Begini Jadwal Menyusui Bayi Baru Lahir Sampai Usia 6 Bulan, Beserta Lama Waktunya

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Ketika usia bayi belum genap 6 bulan, ASI eksklusif masih menjadi makanan satu-satunya yang paling utama. Meski tidak diberikan makanan maupun minuman lainnya, bayi yang hanya menyusui dari ASI tetap memiliki jadwal makan sendiri selayaknya orang dewasa. Pemberian ASI sesuai dengan jadwal makan harian bayi tentu akan berpengaruh terhadap asupan gizinya.

Nah, agar kebutuhan zat gizi bayi senantiasa terpenuhi dengan baik, penting untuk mengetahui jadwal menyusui yang tepat. Bagaimana aturannya?

Bagaimana jadwal menyusui bayi setiap harinya?

cara menyusui yang benar

Waktu bayi menyusui tidak langsung terbentuk dengan cepat setelah kelahiran. Butuh beberapa waktu dan berkali-kali menyusu sampai bayi memiliki jadwal menyusui sendiri secara teratur setiap harinya.

Secara garis besarnya, berikut jadwal menyusui bayi yang baru lahir sampai usianya 6 bulan, alias selama masa ASI eksklusif:

Jadwal menyusui bayi baru lahir

Pertama kali menyusu atau saat inisiasi menyusui dini (IMD), biasanya waktu menyusui bayi berkisar kurang lebih selama 15 menit. Jika IMD telah selesai, bayi mungkin baru akan menyusu lagi dalam kurun waktu 2-2,5 jam setelahnya.

Pada intinya, di masa awal setelah melahirkan, biasanya tubuh Anda dan bayi masih harus beradaptasi terlebih dahulu. Bayi bisa menunjukkan tanda ia merasa lapar dan ingin menyusu kapan pun.

Namun, seiring bertambahnya usia, jadwal menyusui bayi umumnya akan menjadi lebih rutin dan teratur.

Jadwal menyusui bayi 1-6 bulan

Ketika usia bayi menginjak 1 bulan, jadwal menyusui bayi biasanya akan berubah cukup tertata. Artinya, Anda sudah bisa lebih memprediksi di jam berapa saja bayi biasanya merasa lapar dan ingin menyusu.

Setelah beberapa hari pasca melahirkan sampai usianya berkisar 1 bulan, keinginan bayi untuk menyusu bisa timbul setiap 2-3 jam sekali. Jadi dalam sehari, jadwal menyusui bayi yang baru lahir terhitung bisa sekitar 8-12 kali.

Sementara untuk durasi waktu setiap kali bayi menyusui dapat memakan waktu selama 20-45 menit. Jadwal bayi menyusui ini bisa semakin berkurang seiring pertambahan usianya.

Misalnya di bulan kedua usianya, frekuensi bayi menyusu bisa berkisar 7-9 kali dalam sehari. Begitu pula masuk ke bulan ketiga, keempat, dan kelima usianya, bayi mungkin akan menyusu sekitar 7-8 kali sehari, dengan rentang waktu kurang lebih 2,5-3,5 jam.

Saat memasuki akhir masa ASI eksklusif atau di bulan keenam, jadwal menyusui bayi mungkin menurun hingga hanya 4-6 kali dalam sehari. Sedangkan untuk lama waktu menyusuinya, bisa berkisar antara 5-6 jam sekali.

Berapa lama waktu bayi selama menyusui?

ibu menyusui diare

Di samping memerhatikan jadwal menyusui, Anda mungkin kadang mengamati kalau waktu bayi selama menyusui bisa berbeda-beda. Terkadang bisa tergolong sebentar, tapi dalam waktu lainnya mungkin terasa cukup lama.

Sebenarnya, ada beragam faktor yang menentukan lama waktu bayi selama menyusui, seperti:

  • Jumlah ASI yang tersedia di dalam payudara Anda.
  • Cepat atau lambatnya aliran ASI yang diisap.
  • Kelancaran let down reflex, atau refleks yang merangsang ASI keluar dengan lancar saat menyusui.
  • Posisi Anda saat menyusui.
  • Bayi sedang dalam kondisi mengantuk.
  • Bayi mudah terganggu oleh hal-hal yang terjadi di sekitarnya.

