Seberapa Penting Pakai Bantal Menyusui Bagi Ibu dan Bayi?

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 02/06/2020
Bagikan sekarang

Proses menyusui mungkin tidak selalu berjalan dengan mulus. Kadang kala, mungkin Anda mengalami kesulitan saat mendekatkan bibir bayi ke puting payudara. Terutama di masa awal menyusui di mana Anda masih harus beradaptasi agar lebih terbiasa. Sebagai solusinya, penggunaan bantal menyusui bisa menjadi salah satu pertimbangan untuk membantu memudahkan pemberian ASI.

Adakah manfaat menggunakan bantal khusus ini dan bagaimana cara pakainya? Untuk lebih jelasnya, mari selami lebih jauh mengenai penggunaan bantal khusus menyusui ini.

Apa itu bantal menyusui?

Sumber: Bella Moon

Sesuai dengan namanya, bantal menyusui adalah bantal yang digunakan saat Anda sedang menyusui bayi. Bantal menyusui atau nursing pillow tidak hanya bisa digunakan ketika bayi menyusu ASI melalui payudara saja, tapi juga saat menyusu dari botol dot.

Tujuan utama penggunaan bantal ini yakni untuk memudahkan bayi saat mengisap puting payudara ibu selama menyusu.

Dibandingkan harus mendekatkan tubuh Anda ke arah bibir bayi untuk memudahkannya saat mengisap puting payudara , bantal ini justru membantu menaikkan posisi bayi. Dengan begitu, Anda tidak perlu menekuk tubuh yang bisa membuat pegal dan tidak nyaman.

Menariknya, ternyata bukan itu saja. Bantal yang dipakai selama menyusui ini juga bisa membuat tubuh bayi lebih nyaman karena berada dalam posisi yang dekat dengan tubuh ibu, seperti mengutip dari Mayo Clinic.

Bahkan bagi Anda sendiri, penggunaan bantal menyusui bisa membuat proses menyusui jadi lebih nyaman dan mudah dilakukan. Ini karena bantal khusus menyusui ini memiliki bentuk menyerupai huruf U.

Bentuk inilah yang dapat memudahkan penggunanya sehingga bisa dilingkarkan langsung memutari tubuh Anda saat menyusui.

Apa saja jenis bantal menyusui?

Nursing pillow tidak hanya tersedia dalam satu jenis. Berikut beberapa jenis bantal yang bisa jadi pilihan Anda:

Tipe 1

Sumber: Baby Center

Ini adalah jenis bantal yang paling umum. Bantal ini memiliki bentuk melingkar dengan bagian ujung yang tidak terhubung agar bisa dengan mudah melingkar di tubuh ibu.

Tipe 2

Sumber: Baby Center

Bantal yang satu ini terbuat dari katun organik sepenuhnya, tapi dengan bentuk yang tidak bulat melainkan agak tegak.

Tipe 3

Sumber: Baby Center

Tak seperti yang sebelumnya, bantal ini memiliki ukuran tiap sisi yang berbeda. Bantal ini mirip seperti nursing pillow yang umum, tetapi permukaan sisi bagian depannya lebih besar dan lebar. Hal ini bertujuan untuk memberikan ruang yang lebih besar bagi bayi.

Tipe 4

Sumber: Baby Center

Bantal ini memiliki ukuran sisi berbeda yakni permukaan sisi di sebelah kanan lebih lebar daripada di sisi sebelah kiri.

Jenis nursing pillow ini dapat membantu menopang perut, leher, dan punggung bayi dengan lebih nyaman sekaligus mencegah munculnya masalah pencernaan.

Apa manfaat menggunakan bantal menyusui?

Sumber: Wirecutter

Ada beragam manfaat yang bisa diperoleh dari penggunaan bantal menyusui, yaitu:

1. Menopang bayi saat menyusui

Ketimbang ditopang oleh tangan Anda secara langsung, bayi akan merasa lebih nyaman bila menggunakan alas dari bantal yang lebih empuk. Terlebih lagi karena bahan dasar nursing pillow ini serupa dengan bantal pada umumnya.

Itu sebabnya, bantal ini akan terasa lebih empuk saat digunakan oleh bayi. Jadi, bayi bisa nyaman menyusu tanpa harus merasa tubunya sakit atau kurang nyaman.

2. Membantu ibu lebih nyaman saat menyusui

Selain membuat bayi lebih mudah saat menyusu, penggunaan bantal ini juga memberikan manfaat tersendiri bagi ibu. Salah satunya dengan memberikan kenyamanan selama proses menyusui berlangsung.

Pertama, berkat bentuknya yang mudah dilingkarkan di sekeliling tubuh bisa menurunkan risiko Anda mengalami berbagai keluhan.

Ambil contohnya Anda mungkin tidak terlalu mengeluhkan rasa nyeri pada punggung, leher, tulang belakang, maupun lengan selama menyusui bayi.

Terlebih lagi karena menyusui kadang memakan waktu yang tidak sebentar sehingga menuntut Anda untuk bertahan pada posisi yang sama dalam waktu cukup lama.

Sementara itu jika Anda menggunakan nursing pillow, kemungkinan munculnya rasa pegal pada beberapa bagian tubuh bisa lebih diminimalisasi.

Kedua, Anda tidak perlu menggendong bayi terus-menerus selama menyusu karena sudah sedikit dibantu oleh bantal menyusui ini.

Ibaratnya, nursing pillow berperan sebagai tangan tapi dalam bentuk yang lebih lebar sehingga bisa bertindak seperti lengan tambahan untuk membantu menopang bayi.

Melansir dari Breastfeeding USA, manfaat dari pemakaian bantal ini akan semakin terasa jika Anda memiliki bayi kembar.

Itu artinya, waktu menyusui bisa berlangsung lebih lama dan Anda masih harus berada pada posisi yang sama untuk menyusui. Di sinilah penggunaan bantal menyusui akan lebih memudahkan proses pemberian ASI untuk si kecil.

3. Melindungi bekas luka operasi caesar

Bagi ibu yang baru melahirkan melalui operasi caesar biasanya rentan mengeluhkan rasa nyeri atau ketidaknyamanan di area perut.

Hal ini dikarenakan bekas luka operasi caesar yang ada di perut belum kering atau sembuh sepenuhnya. Ketika Anda menyusui, mungkin tidak sekali atau dua kali bekas luka operasi caesar tersebut terasa nyeri atau perih karena tidak sengaja tergesek.

Entah itu oleh tangan Anda maupun tubuh bayi. Maka dari itu, penggunaan bantal khusus ini bisa sangat membantu memudahkan proses menyusui serta mencegah timbulnya rasa nyeri dari bekas luka pasca operasi caesar.

Bantal khusus ini juga dapat melindungi bekas luka operasi caesar agar bisa lebih cepat sembuh.

4. Mencegah munculnya masalah pencernaan

Ada berbagai gangguan pencernaan yang rentan sekali menyerang bayi. Mulai dari diare, sembelit (konstipasi), refluks asam lambung (GERD), dan lainnya.

Hal ini terjadi karena sistem pencernaannya masih belum berfungsi dengan sempurna. Secara tidak langsung, cara menopang yang salah ketika Anda menyusui bayi bisa berpengaruh terhadap kemunculan kondisi masalah pencernaan tersebut.

Alih-alih memperbaiki kondisinya, tubuh bayi yang sudah mengalami salah satu masalah pencernaan tersebut justru bisa semakin parah jika ditopang dengan cara yang kurang tepat.

Atas dasar inilah penggunaan nursing pillow ini diyakini dapat membantu menopang bayi dengan baik untuk mencegah kemungkinan masalah pencernaan yang lebih parah.

5. Membantu perkembangan bayi di usia selanjutnya

Meski masa menyusui telah selesai, ternyata bantal khusus ini masih bisa terus dimanfaatkan. Berkat ukurannya yang cukup lebar dan besar, Anda bisa menggunakannya sebagai sarana bagi bayi untuk belajar duduk sendiri.

Dengan begitu, bayi bisa belajar mencoba hal baru tanpa Anda harus khawatir ia akan terjatuh. Anda dapat menggunakan bantal untuk memberi makan dan menopang tubuhnya saat ini belajar duduk.

Bagaimana cara menggunakan bantal ini untuk menyusui?

Sumber: Best Mom Products

Tak perlu khawatir, cara memakai bantal ini tidaklah sulit. Berikut tahapan yang bisa Anda lakukan saat menggunakan bantal khusus yang satu ini:

  1. Cari tempat yang paling nyaman untuk menyusui. Hindari tempat yang terlalu ramai, berisik, dan dirasa tidak nyaman untuk menyusui.
  2. Letakkan bantal melingkari tubuh Anda dengan posisi yang paling lebar berada di depan.
  3. Sesuaikan tinggi bantal dengan tubuh Anda. Pastikan posisi bantal sudah membuat Anda merasa nyaman terlebih dahulu sebelum membaringkan bayi Anda di atasnya.
  4. Bantal menyusui hadir dalam berbagai jenis dengan kelengkapan yang berbeda-beda. Jika bantal menyusui yang Anda miliki menyertakan tali pengikat, Anda bisa mengikatkan tali tersebut guna memastikannya telah pas dan siap untuk digunakan.
  5. Setelah semua dirasa sudah nyaman sekarang saatnya membaringkan bayi di atas bantal menyusui. Posisi ini akan membantu bayi lebih dekat dengan puting payudara Anda agar mudah saat menyusu.

Jika Anda menyusui bayi tidak langsung melalui payudara melainkan dari botol dot, bantal menyusui tetap bisa digunakan dengan cara yang sama pula.

Jadi, perlukah menggunakan bantal menyusui?

ibu menyusui

Pada dasarnya, pilihan untuk menggunakan bantal menyusui bisa disesuaikan lagi dengan kondisi Anda dan bayi. Jika menopang atau menggendong bayi dengan tangan saat menyusui dirasa sulit dan melelahkan, bantal menyusui mungkin bisa jadi pilihan yang tepat.

Namun dalam beberapa kasus lainnya, nursing pillow juga bisa membuat proses menyusui menjadi lebih sulit. Ini biasanya terjadi karena bantal menyusui terlalu tinggi sehingga posisi tubuh bayi berada di atas payudara Anda.

Alhasil, kondisi ini justru membuat bayi tidak nyaman saat menyusu, bahkan berisiko menimbulkan luka atau lecet pada puting payudara.

Jika ini yang terjadi, Anda mungkin perlu mempertimbangkan lagi untuk menggunakan bantal menyusui. Singkatnya, tidak ada salahnya menggunakan bantal khusus yang satu ini selama dirasa lebih nyaman untuk Anda dan bayi.

Namun bila yang dirasa malah sebaliknya, sebenarnya sah-sah saja untuk menyusui tanpa menggunakan bantal khusus ini.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Tips Bagi Ibu Menyusui Agar Liburan Tetap Asyik dan Nyaman

Kegiatan menyusui saat liburan adalah suatu tantangan tersendiri. Berikut sejumlah tips yang akan membuat liburan Anda terasa tetap nyaman walau menyusui.

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Parenting, Menyusui 30/12/2019

Bolehkah Ibu Dengan Diabetes Menyusui Bayinya?

Diabetes merupakan penyakit yang bisa diwariskan dari orangtua kepada anaknya. Oleh karena itu, bolehkah ibu dengan diabetes menyusui bayinya?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji

5 Hal yang Harus Dilakukan Suami saat Dampingi Istri Berikan ASI

Ayah ASI perlu tahu betapa pentingnya mendampingi ibu dalam proses menyusui. Pendampingan tersebut dapat dimulai dengan memberikan dukungan kepada ibu.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Parenting, Menyusui 31/10/2019

7 Cara Membangunkan Bayi yang Benar agar Mau Menyusu

Sudah masuk waktunya menyusu, tapi si kecil masih tertidur pulas? Jangan cemas, mari pahami cara membangunkan bayi untuk menyusui di sini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Parenting, Menyusui 28/10/2019

Direkomendasikan untuk Anda

puasa dan perubahan yang terjadi bagi ibu yang baru setelah melahirkan

4 Kiat Jitu Agar Produksi ASI Tetap Lancar Meski Sedang Berpuasa

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 12/05/2020
ibu menyusui positif coronavirus

Panduan Aman untuk Ibu Menyusui yang Positif COVID-19

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 21/04/2020
puting menyusui

Tips Menyusui yang Baik Sesuai Bentuk Puting Ibu

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 23/02/2020
Menyusui bayi prematur

Ini Cara Menyusui Bayi Prematur Agar Pertumbuhan Optimal

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 06/01/2020