5 Ide Bekal Sehat untuk Anak

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 01/12/2019 . 5 mins read
Bagikan sekarang

Membawakan bekal makanan ke sekolah untuk anak mempunyai banyak manfaat. Di samping untuk menghemat uang jajan anak, bekal anak juga terjamin kebersihan dan gizinya dibanding jika ia membeli makan atau jajan di sekolah.

Tidak semua jajanan sekolah terjamin kebersihan dan gizinya. Banyak pedagang nakal yang menggunakan bahan-bahan yang tidak aman. Misalnya saja memakai pewarna bukan untuk makanan agar warna makanan atau minuman yang ia jajakan lebih menarik perhatian anak, memakai bahan pengawet secara berlebihan, dan memakai bahan-bahan yang sudah rusak. Hal ini tentunya dapat membahayakan kesehatan anak. Anak bisa sakit dan prestasinya di sekolah juga dapat menurun.

Kreasi bekal sehat anak sekolah

Banyak kreasi makanan yang dapat dibawa anak ke sekolah, ini tergantung dari kreativitas Anda tentunya. Tapi jangan lupa untuk selalu membawakan bekal anak yang terdiri dari gizi seimbang, yaitu:

  • Makanan sumber karbohidrat, bisa didapat dari nasi, roti, mie, kentang, dan pasta. Karbohidrat merupakan sumber energi utama tubuh.
  • Makanan sumber protein, seperti daging, ikan, ayam, telur, kacang-kacangan, keju, dan lainnya. Protein diperlukan untuk pertumbuhan dan mempertahankan sel atau jaringan yang sudah terbentuk atau yang sudah rusak.
  • Makanan sumber vitamin dan mineral, misalnya sayuran dan buah-buahan. Sayuran dan buah-buahan juga merupakan sumber serat yang dibutuhkan untuk melancarkan pencernaan anak dan mencegah anak dari sembelit.

Beberapa ide makanan sehat yang dapat dibawa anak ke sekolah, yaitu:

Onigiri

onigiriSelera makan anak akan bertambah jika anak suka dengan makanannya. Salah satu cara agar anak tertarik untuk makan adalah dengan membentuk makanan menjadi unik, seperti tokoh kartun atau wajah hewan. Namun, jika Anda terlalu sulit untuk melakukannya, Anda bisa membentuknya segitiga seperti onigiri atau nasi kepal. Tambahkan dengan nori atau rumput laut menyelimuti nasi.

Sebagai lauk, Anda bisa membuat ikan goreng tepung. Pilih fillet ikan yang tidak banyak mempunyai duri sehingga anak aman memakannya. Untuk sayuran, Anda bisa menambahkan tumis brokoli yang dipotong seperti pohon kecil dan wortel yang dipotong panjang. Pasti anak akan menyukainya.

Omurice

omuriceMenu kedua yaitu omurice atau nasi yang dibalut dengan omelet. Agar makanan anak tambah lengkap, tambahkan sayuran saat membuat omelet, sayuran tersebut bisa berupa buncis, wortel, brokoli, paprika, kol, dan lainnya. Taruh nasi di atas omelet, lalu gulung. Anda bisa menambahkan sosis atau bola-bola daging sebagai lauk tambahan.  Tambahkan selada dan tomat sebagai sayurannya. Atau Anda juga bisa menambahkan buncis, wortel, jagung manis, dan kacang polong yang direbus sebagai sayuran.

Roti sandwich

roti sandwichJika bosan dengan nasi, Anda dapat membawakan roti sebagai bekal anak. Ini sangat praktis. Roti bisa diisikan dengan daging atau telur + keju (sebagai sumber protein dan lemak), dan selada + tomat (sebagai sumber vitamin dan mineral). Anda bisa menambahkan mayonaise untuk menambah rasa. Anda juga bisa menyertakan kentang goreng disamping roti sandwich. Atau bisa juga Anda membuat perkedel yang berisi sayuran di dalamnya.

