3 Tips Makan untuk Anak yang Baru Memakai Kawat Gigi

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 18/01/2020
Bagikan sekarang

Bagi Anda yang memiliki anak yang baru saja menggunakan kawat gigi alias behel mungkin bingung harus memberikan makanan atau minuman apa agar tidak menyakiti mereka. Supaya beban Anda terasa ringan, ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti dalam memilih makanan yang cocok dengan kawat gigi anak. 

Tips memilih makanan yang cocok untuk kawat gigi anak

Mempunyai anak yang sedang menjalani perawatan kawat gigi tentu memerlukan perhatian yang lebih dari Anda, seperti memilih makanan yang akan mereka makan. 

Hal ini dikarenakan behel hanya akan efektif bila dirawat dengan benar. Maka itu, ada beberapa jenis makanan yang perlu diperhatikan selama masa perawatan tersebut. 

Supaya behel ini tidak semakin lama dipakai oleh anak Anda, ini dia beberapa tips memilih makanan yang cocok untuk mereka. 

1. Menghindari makanan yang renyah dan berukuran kecil

Salah satu tips memilih makanan untuk anak yang sedang menggunakan kawat gigi adalah menghindari jenis makanan tertentu.

Hal ini dikarenakan beberapa makanan bisa dengan mudah terjebak di antara kawat dan braces anak Anda. Maka itu, perlu perlindungan ekstra dengan memilih makanan tertentu ketika baru saja menggunakan kawat gigi. 

Pertama-tama, Anda bisa menuliskan daftar makanan yang perlu anak hindari ketika baru saja menggunakan kawat gigi, seperti:

  • Makanan bertekstur kenyal dan lengket, seperti permen.
  • Makanan bertekstur renyah, seperti keripik dan popcorn. 
  • Makanan yang mengadung gula tinggi, seperti permen karet. 
  • Makanan berukuran kecil, seperti biji-bijian
  • Makanan yang sulit dikunyah, seperti apel, wortel, dan buah yang renyah.

anak mencuri permen

Jenis makanan di atas perlu dihindari karena dapat menyebabkan kawat gigi anak bengkok dan patah. Jika hal tersebut terjadi, gigi anak Anda akan berhenti bergerak ke tempat yang seharusnya atau ke arah yang salah, sehingga membutuhkan perawatan yang lebih lama. 

Selain itu, anak yang baru saja menggunakan kawat gigi mungkin perlu mengurangi konsumsi minuman berolahraga. 

Minuman berolahraga yang mengandung level pH yang rendah biasanya bersifat asam dan dapat mengikis enamel gigi serta melembutkan gigi yang menyebabkan gigi berlubang. 

Oleh karena itu, menjaga pilihan makanan anak yang sedang menggunakan kawat gigi sangat penting agar kesehatan mulut dan giginya tetap terjaga. 

2. Memulai pola makan yang sehat

oatmeal untuk penderita diabetes

Setelah mengetahui jenis makanan apa yang patut dihindari oleh anak Anda, kini sudah saatnya mengenali jenis makanan yang cocok untuk kawat gigi anak Anda. 

Jika sebelumnya anak cenderung makan apa yang ia mau, mungkin Anda bisa mengatur pola makan anak menjadi lebih sehat. 

Pada awalnya mungkin anak akan merasa sakit pada gigi setiap kali ia mengunyah. Akan tetapi, tidak selamanya mereka harus mengonsumsi puding, bubur, atau mashed potato yang mudah ditelan. 

Seperti yang dilansir dari laman Orthodontics Australia, pilihlan menu makanan yang bertekstur lembut, seperti yoghurt, sayuran rebus, dan sup yang memiliki kaldu yang ringan. 

Dengan begitu, tekanan pada kawat gigi bisa berkurang karena makanan lembut tersebut dan anak tidak perlu menggerakkan mulutnya untuk mengunyah. 

Bahkan, anak masih bisa memilih makanan seperti pasta dan oatmeal setelah beberapa minggu anak menggunakan kawat gigi karena sensitivitas gigi mereka akan kembali normal. 

3. Menyikat gigi setelah makan

pemakai behel kawat gigi

Setelah mengenali jenis makanan yang perlu dihindari oleh anak yang menggunakan kawat gigi, tentu menjaga kebersihan gigi adalah hal yang sangat penting. 

Seperti yang dilansir dari laman Kids Health dan juga direkomendasikan oleh dokter gigi, menyikat gigi setelah makan merupakan salah satu cara agar hal tersebut tercapai. 

Pada saat anak menggunakan kawat gigi, membersihkan gigi setelah makan adalah hal yang wajib. Namun, mungkin anak cenderung malas untuk menyikat gigi mereka di sekolah atau wastafel umum. 

Padahal, ada cara lain yang bisa digunakan oleh mereka untuk tetap membersihkan gigi setelah makan. Misalnya, berkumur dengan obat atau berkonsultasi kepada dokter gigi anak Anda untuk mengetahui jalan keluarnya. 

Memilih makanan yang tepat untuk kawat gigi anak Anda merupakan sebuah kewajiban bagi orangtua agar kesehatan gigi dan mulut anak tetap terjaga. 

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Ketahui Alasan Gigi dan Mulut yang Sehat Bisa Dorong Anak Agar Lebih Pede di Sekolah

Tidak banyak orangtua yang tahu bahwa jika gigi anak sehat ia lebih bisa berprestasi di sekolah. Memang, apa hubungannya?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari

Ciptakan Momen Sikat Gigi yang Seru di Malam Hari

Mengajarkan anak rajin menyikat gigi memang sulit. Sebagai orangtua, Anda harus pintar-pintar menciptakan momen seru sikat gigi bersama anak di malam hari.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari

Perlukah Si Kecil Menggunakan Retainer Gigi?

Behel dan retainer dapat digunakan untuk merapikan gigi, termasuk gigi anak. Lantas, setelah lepas behel, apakah masih perlu retainer untuk gigi anak?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji

Alasan Kenapa Pengguna Kawat Gigi Pantang Makan Permen

Permen dan kawat gigi memang tidak bersahabat. Nah, ini dia bahaya permen bagi para pengguna behel jika menggemari makanan manis ini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi

Direkomendasikan untuk Anda

nutrisi untuk pertumbuhan gigi anak

Makanan Apa yang Bisa Membantu Pertumbuhan Gigi Anak?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 28/12/2019
kesehatan gigi dan mulut

Gabung Mama Sigi dan Pepo Dalam Misi Memberantas Masalah Gigi

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 29/10/2019
pakai behel berapa lama

Harus Berapa Lama Pakai Behel Transparan Sampai Gigi Rapi?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 15/10/2019
memakai behel transparan

3 Tips Menggunakan Behel Transparan Agar Hasilnya Optimal

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 14/10/2019