Berbagai Metode untuk Menyapih Bayi Anda

Oleh

Peralihan dari ASI ke makanan padat bisa membuat Anda, dan juga bayi Anda, kewalahan. Saat ingin mengenalkan anak kepada makanan padat pertamanya, Anda dapat menyapih buah hati dengan dua cara: spoon-led atau baby-led.

Menyapih dengan sendok

Metode yang juga dikenal dengan nama spoon-led weaning ini masih menjadi metode yang paling popular untuk menyapih bayi sampai saat ini. Anda akan menyuapi si kecil dengan makanan padat khusus bayi (puree/bubur tumbuk). Kemudian, secara bertahap Anda dapat mulai mengenalkan anak Anda pada makanan yang lebih kenyal, berbentuk bongkahan, sampai si kecil terbiasa dengan makanan padatnya (makanan yang agak susah dikunyah dapat dipotong kecil-kecil terlebih dulu). Anda juga dapat memberikan snack untuk anak Anda “comot”, guna melatih si kecil untuk makan mandiri.

Menyapih dengan makan sendiri

Di usianya yang menginjak 6 bulan, anak Anda telah siap untuk mencoba makanan yang lebih padat. Menyapih dengan membiarkan bayi makan sendiri, atau dikenal dengan metode baby-led weaning (BLW), adalah saat Anda membiarkan si kecil untuk mengambil dan mencicipi sendiri makanan yang telah Anda hidangkan di hadapannya. Saat si kecil belajar untuk makan mandiri, hal ini menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi Anda dan anak Anda.

Spoon-led weaning cocok untuk Anda, jika…

  • Anda suka keteraturan. Kebersihan akan lebih terjaga saat Anda menyuapi si kecil dengan tangan Anda sendiri, walaupun tidak sepenuhnya begitu. Menyuapi anak dengan sendok juga memberikan Anda rentang waktu yang terjadwal, misal: kapan akan mengganti dari bubur ke biskuit bayi atau bubur padat.
  • Anda lebih ingin untuk memulai dengan cara yang aman. Kebanyakan orangtua memulai penyapihan dengan cara ini.
  • Anda memutuskan untuk menyapih saat bayi kurang dari 6 bulan. Bayi berusia kurang dari enam bulan belum memiliki kemampuan (atau motivasi) untuk makan mandiri. Tapi ingat, ada beberapa makanan yang harus Anda hindari sebelum usia enam bulan.

Baby-led weaning cocok untuk Anda yang…

  • Cuek dengan “kekacauan”. Anak Anda akan mulai bereksplorasi dan bermain dengan makanan barunya, dan pastinya akan berantakan.
  • Anak Anda menolak untuk disuapi.
  • Tidak keberatan untuk membiarkan si kecil bermain dan bersenang-senang dengan makanan padat pertamanya.
  • Santai. Membiarkan si kecil untuk makan mandiri dengan makanan yang ia pilih sendiri artinya proses belajar si kecil akan lebih lama dibandingkan dengan spoon-feeding, di mana Anda bisa menentukan kapan untuk mengganti makanan si kecil. Baby-led weaning memberikan kuasa penuh pada si kecil tentang pola makannya dan kapan ia akan siap berganti ke makanan lain.
  • Tidak keberatan dengan cara “out of the box” dalam mengasuh anak. Kebalikan dari cara konvensional menyuapi si kecil, baby-led weaning masih dianggap sebagai cara yang tidak biasa untuk penyapihan bayi oleh sebagian orangtua.

Yang juga perlu Anda baca