Beragam Manfaat Beta Glucan untuk Tumbuh Kembang si Kecil

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 6 Juli 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Ada beragam nutrisi yang perlu dikonsumsi si kecil. Namun jangan lupakan beta glucan, salah satu serat yang punya manfaat penting untuk kesehatan anak. Beta glucan sangat mudah ditemukan dalam makanan yang sering Anda dan anak konsumsi.

Nah, sekarang mari kita kulik apa manfaat beta glucan ini bagi kesehatan tubuh anak.

Mengetahui manfaat beta glucan untuk anak

manfaat beta glucan untuk susu

Beta glucan dikenal sebagai serat solubel atau serat yang larut air. Serat ini bekerja dengan menyerap air dan membuat makanan berformulasi menjadi bentuk gel. Serat punya fungsi untuk melancarkan sistem pencernaan.

Beta glucan bisa diperoleh dari makanan yang berserat, di antaranya:

Beta glucan memiliki beragam manfaat untuk kesehatan si kecil. Mungkin belum banyak ibu yang tahu apa peran beta glucan di dalam tubuh dan manfaatnya untuk tumbuh kembang si kecil. Berikut ketahui penjelasannya.

1. Meningkatkan sistem imun

kebutuhan serat untuk balita

Manfaat beta glucan untuk anak yang pertama adalah meningkatkan sistem imun. Seperti yang dikatakan laman Healthline, beta glucan membantu tubuh secara efektif dalam melawan penyakit dengan menjaga peran sistem pertahanan tubuh.

Beta glucan memiliki efek merangsang respon imun untuk melawan penyakit. Dalam sebuah penelitian dikatakan bahwa beta glucan dapat secara efektif meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan mengurangi kerentanan tubuh terhadap infeksi penyakit, serta menangkal kanker.

Ketika sistem imun anak kuat dan terjaga, maka tubuhnya pun sehat dan mampu melawan infeksi penyakit, seperti flu, batuk, dan pilek terutama di cuaca yang tidak menentu. Dengan begitu, ia akan lebih berkonsentrasi saat belajar dan menikmati kegiatan bermainnya.

2. Melancarkan sistem pencernaan

balita minum kopi

Dikatakan sebelumnya bahwa beta glucan adalah serat solubel atau serat yang larut air. Anak bisa merasakan manfaat dari beta glucan karena efeknya yang baik untuk melancarkan sistem pencernaan.

Formulasi gel di dalam sistem pencernaan ini dapat memperlambat transit makanan. Selain memberikan efek rasa kenyang yang lebih lama. Beta glucan juga dapat memicu pergerakan usus supaya tetap lancar, sehingga BAB-nya lancar.

Efek positif ini juga menghasilkan manfaat lainnya seperti mencegah terjadinya lonjakan kadar gula darah dan kolesterol tubuh. Nah, kini ibu perlu memperhatikan apakah beta glucan ini sudah ikut disertakan dalam menu makanan harian anak atau belum.

Bila belum, yuk sertakan asupan di atas, seperti jamur, rumput laut, sereal gandum, dan susu kaya serat yang mengandung PDX GOS dan beta glucan dalam menu harian anak.

3. Mengontrol kolesterol

perkembangan balita 45 bulan

Di era penuh kreasi ini ada banyak makanan yang mengandung tinggi lemak yang sangat menggugah selera. Mungkin anak juga tergoda beragam jenis makanan manis-manis atau yang digoreng ini.

Ibu memang perlu membatasi asupan makanan tersebut kepada si kecil. Salah satu caranya dengan pemberian makanan bernutrisi yang mengandung beta glucan. Kandungan beta glucan memberi manfaat untuk mengontrol kolesterol pada anak.

Sebuah penelitian mengatakan konsumsi sereal gandum yang mengandung beta glucan dapat mengontrol 5% penurunan kolesterol total tubuh dan 7% pengurangan kolesterol jahat (LDL). Tak ada salahnya memberikan sereal gandum untuk makan pagi keluarga.

4. Mengontrol kadar gula darah

balita makan malam

Beberapa anak memiliki faktor risiko diabetes karena keturunan atau gaya hidupnya yang kurang sehat. Di sini, beta glucan berperan untuk mengontrol kadar gula darah.

Berdasarkan literatur penelitian, kandungan serat ini dipercaya sebagai perawatan yang tepat untuk mengelola diabetes. Jurnal Nutricion Hospitalaria mengatakan konsumsi beta glucan dapat menurunkan kadar glukosa darah pada pasien diabetes.

Sungguh banyak manfaat mengonsumsi betaglucan untuk si Kecil. Ibu bisa memulainya dengan menyajikan nutrisi yang mengandung betaglucan. Salah satu nutrisi tersebut ada di dalam susu formula yang mengandung prebiotik (PDX:GOS), Beta-glucan, dan kadar Omega 3 dan 6 tinggi.

Berbagai kandungan ini terbukti klinis meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil. Dengan minum susu ini, Si Kecil memiliki peluang lebih baik untuk menghindari penyakit pernapasan seperti pilek, flu, sakit tenggorokan, dan penyakit lain yang menunggu di sekolah ataupun selama di rumah.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Manfaat Protein Whey untuk Daya Tahan Tubuh Anak

Salah satu jenis protein yang juga ternyata dibutuhkan untuk pertumbuhan anak adalah whey protein. Apa saja manfaatnya dan apa saja sumber makanannya?

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Konten Bersponsor
susu formula whey protein untuk anak
Parenting, Nutrisi Anak 22 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

6 Tips Agar BAB Anak Lancar dan Tidak Keras

Ibu perlu menerapkan pola hidup sehat kepada anak, agar BAB si kecil lancar dan tidak keras. Ikuti tips ini untuk membantu melancarkan pencernaan anak.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Konten Bersponsor
agar bab lancar dan tidak keras
Serat Anak, Parenting, Nutrisi Anak 14 Mei 2020 . Waktu baca 5 menit

Kelebihan Formula PDX GOS dan Betaglucan dalam Memperkuat Imun Anak

Susu formula dengan kandungan PDX, GOS, dan Betaglucan memiliki keunggulan untuk sistem imun anak. Benarkah demikian? Bagaimana cara kerjanya?

Ditulis oleh: Roby Rizki
Konten Bersponsor
susu formula untuk anak
Parenting, Nutrisi Anak 5 Mei 2020 . Waktu baca 5 menit

Peran dan Manfaat Nutrisi dalam Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Salah satu manfaat dari nutrisi adalah untuk menjaga daya tahan tubuh anak. Jika asupannya tidak mencukupi, berbagai gangguan kesehatan dapat terjadi.

Ditulis oleh: Roby Rizki
Parenting, Nutrisi Anak 4 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Konten Bersponsor

Peran Penting Nutrisi untuk Kurangi Dampak Stunting pada Anak

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 27 Juli 2020 . Waktu baca 6 menit
Konten Bersponsor
protein susu soya

Ibu Harus Tahu, Ini Beda Kandungan Protein dalam Susu Kedelai dan Susu Sapi

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 3 Juli 2020 . Waktu baca 6 menit
Konten Bersponsor
oleharaga untuk anak

Kebutuhan Asupan Nutrisi yang Perlu Dipenuhi Anak Aktif dan Suka Olahraga

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 30 Juni 2020 . Waktu baca 6 menit
Konten Bersponsor
protein untuk anak saat puasa

Cara Protein Whey Membantu Tubuh Anak Tetap Fit saat Puasa

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 5 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit