home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Keunggulan Nasal Spray Powder untuk Melindungi Hidung

Keunggulan Nasal Spray Powder untuk Melindungi Hidung

Secara sadar atau tidak, setiap hari Anda mudah terpapar oleh debu dan polusi, bahkan di dalam ruangan. Dari laporan yang berasal dari WHO (World Health Organization), udara kotor berisiko merugikan kesehatan manusia. Salah satu cara melindungi saluran pernapasan dari debu adalah menggunakan nasal spray powder atau obat semprot hidung serbuk. Perlu Anda ketahui, manfaat nasal spray yang berbentuk serbuk ini berbeda dengan nasal spray cair. Berikut beberapa kelebihan dari nasal spray powder yang perlu Anda ketahui.

Kelebihan nasal spray powder dibandingkan yang berbentuk cairan atau larutan

Polusi dalam ruangan tidak kalah berbahaya dengan polusi yang ada di luar ruangan. Selain mencegah dengan membersihkan debu dalam ruangan secara rutin, Anda juga perlu melakukan pencegahan lain.

Nasal spray sebenarnya sudah lama digunakan untuk pengobatan seperti meredakan gejala alergi atau mencegah flu. Namun, terdapat nasal spray baru dalam powder (serbuk) yang bermanfaat untuk membantu melindungi rongga hidung agar polusi udara tidak masuk ke dalam saluran pernapasan.

Selain itu, sebuah artikel ilmiah mencantumkan kelebihan dari nasal spray dalam bentuk serbuk. Pertama, campuran dari kandungan dalam nasal spray dalam bentuk serbuk lebih stabil dan tidak memerlukan bahan pengawet.

Lalu, serbuk cenderung lebih mudah menempel di permukaan rongga hidung sebelum larut dan kemudian dibersihkan. Ditambah lagi, terdapat zat yang dapat meningkatkan penyerapan kandungan dalam nasal spray.

Pada penelitian lain yang diterbitkan tahun 2017 juga menemukan manfaat dari nasal spray powder. Kandungan methyl-cellulose dalam nasal spray powder dapat berfungsi sebagai pelindung rongga hidung.

Akibatnya, Anda dapat mengurangi gejala dari gangguan pernapasan yang disebabkan oleh udara yang terkontaminasi oleh polusi, debu, atau virus.

Apalagi, dengan kondisi pandemik COVID-19 saat ini yang mengharuskan Anda untuk beraktivitas dan bekerja di dalam rumah, kualitas udara dalam ruangan pun perlu diperhatikan.

Polusi dalam ruangan muncul ketika ruangan atau rumah Anda tidak memiliki cukup ventilasi udara. Selain itu, secara tak sadar, debu juga muncul dari sofa, karpet, atau kasur. Polutan (bahan/senyawa penyebab polusi) dapat berakumulasi atau menumpuk hingga tingkatan yang dapat merugikan kesehatan orang yang terpapar olehnya.

Dampak dari polusi dalam ruangan dapat bersifat secara langsung atau baru terasa di kemudian hari. Oleh karena itu, Anda juga perlu mempertimbangkan untuk menggunakan nasal spray powder meski lebih banyak menghabiskan waktu di rumah.

Dengan demikian, nasal spray powder memiliki keunggulan yang tentu saja tidak akan ditemukan pada jenis nasal spray cair. Manfaat kandungan di dalamnya dapat lebih bertahan lama melindungi rongga hidung, terutama dari debu, selama 6-8 jam.

Bagaimana cara menggunakan obat semprot hidung serbuk yang baik dan benar?

nasal spray

Apabila ragu karena tidak tahu cara menggunakan nasal spray jenis serbuk, Anda dapat bertanya pada apoteker atau membaca panduan pemakaian yang biasanya tertera pada kemasan produk. Selain itu, sebelum menggunakan alat ini, pastikan:

  • Kedua rongga (lubang) hidung tidak tersumbat
    Jika hidung tersumbat (karena pilek atau gangguan pernapasan lain), serbuk atau bubuk tidak dapat masuk cukup dalam hidung sehingga manfaatnya tidak akan bekerja secara efektif.
  • Periksa nasal spray apakah serbuk dapat keluar atau tidak
    Lakukan hal ini setiap hari agar menjaga nasal spray powder tetap bekerja dengan baik atau tidak tersumbat.
  • Ikuti aturan pakai dan simpan sesuai anjuran
    Simpan di tempat yang jauh dari jangkauan anak kecil dan jangan sampai digunakan oleh orang lain atau hanya gunakan oleh satu orang.

Ketika akan menggunakan obat semprot hidung, hirup secara perlahan seperti saat Anda mencium aroma bunga atau makanan. Jangan menghirup secara sekaligus atau dengan kencang.

Ini dapat menyebabkan serbuk melewati rongga hidung dan langsung menuju tenggorokan. Jika hal ini terjadi, manfaat nasal spray powder tidak akan dirasakan.

Nasal spray powder atau serbuk dapat menjadi tambahan perlindungan Anda dari debu dan polusi dari dalam ruangan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Protect Yourself and Your Family from Air Pollution. (2016). Retrieved April 14, 2020, from https://www.healthline.com/health/protect-yourself-and-your-family-air-pollution#measurement

Djupesland, P. G. (2012). Nasal drug delivery devices: characteristics and performance in a clinical perspective—a review. Drug Delivery and Translational Research3(1), 42–62. https://doi.org/10.1007/s13346-012-0108-9

Popov, T. A., Åberg, N., Emberlin, J., Josling, P., Ilyina, N. I., Nikitin, N. P., & Church, M. (2017). Methyl-cellulose powder for prevention and management of nasal symptoms. Expert Review of Respiratory Medicine11(11), 885–892. https://doi.org/10.1080/17476348.2017.1375408

More, D. (2020). What to Know About Using a Nasal Spray. Retrieved April 14, 2020, from https://www.verywellhealth.com/what-you-need-to-know-about-using-a-nasal-spray-1124087

U. S. Environmental Protection Agency (U.S. EPA). (2016, February 24). The Inside Story: A Guide to Indoor Air Quality. Retrieved April 21, 2020, from https://www.cpsc.gov/Safety-Education/Safety-Guides/Home/The-Inside-Story-A-Guide-to-Indoor-Air-Quality

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Roby Rizki Diperbarui 28/01/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto
x