Jika bayi menyusu dalam keadaan mengantuk, waktu menyusui biasanya akan lebih lama ketimbang saat bayi tidak mengantuk. Sebaliknya, ketika bayi mudah terganggu oleh apa pun yang terjadi di dekatnya, biasanya waktu menyusui akan cenderung lebih lama.

Usia bayi juga ternyata turut memengaruhi lama waktu yang dihabiskan untuk menyusui. Jika di awal masa menyusui bayi membutuhkan waktu selama 20 menit, bahkan terkadang sampai 45 menit untuk kenyang.

Seiring bertambah usianya, lama waktu bayi menyusui mungkin hanya berkisar antara 10-15 menit. Selama bayi menyusu, biarkan ia merasa puas dan hindari melepaskan payudara Anda secara tiba-tiba.

Jika bayi sudah merasa cukup dengan sisi payudara yang pertama, Anda bisa ganti menyusui bayi dengan sisi payudara yang lain.

Apa yang harus dilakukan saat bayi belum menyusu dan sedang tidur?

bayi tidur setelah vaksin

Ketika sudah masuk waktu bayi untuk menyusui, jangan ragu untuk membangunkannya meski sedang tertidur pulas. Sebagaimana dikutip dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Anda dianjurkan untuk membangunkan bayi bila masih tertidur dan belum mendapatkan ASI selama 4 jam.

Pasalnya, bayi harus mendapatkan ASI secara rutin dan dalam jumlah yang cukup setiap hari sebagai makanan utamanya. Bukan itu saja, payudara Anda juga harus rutin mengeluarkan ASI.

Semakin sering menyusui maupun memerah ASI, tentu akan semakin merangsang payudara Anda untuk memproduksi lebih banyak ASI lagi.

Namun lagi-lagi, saat usia bayi bertambah, Anda bisa menyesuaikan waktu yang tepat untuk membangunkan bayi yang tertidur sesuai dengan jadwal menyusui yang biasa dilakukannya.

Cara mengetahui saat bayi sedang lapar dan sudah kenyang

cara menyusui dengan puting datar

Selain memahami jadwal atau waktu menyusui bayi setiap harinya, tak kalah penting juga untuk mengenali berbagai tanda yang menunjukkan bayi sedang lapar dan sudah kenyang. Berikut berbagai petunjuk yang sebaiknya Anda ketahui:

Tanda bayi sedang lapar ingin menyusu

  • Mengecapkan bibirnya.
  • Mengisap kepalan tangannya.
  • Menjulurkan lidahnya.
  • Membuka dan menutup mulut berkali-kali.
  • Melakukan gerakan rooting reflex atau refleks rooting, yakni bayi spontan membuka mulut ketika pipinya disentuh.
  • Mengarahkan kepala ke payudara Anda seolah mencari-cari sesuatu.
  • Tampak tidak nyaman.
  • Rewel dan merengek.
  • Menangis kencang.
  • Menunjukkan gerakan tubuh seperti gelisah.

Tanda bayi sudah kenyang menyusu

  • Tampak puas dan senang setelah menyusu.
  • Tidak lagi menunjukkan tanda-tanda sedang gelisah dan tak nyaman.
  • Tidak lagi rewel, merengek, bahkan menangis kencang.
  • Pergerakan mulut saat mengisap payudara Anda terlihat melambat ketimbang di awal saat sedang lapar.
  • Pegangan tangan bayi pada payudara Anda perlahan-lahan dilepas.
  • Bayi terlihat jauh lebih nyaman daripada sebelumnya saat rewel dan kelaparan.

Dengan melihat berbagai tanda-tanda di atas, setidaknya Anda jadi lebih paham mengenai jadwal bayi menyusui setiap harinya.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca