backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

2

Tanya Dokter
Simpan

Bagaimana Cara Mengatasi Rahang Bawah yang Maju?

Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita · General Practitioner · None


Ditulis oleh Rr. Bamandhita Rahma Setiaji · Tanggal diperbarui 25/09/2023

Bagaimana Cara Mengatasi Rahang Bawah yang Maju?

Rahang bawah maju bisa membuat penampilan dagu jadi lebih panjang. Memiliki rahang bawah yang maju juga bisa membuat raut muka Anda selalu tampak dingin dan jutek.

Jadi, tidak heran jika kondisi ini menurunkan kepercayaan diri seseorang meski sebenarnya tidak terlalu mengganggu aktivitas sehari-hari. Lantas, bagaimana cara mengatasi rahang bawah maju?

Apa saja penyebab rahang bawah maju?

Dalam dunia medis, kondisi rahang bawah maju disebut dengan mandibula prognatisme alias underbite.

Dilansir dari laman Medline Plus, kondisi ini dapat disebabkan oleh sejumlah faktor seperti di bawah ini.

  • Faktor keturunan, seperti memiliki bawaan bentuk rahang bawah yang menonjol.
  • Kondisi medis atau kelainan genetik, seperti sindrom Crouzon, basal cell nevus syndrome, dan sindrom Down.
  • Gangguan hormon pertumbuhan, seperti kondisi gigantisme atau akromegali.
  • Maloklusi, yakni kelainan rahang yang berkaitan dengan posisi gigi yang berantakan.
  • Acrodysostosis, yaitu kelainan pertumbuhan tulang yang ditandai dengan ukuran rahang atas yang lebih kecil sehingga rahang bawah tampak lebih besar.

Cara mengatasi rahang bawah maju

ortodonti

Sebenarnya, tidak semua kondisi rahang maju memerlukan penanganan khusus. Beberapa orang memang secara alamiah memiliki rahang bawah yang lebih maju.

Akan tetapi, Anda sebaiknya berkonsultasi kepada dokter jika kondisi ini sampai menimbulkan nyeri rahang atau menurunkan kepercayaan diri Anda.

Begitu pula jika Anda juga mengalami kesulitan berbicara, menggigit, mengunyah, atau melakukan aktivitas lainnya yang melibatkan rahang.

Sebelum memberikan penanganan, dokter akan melakukan tes berupa rontgen tengkorak, rontgen rahang dan gigi, serta mencetak jejak gigitan untuk melihat bentuk gigi Anda.

Setelah itu, barulah dokter dapat merekomendasikan pilihan penanganan sebagai berikut.

1. Penanganan tanpa operasi

Apabila hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa underbite Anda disebabkan oleh letak baris gigi yang berantakan, dokter spesialis ortodonti dapat menawarkan penanganan non-operasi.

Cara mengatasi rahang bawah maju tanpa operasi meliputi:

  • pemasangan kawat gigi,
  • cabut gigi untuk melonggarkan kepadatan baris gigi, dan
  • pemasangan kabel khusus untuk menstabilkan tulang rahang.

Kawat gigi dapat merapikan gigi, tetapi tidak bisa membetulkan posisi tulang wajah Anda. Jadi, upaya penanganan di atas hanya berlaku jika kasus underbite terbilang ringan.

Pada kebanyakan kasus rahang bawah maju, pasien akan menggunakan kawat gigi sebelum akhirnya menjalani operasi rahang begitu posisi giginya sudah lebih rapi.

2. Operasi rahang

Pada kasus underbite yang lebih berat, dokter biasanya merekomendasikan operasi rahang dengan memotong tulang rahang atau menggeser posisi rahang yang bermasalah.

Ini bertujuan untuk memperpendek ukuran rahang bawah atau menyelaraskan struktur rahang atas dan bawah. Dengan begitu, struktur wajah bisa menjadi lebih simetris.

Penanganan lewat operasi bisa juga dibarengi dengan perawatan gigi seperti di atas untuk menyesuaikan kondisi rahang yang baru dengan kondisi gigi Anda saat ini.

Begitu tulang wajah Anda kembali ke posisi yang benar, deretan gigi Anda juga akan mengisi ruang di dalam rahang sehingga tampak lebih rapi.

3. Mentoplasty

dokter bedah mulut terdekat

Cara lainnya untuk mengatasi rahang wajah yang maju yaitu mentoplasty. Mentoplasty adalah prosedur pembedahan untuk membentuk kembali dagu.

Pembedahan ini dilakukan dengan membuat sayatan di bawah dagu atau di sekitar mulut. Dokter kemudian akan membentuk tulang dengan ukuran yang lebih proporsional untuk memberikan tampilan yang simetris.

Setelah dibedah, dagu akan diperban selama 2–3 hari sehingga pergerakan mulut akan sangat terbatas. Anda akan dianjurkan untuk makan makanan cair atau yang bertekstur sangat lunak.

Setelah sekitar enam minggu, sebagian besar pembengkakan pasca-operasi akan hilang total dan Anda dapat beraktivitas seperti biasa.

Anda mungkin akan membutuhkan waktu 9–12 bulan untuk pulih dari operasi rahang. Setelah masa pemulihan selesai, Anda bisa kembali bekerja atau berkegiatan dalam dua atau tiga minggu.

Kesimpulan

  • Rahang bawah maju disebut juga sebagai mandibula prognatisme alias underbite.
  • Penyebab rahang bawah maju bervariasi, mulai dari faktor yang tidak diketahui, bawaan alamiah, gangguan hormon pertumbuhan, hingga kelainan genetik.
  • Kasus ringan mungkin tidak memerlukan penanganan khusus. Namun, underbite yang cukup berat biasanya ditangani dengan operasi rahang.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Damar Upahita

General Practitioner · None


Ditulis oleh Rr. Bamandhita Rahma Setiaji · Tanggal diperbarui 25/09/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan