Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Catat, Ini 7 Tips Mencegah ISPA pada Anak

Catat, Ini 7 Tips Mencegah ISPA pada Anak

Di tengah polusi udara dan cuaca yang tidak menentu, orangtua perlu mencari cara untuk mencegah flu dan infeksi saluran pernapasan akut atau ISPA pada anak. Apalagi, dibandingkan dengan orang dewasa, anak lebih rentan terkena masalah gangguan pernapasan.

Lalu, bagaimana cara mencegah ISPA yang tepat? Bila masih bingung, Anda bisa membaca ulasan berikut untuk mengetahui dan menerapkan cara pencegahan flu dan ISPA pada anak.

Sekilas tentang penyebab ISPA pada anak

penyebab bronkitis pada anak batuk

ISPA pada anak umumnya terjadi karena dua penyebab, yaitu paparan virus atau bakteri.

Virus atau bakteri ini masuk ke dalam tubuh, menimbulkan berbagai penyakit infeksi pada anak, serta dapat menyebar dan menularkan dari satu orang ke orang lainnya.

Adapun penularan ini sering terjadi karena berbagai faktor, salah satunya adalah kurang menjaga kebersihan.

Itulah mengapa anak cenderung lebih rentan terkena penyakit yang satu ini.

Sebab, anak diduga lebih jarang mencuci tangan daripada orang dewasa.

Pada keadaan tangan kotor pun, anak lebih mungkin menyentuh mata, hidung, serta mulut yang memungkinkan terjadinya penyebaran kuman.

Di sisi lain, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut, gangguan pernapasan menjadi salah satu masalah kesehatan yang umum terjadi pada anak akibat polusi udara.

Ini umumnya menyebabkan infeksi saluran pernapasan bawah, seperti bronkitis atau pneumonia pada anak.

Apalagi, sebanyak 93% anak-anak di dunia yang berusia di bawah usia 15 tahun diketahui menghirup udara yang tercemar.

Oleh karena itu, penting bagi orangtua untuk membantu anak mencegah penyakit ISPA di tengah polusi udara yang tercemar ini.

Cara mencegah ISPA pada anak

anak mimpi buruk

Agar anak tetap sehat dan ceria di tengah lingkungan penuh polusi, lakukan upaya untuk mencegah ISPA pada anak dengan cara-cara berikut.

1. Ajak anak rutin mencuci tangan

Ini merupakan cara utama yang dapat Anda lakukan untuk mencegah ISPA pada anak.

Pasalnya, virus dan bakteri bisa datang dari mana pun. Ia bisa menempel pada tangan dan masuk ke dalam sistem pernapasan begitu saja.

Oleh karena itu, coba ajak anak untuk rutin mencuci tangan dengan benar selama 15-20 detik dengan sabun dan air mengalir.

Ini terutama perlu dilakukan setelah anak bermain, menggunakan toilet, bertemu teman yang sakit, serta sebelum dan sesudah makan.

2. Selalu aktif berkegiatan

Dorong anak melakukan aktivitas fisik setiap hari, baik indoor maupun outdoor.

Pasalnya, aktivitas fisik dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah beragam penyakit, termasuk ISPA atau flu pada anak.

Aktivitas fisik yang anak lakukan bisa beragam.

Anda bisa mengajak anak berolahraga, seperti berenang, bersepeda, main sepak bola, atau sekadar melakukan berbagai permainan di rumah.

3. Tidur cukup

Pastikan anak mendapat waktu tidur yang cukup. Biasanya, anak membutuhkan waktu tidur 9-14 jam sehari, tergantung dari usianya.

Ketika anak kurang tidur, sistem imunitasnya bisa menurun dan ia jadi mudah terserang penyakit.

Sebaliknya, anak yang mendapat waktu tidur cukup memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik dalam menangkal virus dan bakteri.

Oleh karena itu, cara ini bisa menjadi upaya untuk mencegah flu dan ISPA saat cuaca tidak menentu.

4. Konsumsi makanan sehat

Sediakan makanan yang sehat untuk anak dengan gizi yang seimbang guna mencegah ISPA.

Pastikan Anda memasukkan ragam buah dan sayur dalam menu makanan anak Anda.

Pasalnya, buah dan sayur mengandung ragam nutrisi yang dapat meningkatkan sistem imun.

Jangan lupa, pilih makanan yang mengandung vitamin C dan D yang telah terbukti dapat meningkatkan sistem imun anak.

Selain itu, hindari makanan yang mengandung pengawet dan tinggi gula yang justru bisa menurunkan kekebalan tubuh.

5. Minum susu

Memberikan susu untuk anak juga bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah ISPA pada anak.

Untuk anak usia di bawah 2 tahun, air susu ibu (ASI) merupakan susu terbaik yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak.

Sementara untuk anak usia di atas 2 tahun, Anda bisa memilih susu formula yang mengandung prebiotik.

Beberapa penelitian menyebut, prebiotik dalam susu formula dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak Anda.

6. Hindari keramaian

Keramaian memudahkan penularan penyakit dari satu orang ke yang lainnya.

Untuk mengurangi penularan penyakit ini, sebisa mungkin batasi atau hindari berkunjung ke tempat-tempat yang ramai, seperti supermarket atau mal, bersama anak.

Saat anak Anda mulai merasakan gejala terkait ISPA, sebaiknya beristirahat saja di rumah untuk mengurangi penularan ke orang lain.

Anda masih tetap dalam melakukan aktivitas fisik di rumah saat ini terjadi.

7. Jangan berbagi makanan atau peralatan

Penularan virus atau bakteri penyebab ISPA bisa terjadi melalui makanan, minuman, atau peralatan yang digunakan atau konsumsi bersama.

karena itu, beri tahu anak bahwa berbagi makanan dan minuman dengan teman sebaiknya tidak dilakukan.

Ini juga termasuk peralatan makan, seperti gelas atau sedotan, serta benda-benda lainnya yang dapat menyentuh mulut dan wajah, misalnya topi dan syal.

Verifying...


Pusing setelah jadi orang tua?

Ayo gabung di komunitas parenting Hello Sehat dan temukan berbagai cerita dari orang tua lainnya. Anda tidak sendiri!


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Breastfeeding Benefits Your Baby’s Immune System. HealthyChildren.org. (2022). Retrieved 21 February 2022, from https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/baby/breastfeeding/Pages/Breastfeeding-Benefits-Your-Babys-Immune-System.aspx

More than 90% of the world’s children breathe toxic air every day. Who.int. (2022). Retrieved 21 February 2022, from https://www.who.int/news/item/29-10-2018-more-than-90-of-the-world%e2%80%99s-children-breathe-toxic-air-every-day

Six tips to keep children healthy during cold and flu season. University of Iowa Stead Family Children’s Hospital. (2022). Retrieved 21 February 2022, from https://uichildrens.org/health-library/six-tips-keep-children-healthy-during-cold-and-flu-season

Upper Respiratory Infection: Symptoms, Contagious, Treatment. Cleveland Clinic. (2022). Retrieved 21 February 2022, from https://my.clevelandclinic.org/health/articles/4022-upper-respiratory-infection

Upper Respiratory Infections (Colds). Nationwide Children’s Hospital. (2022). Retrieved 21 February 2022, from https://www.nationwidechildrens.org/conditions/upper-respiratory-infections-colds

Arbex, M. A., Santiago, S. L., Moyses, E. P., Pereira, L. A., Saldiva, P. H., & Braga, A. L. F. (2011). Impact of Urban Air Pollution on Acute Upper Respiratory Tract Infections. Advanced Topics in Environmental Health and Air Pollution Case Studies. https://doi.org/10.5772/17085

Croft, D. P., Zhang, W., Lin, S., Thurston, S. W., Hopke, P. K., Masiol, M., Squizzato, S., van Wijngaarden, E., Utell, M. J., & Rich, D. Q. (2019). The Association between Respiratory Infection and Air Pollution in the Setting of Air Quality Policy and Economic Change. Annals of the American Thoracic Society16(3), 321–330. https://doi.org/10.1513/AnnalsATS.201810-691OC

Carr, A. C., & Maggini, S. (2017). Vitamin C and Immune Function. Nutrients. 9(11), 1211. https://doi.org/10.3390/nu9111211

Aranow, C. (2011). Vitamin D and the immune system. Journal of Investigative Medicine : The Official Publication of the American Federation for Clinical Research, 59(6), 881–886. https://doi.org/10.2310/JIM.0b013e31821b8755

Dagne, H., Andualem, Z., Dagnew, B. et al. (2020) Acute respiratory infection and its associated factors among children under-five years attending pediatrics ward at University of Gondar Comprehensive Specialized Hospital, Northwest Ethiopia: institution-based cross-sectional study. BMC Pediatrics. 2093. https://doi.org/10.1186/s12887-020-1997-2

Vandenplas, Y., Zakharova, I., & Dmitrieva, Y. (2015). Oligosaccharides in infant formula: More evidence to validate the role of prebiotics. British Journal of Nutrition, 113(9), 1339-1344. https://doi.org/10.1017/S0007114515000823

University of Illinois College of Agricultural, Consumer and Environmental Sciences. (2012). New infant formula ingredients boost babies’ immunity by feeding their gut bacteria. ScienceDaily. Retrieved February 20, 2022 from www.sciencedaily.com/releases/2012/02/120229155540.htm

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Ihda Fadila Diperbarui Mar 15
Ditinjau secara medis oleh dr. S.T. Andreas, M.Ked(Ped), Sp.A