuk mendekatkan anak dengan teman-temannya, Anda bisa mengajak si kecil bermain bersama. Anak usia ini sangat menikmati bermain peran atau imajinasi,  misalnya bermain seperti dokter, menyuapi boneka.

Kemampuan bahasa dan komunikasi

Di tahap perkembangan balita 42 bulan atau anak 3 tahun 6 bulan dari segi kemampuan bahasa dan komunikasi, anak semakin sering bertanya “kenapa” untuk banyak hal yang sering sulit dijawab dengan bahasa sederhana.

Selain itu, di perkembangan balita 42 bulan, anak Anda sudah bisa menyebutkan 4 gambar yang ia tunjuk, mengetahui 2-4 kegiatan yang sedang dilakukan anak (misalnya masak-masakkan atau bermain bola).

Si kecil juga sudah mampu menyebutkan 1-4 jenis warna, menghitung balok yang sedang dimainkan, dan ucapannya lebih mudah dimengerti serta semakin jelas.

Di perkembangan balita 42 bulan atau anak 3 tahun 6 bulan, ia sudah mampu menyusun kalimat sederhana dengan 2-3 kata, misalnya, aku mau makan atau burung terbang tinggi. 

Bagaimana cara membantu perkembangan balita 42 bulan atau 3 tahun 6 bulan?

Ada dua hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu perkembangan balita:

Meningkatkan kemampuan sosial dan emosional

Semakin sering anak bertemu dengan teman-temannya, perkembangan balita 42 bulan atau 3 tahun 6 bulan dalam hal kemampuan sosial si kecil harus ditingkatkan dan terus diasah. Beberapa caranya yaitu:

  • Bimbing anak Anda ketika sedang bermain menyusun balok bersama teman-temannya. Tidak perlu ikut campur terlalu banyak, amati saja dan ketika anak butuh bantuan, Anda sudah siap membantu.
  • Tingkatkan percaya diri dan kemandirian anak dengan meminta si kecil mencocokan sepatu dan kaus kaki .
  • Bermain peran untuk mengasah imajinasi anak.
  • Mengolah emosi ketika anak sedang tantrum dengan mengajaknya bicara saat anak sudah tenang.

Meningkatkan kemampuan bahasa dan komunikasi anak

Dalam perkembangan balita 42 bulan atau anak 3 tahun 6 bulan, anak sudah mengenal angka dan huruf yang tertulis di kertas. Untuk mengasah kemampuan bahasa dan literasi anak

Beberapa cara yang bisa dipakai yaitu, mengajak anak untuk bercerita kegiatan yang dilakukan sehari-hari. Ini akan memancing anak untuk lebih banyak bicara dan Anda bisa menambahkan kosakata yang sulit diucapkan oleh si kecil dan membantu perkembangan balita 42 bulan atau anak 3 tahun 6 bulan.

Selain itu, Anda juga bisa memberikan arahan sederhana, misalnya membereskan mainan, menyimpan gelas di atas meja. Ucapkan terima kasih karena sudah membantu membereskan mainan. Ini membuat anak lebih dihargai di perkembangan bayi 42 bulan atau anak 3 tahun 3 bulan.

Kesehatan Balita 42 Bulan

Kapan saya harus ke dokter untuk membantu perkembangan bayi 42 bulan atau 3 tahun 3 bulan?

Perkembangan setiap anak memang berbeda-beda, ada yang lebih cepat ada, sesuai usia, tapi ada juga yang lebih lambat. Anda perlu berkonsultasi ke dokter bila perkembangan anak 3 tahun 6 bulan atau perkembangan balita 42 bulan mengalami keterlambatan. Ciri-cirinya sebagai berikut:

  • Anak terlihat kesulitan membentuk kalimat dan bahasa dasar yang sederhana.
  • Anak sulit mengendalikan buang air kecil terutama ketika sudah potty training.
  • Anak tidak bisa memegang krayon dengan jempol dan jari lainnya.
  • Tidak antusias terhadap mainan dan tidak bermain peran atau imajinasi.
  • Separation anxiety yang berlebihan cenderung membahayakan diri.
  • Tidak bisa menyusun 4 balok dan bermasalah dengan benda yang lebih kecil.
  • Tidak merespon anggota keluarga yang sering ditemui.
  • Menghindari kontak mata.
  • Tidak mengerti arahan sederhana.

Apa yang harus diketahui untuk mendukung perkembangan balita 42 bulan atau 3 tahun 6 bulan?

Di tahap perkembangan balita 42 bulan atau 3 tahun 6 bulan, anak sudah mengerti tentang menahan buang air kecil. Agar anak tidak sampai mengompol, Anda bisa menanyakan pada anak, apakah ada rasa ingin buang air kecil ketika sedang dalam perjalanan.

Kalau memang tidak terasa dan akan menghadapi perjalanan jarak jauh, Anda bisa meminta anak untuk buang air kecil terlebih dahulu sebelum berangkat. Ini untuk mencegah anak mengompol ketika dalam perjalanan dan tidak mengganggu perkembangan bayi 42 bulan.

Perhatian saya

Apa yang harus diprhatikan di perkembangan balita 42 bulan atau 3 tahun 6 bulan?

Dalam perkembangan balita 42 bulan atau anak 3 tahun 6 bulan, anak sudah mengerti keamanan dan bahaya. Sebagai contoh berjalan dengan pelan ketika lantai licin, berhati-hati saat memegang gunting, dan menyentuh gelas yang panas.

Di fase ini, Anda bisa mengajari anak untuk lebih berhati-hati saat melakukan sesuatu, agar insting dia terhadap bahaya bisa lebih tajam.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: November 19, 2019 | Terakhir Diedit: Januari 29, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca