home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Perkembangan Anak Usia 3 Tahun

Perkembangan Anak Usia 3 Tahun|Kesehatan Anak Usia 3 Tahun|Hal yang Harus Diperhatikan
Perkembangan Anak Usia 3 Tahun

Perkembangan Anak Usia 3 Tahun

Bagaimana seharusnya perkembangan anak usia 3 tahun?

Pada perkembangan anak 3 tahun, Anda akan semakin sering terkejut dengan beragam kemajuan yang dicapai di kecil. Umumnya, setelah merayakan ulang tahun ke-3, si kecil memiliki beberapa kemampuan, yaitu:

  • Melompat lebih jauh dari jarak sebelumnya.
  • Menyeimbangkan tubuh dengan mengangkat kaki selama 1-3 detik.
  • Mengetahui 2 jenis kata kerja, misalnya kakak tidur atau adik minum).
  • Menyebutkan satu jenis warna.
  • Ucapan sudah sangat jelas.
  • Menghitung balok 1-10.
  • Mengetahui kegiatan yang sedang dilakukan, misalnya masak-masakan.
  • Menunjuk 4 gambar dan menyebutkannya.

Anak usia 3 tahun umumnya sudah memiliki beberapa kemampuan di atas, berikut penjelasan lengkapnya.

Kemampuan motorik kasar

Dalam grafik Denver II digambarkan bahwa tahap perkembangan anak usia 3 tahun dari segi kemampuan motorik kasar sudah mampu menyeimbangkan tubuh dengan mengangkat kaki selama 1-3 detik.

Jadi, jangan larang si kecil yang senang bermain di atas balok dan menyeimbangkan tubuhnya ke kiri dan ke kanan. Hanya saja pastikan keamanannya.

Selain itu, si kecil pada tahap perkembangan balita 36 bulan juga termasuk melompat dengan jarak lebih jauh dari sebelumnya dan melempar bola dengan memakai kedua tangannya.

Tidak hanya itu, memanjat juga menjadi aktivitas yang sering dilakukan oleh si kecil.

Perkembangan anak usia 3 tahun sudah mencapai pada kemampuan untuk memanjat dan terkadang naik turun tangga secara perlahan dari satu anak tangga ke anak tangga lain.

Kemampuan motorik halus

Tanda perkembangan anak usia 3 tahun dalam hal kemampuan motorik halus berjalan dengan baik, salah satunya adalah coretan anak semakin jelas.

Di usia 3 tahun, garis yang dibuatnya kini memiliki bentuk tersendiri, misalnya garis lurus, kotak, dan bentuk lain.

Anda juga akan melihat cara pegang pensil atau krayon yang dilakukan si kecil juga semakin baik, yaitu posisi jempol dan jari lain mengapit krayon.

Oleh karenanya, rangsang terus kemampuan si kecil dengan menggambar. Menggambar melatih kemampuan motorik halus anak. Faktanya, ada manfaat menggambar untuk anak, sehingga ini tidak hanya sekadar kegiatan seru semata.

Selain itu, si kecil juga mulai bisa menyusun barang atau balok sehingga menjadi menara setinggi 6-8 tingkat. Ia juga sudah bisa memakai penutup kepala yang berada di jaket sendiri tanpa bantuan orang lain.

Kemampuan bahasa dan komunikasi

Kosakata anak semakin banyak di usia 3 tahun. Maka tidak heran kalau si kecil semakin aktif bertanya tentang hal-hal yang terkadang sulit untuk dijawab.

Grafik perkembangan anak Denver II menunjukkan bahwa di masa perkembangan ini, anak sudah mampu untuk mengombinasikan dua kata atau lebih menjadi satu kalimat.

Kemudian si kecil juga sudah mampu menunjukkan dan mengucapkan 4 gambar yang ia lihat, mengetahui aktivitas yang sedang dilakukan, bahkan pengucapan si kecil juga semakin jelas dan mudah dimengerti.

Dalam perkembangan anak usia 3 tahun dari segi kemampuan bahasa, si kecil semakin senang mengeksplorasi kata-kata yang pernah didengarnya.

Umumnya anak memiliki jumlah kosakata sekitar 500 kata dan seringnya, kata-kata yang berkonotasi penolakan lebih sering ia ucapkan misalnya: tidak mau.

Bila si kecil belum bisa mengucapkan dua kata, segera konsultasikan ke dokter karena kemungkinan ia mengalami terlambat bicara.

Kemampuan sosial dan emosional

Kemandirian anak sedang dilatih ketika ia menginjak usia 3 tahun. Terlihat dengan beberapa kegiatan yang anak lakukan sendiri tanpa bantuan orang lain.

Mulai dari anak mampu mencuci tangan dan mengelapnya sendiri, melepas dan memakai pakaian sendiri, dan menggunakan alat makan tanpa bantuan orang lain.

Di fase perkembangan anak usia 3 tahun, si kecil juga sudah merasa senang dengan kehadiran teman dan sudah bisa menyebutkan nama teman sebayanya.

Tantrum juga menjadi salah satu tahap perkembangan emosional anak yang perlu dicapai. Pasalnya, tantrum adalah cara anak untuk mengerti apa yang diinginkan dan ketika keinginannya tidak terwujud, ia bisa mengamuk.

Bagaimana cara membantu perkembangan anak usia ini?

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantu perkembangan anak usia 3 tahun, seperti:

Disiplin dengan waktu tidur siang

Apakah di usia 3 tahun, anak butuh tidur siang? Jawabannya, iya. Tidur siang diperlukan karena si kecil butuh 11-13 jam tidur.

Adapun pembagiannya terdiri dari tidur siang 1-3 jam dan tidur malam 11-12 jam. Disiplin terhadap waktu tidur anak membuat ia mengenal waktu istirahat dan bermain.

Hindari terlalu sering memarahi

Dikenal istilah terrible two yang menggambarkan betapa sulitnya mengerti dan mengatur sikap anak. Pada masa perkembangan anak usia 3 tahun, Anda mungkin merasakan kondisi yang lebih sulit dibanding anak usia 2 tahun.

Di usia 3 tahun, anak sering berlarian di depan umum, bahkan ada pula anak memukul teman seusianya. Lalu, bagaimana cara mengatasi sikap anak usia 3 tahun yang seperti itu?

Kuncinya adalah bukan dengan amarah dan emosi negatif. Anda harus ingat bahwa mendisiplinkan anak sebuah proses panjang yang perlu waktu. Anda bisa menetapkan aturan yang jelas sesuai dengan usia dan kebutuhan anak usia 3 tahun.

Ajak si kecil bicara ketika emosinya sudah mereda agar anak bisa menjelaskan dengan baik.

Dampingi anak saat mencoba sesuatu sendiri

Di usia 3 tahun, anak sedang senang melakukan banyak hal sendiri. Meski si kecil sedang senang mengeksplorasi kemandirian dalam dirinya, Anda tetap harus mendampinginya karena tidak jarang ia membutuhkan bantuan.

Sebagai contoh, ketika ia sedang mencuci tangan sendiri, anak kesulitan untuk menutup keran air atau meraih kain untuk mengelap tangannya.

Kemandirian anak juga bisa dilatih saat ia makan sendiri tapi tetap dengan pendampingan. Orangtua bisa memberikan makanan sesuai gizi untuk anak agar tetap tercukupi.

Bila anak sedang potty training, pandu dia untuk menjaga kebersihan anggota tubuhnya, seperti saat mencuci tangan dan membersihkan kemaluannya.

Secara perlahan, anak akan mengerti tentang kebersihan tubuh tanpa harus diminta lagi.

Kesehatan Anak Usia 3 Tahun

Apa yang harus didiskusikan dengan dokter untuk membantu perkembangan anak usia 3 tahun?

