home

Artikel Bersponsor

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Tips Mengatasi Hidung Tersumbat pada Anak Selama di Rumah Aja

5 Tips Mengatasi Hidung Tersumbat pada Anak Selama di Rumah Aja

Hidung tersumbat bisa membuat anak merasa terganggu dan menyebabkan rasa tidak nyaman. Akibatnya, ia bisa jadi sering rewel atau bahkan menangis. Jika begini, orangtua pasti ingin segera mencari solusi dalam untuk mengatasi hidung tersumbat pada anak sesegera mungkin.

Akan tetapi, mengingat pandemi masih berlangsung, perawatan di rumah bisa menjadi pertolongan pertama atau solusi yang lebih baik. Lalu, apa saja yang bisa dilakukan orangtua untuk menghadapi kondisi ini?

Penyebab anak mengalami hidung tersumbat

Pertama-tama, Anda sebaiknya mengetahui mengapa hidung tersumbat bisa dialami si kecil dan apa yang menjadi penyebabnya. Berdasarkan Medlineplus, Hidung tersumbat muncul ketika jaringan yang melapisi bagian dalam hidung membengkak. Pembengkakan ini sendiri terjadi akibat peradangan pada pembuluh darah.

Pada umumnya, hidung tersumbat disebabkan oleh gangguan kesehatan seperti rhinitis & rhinosinusitis. Selain itu, hidung tersumbat juga bisa disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri pada saluran pernapasan atas. Kondisi ini bisa disertai keluarnya air dari hidung (meler). Lalu, apabila lendir mengalir ke area tenggorokan belakang (postnasal drip), si kecil bisa mengalami gejala batuk atau tenggorokan kering.

Biasanya, hidung tersumbat akan mereda dengan sendirinya. Akan tetapi, selama kondisi ini masih dialami anak dan apabila tidak kunjung pulih bisa memengaruhi pendengaran hingga perkembangan kemampuan berbicara. Bahkan pada kondisi yang serius, penyumbatan pada hidung bisa mengganggu waktu tidur.

Mengatasi hidung tersumbat pada anak tanpa harus keluar rumah

Mengingat situasi pandemi COVID-19 masih berlangsung, sangat dianjurkan untuk mengurangi aktivitas di luar rumah. Oleh karena itu, orangtua sebaiknya mencoba beberapa tips berikut ini untuk bantu redakan hidung tersumbat pada anak sebelum membawanya ke dokter.

Pastikan si kecil terhidrasi

perut kembung pada anak

Memastikan cairan tubuh anak tetap terjaga mungkin sudah menjadi perhatian bagi sebagian orangtua setiap harinya. Hal ini semakin penting untuk dilakukan apabila anak sedang sakit termasuk ketika mengalami hidung tersumbat.

Dengan hidrasi yang cukup, jaringan nasal atau hidung anak bisa terus terjaga kelembapannya. Berikan minum air putih dan upayakan untuk tidak terlalu banyak memberikan minuman manis.

Bantu anak untuk mengeluarkan lendir penyebab hidung tersumbat

hidung tersumbat pada anak

Setelah memastikan agar ia terhidrasi dan menggunakan saline spray atau nasal drop, kemudian Anda bisa mendorong si kecil untuk mengeluarkan lendir dari hidung. Siapkan tisu atau kain kering lalu ajarkan ia untuk meniup dari hidung.

Mengubah posisi tidur dan menjaga kebersihan

Untuk membantu agar lendir untuk keluar secara alami, Anda bisa memposisikan kepala anak ketika tidur agar lebih tinggi. Letakan tambahan bantal atau ganjalan di bawah bantal setiap kali ia akan tidur.

Selain itu, kebersihan tetap perlu dikedepankan mengingat lendir bisa menjadi sarang bakteri dan virus. Anda bisa memandikan si kecil dengan air hangat. Selain membersihkan lendir atau ingus, cara ini juga bisa bantu meringankan gejala hidung tersumbat. Tidak lupa, pastikan untuk selalu mencuci tangan setiap kali selesai membersihkan lendir si kecil.

Alternatif lain dengan pemberian nasal drop selain obat flu

obat untuk anak

Dilansir dari laman Nationwide Children’s Hospital, walau sebagian orangtua mungkin ingin memberikan obat oral seperti dekongestan atau antihistamin untuk meredakan hidung tersumbat, ada baiknya Anda tidak terburu-buru memberikan obat jenis tersebut karena masih membutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai efektivitasnya pada anak.

Alternatif lain dari obat oral adalah pemberian nasal drop yang memiliki kandungan oxymetazoline 0.25 mg. Dikutip dari laman U.S. National Library of Medicine, oxymetazoline digunakan untuk meringankan hidung tersumbat seperti yang disebabkan oleh kondisi rhinitis akut, sinus, dan alergi. Selain berbentuk nasal drop, oxymetazoline juga bisa ditemukan dalam bentuk spray atau semprotan.

Satu hal yang perlu diingat, jangan lupa untuk selalu membaca dahulu aturan pakai dan jangka waktu penggunaan dari setiap produk yang akan diberikan pada anak pada label kemasan. Contohnya, terdapat produk nasal drop untuk anak yang dianjurkan agar tidak digunakan lebih dari 7 hari. Jika gejala masih berlanjut, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

Jauhkan anak dari asap rokok dan berikan sup hangat

mencegah anak merokok

Asap rokok bisa memperparah kondisi hidung tersumbat pada anak. Hal ini dikarenakan asap rokok memicu peradangan jaringan hidung dan meningkatkan produksi lendir.

Dengan demikian, orangtua sebaiknya tidak merokok di rumah atau ruangan tempat si kecil menghabiskan waktu. Menjauhkan anak dari asap rokok bisa membantu proses pemulihan lebih cepat.

Lalu, berikan anak makanan yang tak hanya nyaman di perut tetapi juga bisa bantu meredakan hidung tersumbat, contohnya sup ayam. Mengapa sup ayam? Berdasarkan penelitian sup ayam ternyata memiliki kandungan yang bisa bantu mencairkan lendir dan menekan jumlah sel darah putih yang berhubungan dengan penyumbatan pada hidung.

Perawatan untuk bantu mengatasi hidung tersumbat pada anak ini bisa dilakukan di rumah tanpa perlu melakukan kunjungan ke dokter. Namun jika Anda merasa gejala tak kunjung membaik atau bahkan lebih parah, jangan ragu untuk membawa si kecil ke dokter.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

U.S. National Library of Medicine. (2019, November). Stuffy or runny nose – children: MedlinePlus Medical Encyclopedia. Retrieved January 12, 2021, from https://medlineplus.gov/ency/article/003051.htm

Nationwide Children’s Hospital. (2015, December). What Kind of Stuff Clears Up a Stuffy Nose? Retrieved January 12, 2021, from www.nationwidechildrens.org website: https://www.nationwidechildrens.org/family-resources-education/700childrens/2015/12/what-kind-of-stuff-clears-up-a-stuffy-nose

Health Essentials from Cleveland Clinic. (2018, November 30). How to Help Your Baby or Toddler Clear a Stuffy Nose. Retrieved January 12, 2021, from https://health.clevelandclinic.org/how-to-help-your-baby-or-toddler-clear-a-stuffy-nose/

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh Roby Rizki
Tanggal diperbarui 09/03/2021
x