5 Langkah Tepat Mengatasi Sakit Tenggorokan Pada Ibu Menyusui

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Tenggorokan sakit membuat seseorang jadi sulit menelan. Biasanya, diikuti gejala lain, seperti batuk atau pilek. Biasanya, kondisi ini mudah diatasi dengan minum obat. Namun, perlu banyak pertimbangan jika dialami oleh ibu menyusui. Pasalnya, obat yang diminum bisa mengalir ke ASI dan masuk ke tubuh bayi. Lantas, bagaimana cara mengatasi sakit tenggorokan pada ibu menyusui?

Cara aman mengatasi sakit tenggorokan pada ibu menyusui

Selama masa menyusui, seorang ibu perlu ekstra hati-hati menggunakan berbagai obat. Pasalnya, obat tertentu bisa memengaruhi produksi dan mengalir ke ASI. Tentu saja efeknya akan berimbas pada si kecil. Jadi, Anda tidak boleh sembarangan menggunakan obat.

Bila Anda mengalami sakit tenggorokan, ikuti beberapa langkah mengobatinya berikut ini.

1. Konsultasi ke dokter

cara menggunakan obat

Selama masa menyusui, obat apa pun yang Anda gunakan sebaiknya diawasi oleh dokter. Jadi, sebelum memutuskan menggunakan obat tertentu untuk meredakan sakit tenggorokan, konsultasi lebih dahulu pada dokter. Dokter kemungkinan akan meresepkan obat-obatan yang aman dikonsumsi.

Dilansir dari Royal Women Hosiptal, obat pelega tenggorokan, seperti benzidamin dapat digunakan oleh ibu menyusui. Namun, obat tidak boleh digunakan secara berlebihan karena bisa menyebabkan efek samping seperti diare. 

Bila sakit tenggorokan disebabkan oleh flu atau pilek, Anda boleh minum paracetamol atau ibuprofen. Pilihan lain seperti semprotan kortikosteroid untuk hidung yang mengandung beclomethasone dan budesonide juga bisa Anda gunakan. 

Sementara bila sakit tenggorokan disebabkan oleh batuk, Anda bisa minum obat batuk yang mengandung dextromethorphan, pholcodine, guaifenesin, bromhexine. Jika tidak membaik dalam sepuluh hari, segera periksa lagi kondisi kesehatan Anda ke dokter.

2. Kumur-kumur larutan garam

manfaat air garam untuk kesehatan mulut

Cara mengatasi sakit tenggorokan ini cukup sederhana, tapi cukup berhasil bagi ibu menyusui. Larutan garam memiliki sifat antiseptik yang secara aktif membunuh bakteri penyebab infeksi.

Untuk membuatnya, campurkan dua sendok teh garam ke dalam secangkir air panas. Kemudian, aduk hingga garam larut dalam air. Bila airnya mulai hangat, Anda bisa berkumur dan membuang larutannya. Anda bisa melakukan cara ini beberapa kali agar tenggorokan lebih cepat membaik.

3. Minum madu

madu penyubur kandungan

Selain larutan garam, cara lain yang bisa ibu menyusui lakukan untuk mengatasi sakit tenggorokan adalah minum madu. Madu merupakan obat alami yang bersifat demulen.

Artinya, madu bisa melapisi tenggorokan, mengurangi peradangan, dan menenangkan jaringan sekitar tenggorokan yang irititasi. Ibu hamil bisa meminum madu ini sebanyak satu sendok sebelum tidur untuk melegakan tenggorokan dari rasa gatal dan sakit.

4. Minum teh hangat

minum teh hijau sebelum tidur

Cara untuk mengatasi sakit tenggorokan pada ibu menyusui selanjutnya adalah minum teh hangat. Suhu hangat dari minuman ini bisa membebaskan tenggorokan rasa sakit dan gatal. Selain itu, bisa melegakan pernapasan Anda yang tersumbat.

Anda bisa menambahkan bahan lain untuk teh, seperti madu dan potongan lemon supaya lebih nikmat. 

5. Minum banyak air dan istirahat

kandungan air putih

Selain cara yang telah disebutkan sebelumnya, ibu menyusui perlu minum banyak dan istirahat supaya daya tahan kuat melawan penyakit. Selain itu, air putih bisa membantu mengurangi lendir yang membuat tenggorokan jadi gatal dan sakit. 

Sementara, istirahat yang cukup bisa membuat tubuh lebih bugar sehingga Anda cepat pulih dari sakit tenggorokan.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca