backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Perbedaan PAUD, Playgroup, dan TK, Pilih yang Mana?

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Ihda Fadila · Tanggal diperbarui 24/07/2023

Perbedaan PAUD, Playgroup, dan TK, Pilih yang Mana?

Bu, berapa usia si Kecil sekarang? Saat si Kecil memasuki usia sekolah dini, Anda mungkin kebingungan ketika harus memilih antara PAUD, playgroup, dan TK karena tidak tahu perbedaan ketiganya.

Oleh karena itu, Anda perlu memahami dulu apa perbedaan antara ketiga istilah ini agar bisa memilih sekolah yang tepat untuk si Kecil. Jadi, apa perbedaan antara ketiganya dan mana yang harus dipilih? Simak informasinya berikut ini.

Apa perbedaan antara PAUD, playgroup, dan TK?

sekolah ramah anak

Sebenarnya baik PAUD, playgroup, maupun TK, ketiganya memang dilakukan sebelum anak memasuki sekolah dasar.

Jadi, wajar saja jika Anda bingung apa perbedaan ketiganya dan mana yang harus dipilih. Beberapa orang pun mengira bahwa PAUD dan playgroup adalah sama.

Namun, yang perlu Anda pahami dari perbedaan tiga istilah ini adalah bahwa TK dan playgroup merupakan bagian dari PAUD.

Ruang lingkup PAUD lebih luas, sedangkan TK dan playgroup merupakan salah satu bentuk dari PAUD itu sendiri.

Menurut Undang-Undang (UU) RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas, TK atau taman kanak-kanak merupakan jalur PAUD formal, sedangkan playgroup atau kelompok bermain (KB) adalah bentuk nonformal.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah perbedaan antara PAUD, playgroup, dan TK yang perlu Anda pahami.

1. PAUD

PAUD sebenarnya merupakan singkatan dari pendidikan anak usia dini. Pendidikan anak usia dini adalah suatu pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun.

Pembinaan ini diberikan dalam bentuk stimulasi atau rangsangan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak.

Ini sering kali dalam aspek fisik motorik, kognitif, bahasa, agama dan moral, sosial emosional, dan seni sesuai keunikan dan tahap-tahap perkembangan anak.

Tujuannya agar anak lebih siap untuk memasuki tahap pendidikan lebih lanjut, yaitu sekolah dasar, yang dapat memengaruhinya hingga memasuki kehidupan saat dewasa.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa pendidikan anak usia dini terbagi ke dalam tiga bagian, yaitu formal, nonformal, dan informal.

Tiga bentuk PAUD

  • Pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal dalam bentuk taman kanak-kanak (TK), raudatul athfal (RA), atau sederajat.
  • PAUD jalur nonformal dalam bentuk kelompok bermain (KB) atau playgroup, taman penitipan anak (TPA), atau bentuk lain yang sederajat.
  • Pendidikan anak usia dini jalur informal berbentuk pendidikan keluarga atau pendidikan yang diselenggarakan oleh lingkungan.

2. Playgroup atau kelompok bermain (KB)

Perbedaan antara PAUD dan playgroup bisa dilihat dari usianya. Sebagai bagian dari PAUD, usia anak untuk memasuki playgroup biasanya berkisar antara 2—4 tahun.

Namun, ada pula kelompok bermain yang menyediakan kelas-kelas untuk bayi atau balita di bawah usia 2 tahun. Jadi, apa sebenarnya playgroup itu?

Seperti penjelasan sebelumnya, playgroup atau kelompok bermain adalah bentuk pendidikan anak usia dini dalam jalur nonformal.

Namun playgroup juga bisa diartikan sebagai tempat bertemunya anak-anak yang belum memulai sekolah. Pertemuan anak ini umumnya dilakukan secara rutin yang biasanya seminggu sekali atau lebih.

Di dalam kelompok bermain, anak akan belajar melalui ragam permainan atau aktivitas fisik yang menyenangkan. Misalnya mewarnai (termasuk finger painting) dan menyanyi.

Terlepas dari perbedaan yang benar, playgroup selama ini sering diartikan sebagai PAUD. Padahal jika melihat definisinya, PAUD justru lebih luas dari itu.

3. Taman kanak-kanak (TK)

Beberapa orang juga kerap tak memahami apa perbedaan antara PAUD dan TK.

Padahal, seperti yang disebutkan sebelumnya, TK atau taman kanak-kanak adalah bentuk pendidikan usia dini jalur formal.

TK ditujukan kepada anak usia 4—6 tahun. Berbeda dengan PAUD nonformal, sistem belajar di TK sudah memiliki kurikulum, meski tetap dikemas melalui permainan menyenangkan.

Di jalur pendidikan ini pula anak sudah mulai belajar calistung (membaca, menulis, dan berhitung) yang diawali dengan pengenalan angka dan huruf.

Keterampilan lainnya juga mulai diajarkan, termasuk belajar ilmu pengetahuan, dengan pendekatan bahasa, agama, sosial emosional, fisik, motorik, kognitif, seni, dan moral.

Melihat perbedaan dengan PAUD yang lingkupnya lebih luas, TK justru biasanya dilakukan selama satu atau dua tahun tergantung pada usia dan tingkat kecerdasan anak.

Antara PAUD, playgroup, dan TK mana yang harus dipilih?

sikap toleransi di sekolah

Mana yang harus dipilih sebenarnya disesuaikan kembali dengan usia, kebutuhan, dan kesiapan anak serta kecenderungan Anda.

Beberapa orang mungkin mulai menyekolahkan anak sejak playgroup (di bawah usia 4 tahun) untuk membantu meningkatkan perkembangan sosial anak karena bisa bertemu dengan teman baru.

Namun, beberapa lainnya lebih memilih langsung memasukkan ke TK, entah karena masalah biaya atau anak yang belum tampak siap.

Apa pun bentuk PAUD yang Anda pilih, baik playgroup maupun langsung TK, pastikan Anda memilih sekolah yang sesuai dan tepat untuk anak Anda.

Anda bisa mencari tahu berapa jumlah anak dalam satu kelas, apa saja kegiatan yang akan dilakukan, dan bagaimana lingkungan sekolahnya, untuk menentukan sekolah yang tepat.

Memilih sekolah usia dini yang tepat tentu bisa menjadi modal awal untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Ihda Fadila · Tanggal diperbarui 24/07/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan