5 Cara Mengatasi Hidung Bayi yang Tersumbat

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 4 September 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Seperti orang dewasa, bayi juga akan mengalami pilek yang menyebabkan hidung bayi tersumbat. Orang dewasa pun tidak ada yang nyaman dengan hidung mampet ini, apalagi jika terjadi pada bayi. Bagi para orangtua baru, hal ini pastinya akan menimbulkan rasa cemas dan kekhawatiran tersendiri tentang penanganannya.

Ada beberapa cara untuk mengatasi hidung bayi tersumbat, dengan cara yang sederhana pastinya. Silakan simak beberapa cara mengatasi hidung bayi yang tersumbat di bawah ini.

Penyebab hidung bayi mampet

Hidung bayi tersumbat biasanya disebabkan sistem kekebalan tubuh bayi masih berkembang, dan itu membuatnya lebih rentan terhadap flu. Bahkan, bayi akan terkena flu atau pilek sekitar 4-10 kali di tahun pertama.

Virus flu akan tertular lewat orang-orang di sekitarnya atau dengan mainan-mainannya yang terkontaminasi. Apalagi jika udara dingin, hidung bayi akan menjadi lebih kering dan membuat virus lebih mudah masuk. Maka terjadilah flu pada bayi yang akan berakhir dengan tersumbatnya hidung si bayi.

Cara mengatasi hidung bayi tersumbat

1. Berikan spray untuk hidung tersumbat pada bayi

Langkah awal yang bisa Anda coba untuk mengatasi hidung bayi tersumbat adalah dengan memberikan spray hidung pada bayi. Spray hidung ini berisi cairan garam (saline water) yang bisa menghilangkan mampet pada hidung. Cara ini efektif untuk diberikan pada bayi yang usianya kurang dari 6 bulan. Anda bisa membeli spray hidung ini di apotek atau toko obat yang terpercaya.

2. Bersihkan hidung bayi Anda

Kadang-kadang lendir atau ingus bayi akan mengeras dan menjadi kerak jika tidak dibersihkan. Sebetulnya, para orangtua wajib membersihkan hidung bayi di saat sedang flu maupun sedang baik-baik saja untuk mencegah penyumbatan hidung.

Caranya bisa Anda lakukan dengan menggunakan korek kuping (cotton bud), basahi dengan air hangat, lalu Anda bisa mencungkil kotoran yang mengeras tersebut untuk mengatasi hidung bayi tersumbat. Cungkil dengan lembut dan baiknya melakukan hal ini pada saat bayi sedang tertidur.

3. Berikan uap pada ruangan

Anda bisa mengatasi hidung bayi tersumbat dengan menggunakan penguapan pada kamar bayi. Asap dan kabut uap akan membersihkan kotoran pada udara yang akan menyebabkan bayi terkena flu. Selain itu, penguapan pada kamar bayi juga akan memberikan efek tenang, sehingga tidur bayi menjadi lebih nyenyak.

4. Tepuk-tepuk bagian belakang bayi

Tepukan lembut di punggung bayi nyatanya akan memberikan sensasi tenang dan pastinya bisa mengatasi hidung bayi tersumbat. Baringkan dengan posisi bayi Anda tengkurap, lalu tepuk-tepuk dengan lembut. Dengan begitu, lendir penghambat hidung bernapas akan menurun dan keluar, sehingga batuk atau bersin bayi juga akan lebih mudah keluar.

5. Atur posisi tidur

Tempatkan bantal lebih di kasur anak, agar posisi kepalanya bisa sedikit miring, atau setidaknya bisa lebih tinggi dari kakinya. Dengan begini, lendir bayi akan lebih mudah keluar dari hidungnya. Kalau bayi Anda sudah berusia lebih dari 6 bulan, berikan cairan berupa air hangat agar bayi terhidrasi dengan baik. Jangan lupa untuk menjaga kondisi tubuh bayi tetap hangat.

Alat Pengingat Jadwal Imunisasi

Anda baru punya anak? Mau tahu informasi lengkap soal jenis vaksin dan jadwal pemberiannya? Atau butuh pengingat agar tidak lupa?

Cek Di Sini!
parenting

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Batuk pada Bayi, Ketahui Jenis dan Cara Mengatasinya

Batuk pada bayi perlu diatasi dengan tepat, tapi berbeda batuk beda juga penanganannya. Apa saja jenis batuk yang biasa dialami bayi?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Gangguan Pernapasan pada Anak, Kesehatan Anak, Parenting 28 Januari 2021 . Waktu baca 10 menit

Manfaat Laktosa pada Susu Pertumbuhan Anak & Takaran Konsumsi yang Aman

Mengapa laktosa sering ditemukan dalam susu formula anak? Ini dia manfaat laktosa bagi tumbuh kembang anak yang perlu Anda ketahui.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Konten Bersponsor
laktosa untuk anak
Anak 1-5 Tahun, Parenting 27 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Ruam Popok, Masalah Kulit Bayi yang Paling Sering Terjadi

Bayi yang keseringan pakai popok, memang rentan terkena ruam popok. Jangan khawatir, ikuti cara ini untuk mengobati dan mengatasi ruam popok.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Penyakit Kulit pada Anak, Kesehatan Anak, Parenting 25 Januari 2021 . Waktu baca 12 menit

Kenapa Lidah Terasa Pahit saat Anda Sedang Sakit?

Saat Anda sakit, makan dan minum apapun jadi tak selera. Hal ini karena mulut dan lidah terasa pahit. Nah, ini dia alasan dan cara ampuh mengatasinya.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Penyakit Gusi dan Mulut, Gigi dan Mulut 25 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

anak cengeng

7 Cara Menghadapi Anak Cengeng Tanpa Drama

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 22 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit
Serba-Serbi Mengahadapi Anak Introvert

Serba-Serbi Membesarkan Anak Dengan Kepribadian Introvert

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Monika Nanda
Dipublikasikan tanggal: 20 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
manfaat baca buku untuk anak

Penting! Ini 5 Manfaat Baca Buku untuk Tumbuh Kembang Anak

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 5 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
pilek adalah penyebab pilek

Pilek

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 1 Februari 2021 . Waktu baca 10 menit