home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Cara Mengatasi Hidung Bayi yang Tersumbat

5 Cara Mengatasi Hidung Bayi yang Tersumbat

Seperti orang dewasa, bayi juga akan mengalami pilek yang menyebabkan hidung bayi tersumbat. Orang dewasa pun tidak ada yang nyaman dengan hidung mampet ini, apalagi jika terjadi pada bayi. Bagi para orangtua baru, hal ini pastinya akan menimbulkan rasa cemas dan kekhawatiran tersendiri tentang penanganannya.

Ada beberapa cara untuk mengatasi hidung bayi tersumbat, dengan cara yang sederhana pastinya. Silakan simak beberapa cara mengatasi hidung bayi yang tersumbat di bawah ini.

Penyebab hidung bayi mampet

Hidung bayi tersumbat biasanya disebabkan sistem kekebalan tubuh bayi masih berkembang, dan itu membuatnya lebih rentan terhadap flu. Bahkan, bayi akan terkena flu atau pilek sekitar 4-10 kali di tahun pertama.

Virus flu akan tertular lewat orang-orang di sekitarnya atau dengan mainan-mainannya yang terkontaminasi. Apalagi jika udara dingin, hidung bayi akan menjadi lebih kering dan membuat virus lebih mudah masuk. Maka terjadilah flu pada bayi yang akan berakhir dengan tersumbatnya hidung si bayi.

Cara mengatasi hidung bayi tersumbat

1. Berikan spray untuk hidung tersumbat pada bayi

Langkah awal yang bisa Anda coba untuk mengatasi hidung bayi tersumbat adalah dengan memberikan spray hidung pada bayi. Spray hidung ini berisi cairan garam (saline water) yang bisa menghilangkan mampet pada hidung. Cara ini efektif untuk diberikan pada bayi yang usianya kurang dari 6 bulan. Anda bisa membeli spray hidung ini di apotek atau toko obat yang terpercaya.

2. Bersihkan hidung bayi Anda

Kadang-kadang lendir atau ingus bayi akan mengeras dan menjadi kerak jika tidak dibersihkan. Sebetulnya, para orangtua wajib membersihkan hidung bayi di saat sedang flu maupun sedang baik-baik saja untuk mencegah penyumbatan hidung.

Caranya bisa Anda lakukan dengan menggunakan korek kuping (cotton bud), basahi dengan air hangat, lalu Anda bisa mencungkil kotoran yang mengeras tersebut untuk mengatasi hidung bayi tersumbat. Cungkil dengan lembut dan baiknya melakukan hal ini pada saat bayi sedang tertidur.

3. Berikan uap pada ruangan

Anda bisa mengatasi hidung bayi tersumbat dengan menggunakan penguapan pada kamar bayi. Asap dan kabut uap akan membersihkan kotoran pada udara yang akan menyebabkan bayi terkena flu. Selain itu, penguapan pada kamar bayi juga akan memberikan efek tenang, sehingga tidur bayi menjadi lebih nyenyak.

4. Tepuk-tepuk bagian belakang bayi

Tepukan lembut di punggung bayi nyatanya akan memberikan sensasi tenang dan pastinya bisa mengatasi hidung bayi tersumbat. Baringkan dengan posisi bayi Anda tengkurap, lalu tepuk-tepuk dengan lembut. Dengan begitu, lendir penghambat hidung bernapas akan menurun dan keluar, sehingga batuk atau bersin bayi juga akan lebih mudah keluar.

5. Atur posisi tidur

Tempatkan bantal lebih di kasur anak, agar posisi kepalanya bisa sedikit miring, atau setidaknya bisa lebih tinggi dari kakinya. Dengan begini, lendir bayi akan lebih mudah keluar dari hidungnya. Kalau bayi Anda sudah berusia lebih dari 6 bulan, berikan cairan berupa air hangat agar bayi terhidrasi dengan baik. Jangan lupa untuk menjaga kondisi tubuh bayi tetap hangat.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Congestion https://www.calpol.co.uk/illnesses-symptoms/congestion Diakses pada 9 Maret 2017

Baby Stuffy Nose http://www.webmd.com/parenting/baby/features/baby-stuffy-nose Diakses pada 9 Maret 2017

How to Help Infant Breath Better With Stuffy Nose http://www.livestrong.com/article/516052-how-to-help-an-infant-breath-better-with-a-stuffy-nose/ Diakses pada 9 Maret 2017

Foto Penulis
Ditulis oleh Novita Joseph
Tanggal diperbarui 20/03/2017
x