Nasi bento

Jinuggetka Anda tidak ingin ribet, nasi bento bisa menjadi pilihan Anda sebagai bekal anak ke sekolah. Anda bisa membuat nugget sendiri di rumah dan menambahkannya dengan berbagai macam sayuran agar lebih bergizi. Anda bisa menambahkan sayuran, seperti wortel, buncis, jagung manis, brokoli, kacang polong, dan lainnya. Campurkan sayuran tersebut bersama gilingan daging ayam, kemudian balut dengan tepung. Anda bisa menyertakan salad yang terdiri dari wortel dan kol yang dipotong panjang dan tipis, jangan lupa tambahkan mayonaise agar rasanya lebih enak. Tambahkan juga timun dan tomat.

Mie goreng

mie gorengBosan dengan nasi? Anda bisa mengganti sumber karbohidratnya menjadi mie. Anak-anak biasanya sangat suka dengan mie. Anda bisa membuat mie goreng  sendiri di rumah dan jangan lupa tambahkan sayur-sayuran agar lebih sehat. Anda bisa memasukkan sawi, kol, wortel dan kacang polong ke dalam mie goreng tersebut. Sebagai pelengkap, Anda juga bisa tambahkan telur mata sapi/telur dadar, atau Anda bisa menambahkan seafood, seperti cumi-cumi dan udang, yang merupakan sumber protein. Jadi, deh!

Buah dan air tak boleh lupa

Jangan lupa untuk selalu menambahkan buah dalam setiap bekal anak. Contohnya seperti apel, pir, melon, jeruk, pisang, kiwi, semangka, anggur, dan lainnya. Anda bisa membawakan buah yang sudah dipotong kecil-kecil agar anak bisa langsung memakannya. Bawakan juga air putih karena minum air putih dalam jumlah cukup diperlukan untuk menjaga kesehatan anak.

BACA JUGA

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"
    Sumber

    Yang juga perlu Anda baca

    3 Resep Dessert Vegan yang Mudah dan Lezat

    Kata siapa seorang vegan tak bisa menikmati berbagai pencuci mulut yang menggugah selera? Tiga dessert vegan yang mudah dibuat ini nikmatnya berani diadu!

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Nutrisi, Hidup Sehat 15/06/2020 . 5 mins read

    Ternyata Ayah Juga Bisa Kena Depresi Pasca Melahirkan

    Postpartum depression tak cuma menyerang wanita yang baru melahirkan. Depresi pasca melahirkan juga bisa dialami para ayah. Inilah tanda-tandanya.

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Parenting, Tips Parenting 14/06/2020 . 5 mins read

    Cara Protein Whey Membantu Tubuh Anak Tetap Fit saat Puasa

    Protein penting untuk dikonsumsi anak, karena mampu meningkatkan kesehatan saat puasa. SImak jenis protein yang efektif memberi manfaat untuk si kecil.

    Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
    Ditulis oleh: Maria Amanda
    Parenting, Nutrisi Anak 05/06/2020 . 5 mins read

    5 Jenis Sayur yang Cocok untuk Anak Usia 1 Tahun

    Sayur berperan besar dalam membantu memenuhi kebutuhan nutrisi. Namun, tahukah Anda apa saja jenis sayur yang cocok diberikan untuk anak usia 1 tahun?

    Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
    Ditulis oleh: Roby Rizki
    Serat Anak, Parenting, Nutrisi Anak 29/05/2020 . 4 mins read

    Direkomendasikan untuk Anda

    protein susu soya

    Ibu Harus Tahu, Ini Beda Kandungan Protein dalam Susu Kedelai dan Susu Sapi

    Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
    Ditulis oleh: Maria Amanda
    Dipublikasikan tanggal: 03/07/2020 . 6 mins read
    nutrisi untuk anak aktif

    Kebutuhan Asupan Nutrisi yang Perlu Dipenuhi Anak Aktif dan Suka Olahraga

    Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
    Ditulis oleh: Roby Rizki
    Dipublikasikan tanggal: 30/06/2020 . 6 mins read
    cara memandikan bayi yang baru lahir

    Agar Tidak Bingung, Berikut Cara Memandikan Bayi Baru Lahir

    Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Riska Herliafifah
    Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 9 mins read
    akibat anak terlalu sering dibentak

    Apa Akibat Anak Sering Dibentak? Orangtua Perlu Tahu Ini

    Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Annisa Hapsari
    Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . 8 mins read