Ingin berbagi cerita soal anak? Ikut komunitas Parenting sekarang!

home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Jenis Sayur Terbaik untuk Anak yang Wajib Ibu Tahu

5 Jenis Sayur Terbaik untuk Anak yang Wajib Ibu Tahu

Semua jenis sayur sejatinya bermanfaat bagi kesehatan sang buah hati. Namun, jenis sayur tertentu dinilai lebih baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak karena kandungan nutrisi di dalamnya. Apa saja?

Berapa banyak kebutuhan sayur untuk anak?

Kebutuhan sayuran setiap anak berbeda-beda, tergantung usia dan jenis kelaminnya. Melansir laman Healthy Kids, berikut adalah jumlah sayuran yang harus dikonsumsi anak-anak dalam sehari berdasarkan kedua faktor tersebut:

  • 1 hingga 2 tahun: 2-3 sajian
  • 2 hingga 3 tahun: 2,5 sajian
  • 4 hingga 8 tahun: 4,5 sajian
  • 9 hingga 11 tahun: 5 sajian
  • 12 hingga 18 tahun: laki-laki 5,5 sajian, sementara perempuan 5 sajian

Satu sajian sama dengan 75 gram sayuran atau setara dengan setengah mangkuk kecil bayam matang. Itu artinya, jika Anda memiliki anak berusia 7 tahun, maka kebutuhan sayur hariannya adalah sebanyak 337,5 gram.

Jenis sayur terbaik untuk tumbuh kembang anak

sayur rendah karbohidrat

Setelah mengetahui kebutuhan sayur harian si kecil, kini saatnya memenuhi kebutuhannya dengan jenis sayur terbaik. Berikut adalah beberapa jenis sayur terbaik untuk anak:

1. Wortel

Wortel merupakan salah satu jenis sayur yang baik untuk anak. Sayur yang satu ini kaya akan beta-karoten.

Beta-karoten adalah bahan baku vitamin A yang sangat penting dalam pertumbuhan anak, terutama untuk membangun sistem kekebalan tubuh dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

Sayuran ini juga mengandung banyak vitamin B1, B3, dan B6. Vitamin B1 membantu tubuh memproduksi energi, vitamin B3 bermanfaat bagi perkembangan otak, sementara vitamin B6 diperlukan dalam perkembangan sistem saraf.

2. Brokoli

Brokoli adalah salah satu jenis sayur terbaik untuk anak karena kaya akan vitamin A, vitamin C, dan folat. Vitamin A pada brokoli dapat menunjang kesehatan mata dan melindungi sel-sel tubuh anak dari kerusakan.

Selain itu, vitamin C juga merangsang pembentukan kolagen yang berguna dalam pertumbuhan tulang dan jaringan tubuh.

Folat dalam brokoli juga diperlukan dalam proses pembelahan dan perkembangan sel-sel baru yang menyusun tubuh.

3. Jagung manis

Jagung manis selama ini dikenal sebagai sumber energi karena kandungan karbohidrat yang tinggi. Padahal, sayuran berbentuk biji ini juga mengandung protein yang berperan penting dalam pertumbuhan anak.

Protein memiliki beragam fungsi dalam proses pertumbuhan anak. Di antaranya membentuk struktur sel, memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, membangun massa otot, mengatur jaringan dan organ, serta membentuk enzim dan antibodi.

4. Bayam

Jika Anda mencari jenis sayur dengan kandungan vitamin dan mineral terbaik untuk anak, bayam adalah salah satunya. Sayuran hijau gelap ini mengandung vitamin A, C, E, asam folat, zat besi, kalsium, dan masih banyak lagi.

Kombinasi seluruh zat gizi tersebut bermanfaat untuk perkembangan mata, perlindungan sel tubuh dari kerusakan, produksi energi, kesehatan pencernaan, serta menjaga kelangsungan fungsi tubuh selama masa pertumbuhan.

5. Jamur

Nutrisi yang paling banyak terdapat pada jamur adalah protein, vitamin B12, kalsium, serta zat besi. Uniknya, jamur juga mengandung vitamin D yang biasanya terdapat pada susu dan produk turunannya.

Kandungan vitamin D dan kalsium pada jamur amat penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Selain itu, kalsium juga membantu penyerapan zat besi yang dibutuhkan dalam pembentukan sel darah merah.

Memberikan jenis sayur yang terbaik untuk anak tentu akan sangat membantu proses tumbuh kembangnya. Berbagai nutrisi penting di dalamnya tentu akan membawa banyak manfaat untuk anak. Nah, tugas Anda sebagai orangtua adalah mengenalkan sayur-sayuran ini sejak dini agar anak mendapatkan manfaatnya secara optimal.

Pusing setelah jadi orang tua?

Ayo gabung di komunitas parenting Hello Sehat dan temukan berbagai cerita dari orang tua lainnya. Anda tidak sendiri!


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Eat More Fruit and Vegies. https://www.healthykids.nsw.gov.au/kids-teens/eat-more-fruit-and-vegies Diakses pada 19 Juni 2019.

Carrots For Kids – Health Benefits And Interesting Facts. https://www.momjunction.com/articles/benefits-of-carrots-for-kids_00355279/#gref Diakses pada 19 Juni 2019.

Health Benefits of Broccoli. https://www.healthyeating.org/Healthy-Eating/All-Star-Foods/Vegetables/Article-Viewer/Article/91/Health-Benefits-of-Broccoli Diakses pada 19 Juni 2019.

10 Healthy Foods for Growing Children. https://www.healthxchange.sg/children/food-nutrition/healthy-food-growing-children Diakses pada 19 Juni 2019.

Corn 101: Nutrition Facts and Health Benefits. https://www.healthline.com/nutrition/foods/corn#benefits Diakses pada 19 Juni 2019.

What are proteins and what do they do? https://ghr.nlm.nih.gov/primer/howgeneswork/protein Diakses pada 19 Juni 2019.

Spinach 101: Nutrition Facts and Health Benefits. https://www.healthline.com/nutrition/foods/spinach Diakses pada 19 Juni 2019.

7 Health Benefits Of Mushrooms For Kids. https://www.momjunction.com/articles/benefits-of-mushrooms-for-kids_00349557/#gref Diakses pada 19 Juni 2019.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Diah Ayu Lestari Diperbarui 4 hari lalu
Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team
x