Di perkembangan anak usia 3 tahun, si kecil memang memiliki masa pertumbuhan yang berbeda. Anda perlu waspada bila buah hati belum bisa melakukan beberapa hal di bawah ini:

  • Bicara masih tidak jelas dan sulit dimengerti.
  • Tidak mengerti arahan sederhana, misalnya ketika diminta duduk atau minum.
  • Tidak bisa melompat
  • Tidak bisa memegang pensil dan krayon dengan benar
  • Tidak ada kontak mata saat diajak bicara.
  • Tidak bermain peran dengan menggunakan mainannya
  • Mengalami gangguan emosional dan perilaku (mudah marah dan tidak bisa terkendali)

Bila anak Anda mengalami tanda di atas, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Apa yang harus diketahui untuk mendukung perkembangan anak usia 36 bulan?

Perkembangan si kecil di usia 3 tahun tidak hanya soal kemampuan motorik, tapi juga mengasah perasaan anak agar lebih kuat dan memiliki empati. Ada beberapa cara untuk melatihnya, yaitu:

Menunjukkan mimik wajah sesuai cerita

Saat Anda membacakan cerita, tunjukkan mimik wajah dan rasa yang sesuai dengan cerita yang sedang dibacakan. Ini untuk melatih si kecil agar bisa mengekspresikan perasaan apa yang ada di dalam dirinya.

Membuat peraturan dengan anak

Peraturan sederhana membuat anak belajar mengenai kedisiplinan. Tidak hanya itu, memberikan peraturan pada anak juga sebagai cara melihat seperti apa sikapnya dalam menyikapi peraturan yang dibuat.

Sebagai contoh, memberikan batas waktu untuk anak menonton televisi atau tayangan, maksimal 1 jam.

Bertanya seputar kegiatan sehari-hari

Berdiskusi ringan dengan anak bisa meningkatkan kemampuan bahasa dan kognitifnya. Anda bisa bertanya seputar kegiatan sehari-hari si kecil, bermain dengan siapa dan bagaimana perasaannya.

Bisa juga bertanya seputar tontonan yang ia lihat. Saat selesai menonton, Anda bisa menanyakan pendapat tentang film tersebut dan bagian mana yang bisa diaplikasikan di kehidupan nyata.

Hal yang Harus Diperhatikan

Apa yang harus diperhatikan di perkembangan anak usia 3 tahun?

Di masa usia usia 3 tahun ini, memerhatikan keamanan anak saat bermain sangat penting karena si kecil sudah semakin aktif dan banyak bergerak.

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk keamanan anak saat bermain:

  • Selalu minta anak pakai helm saat anak naik sepeda.
  • Jauhkan anak dari jendela yang kira-kira bisa dipanjat.
  • Selalu memperhatikan anak ketika sedang bermain.
  • Tidak meninggalkan anak sendirian saat ia berada di dalam mobil, rumah, atau taman.
  • Jauhkan anak dari benda tajam.
  • Awasi anak ketika ia sedang berada di dekat air, seperti bak mandi atau kolam.

Kemudian, bagaimana perkembangan anak usia 4 tahun?

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Developmental Milestones: 3 to 4 Year Olds. (2020). Retrieved 18 June 2020, from https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/preschool/Pages/Developmental-Milestones-3-to-4-Year-Olds.aspx

Your Child’s Development: 3 Years (for Parents) – Nemours KidsHealth. (2020). Retrieved 18 June 2020, from https://kidshealth.org/en/Parents/development-3yrs.html

Developmental Milestones for 3-Year-Olds. (2020). Retrieved 18 June 2020, from https://www.understood.org/en/learning-thinking-differences/signs-symptoms/developmental-milestones/developmental-milestones-for-typical-3-year-olds

default – Stanford Children’s Health. (2020). Retrieved 18 June 2020, from https://www.stanfordchildrens.org/en/topic/default?id=the-growing-child-3-year-olds-90-P02296

(2020). Retrieved 18 June 2020, from http://www.somaticpractice.net/trainings/touch_skills/resources/charts/Denver_II_Developmental_Screening_Test.pdf

What to expect for physical development bewteen 30 and 36 months | Healthy Families BC. (2013). Retrieved 18 June 2020, from https://www.healthyfamiliesbc.ca/home/articles/toddlers-physical-development-30-36-months

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Riska Herliafifah Diperbarui 25/05/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Damar Upahita
x